Mau Mati di Inggris atau di Indonesia?

April lalu, Pakne Krucils memberitakan kalau sesepuh NU-UK, KH Royandi Abbas, kritis dan dirawat di Barnet Community Hospital. Kami sekeluarga pun menyempatkan menjenguk beliau di rumah sakit. Beliau wafat di usia ke-84 tahun, setelah tinggal di London selama hampir 60 tahun yakni sejak 1959. Jenazah beliau dirawat di Hendon Islamic Centre, disholatkan di Masjid Hendon, dan diberangkatkan ke tanah air dengan penerbangan Garuda.

Di rumah, saya dan suami jadi mengulang kembali pembahasan yang pernah disinggung beberapa tahun silam. Yakni, kalau kami berdua dikaruniai umur yang panjang dan barokah, masa tua kami akan dihabiskan di mana?

Sebagaimana setiap orang beriman, kami tentu sangat ingin hidup kami berakhir mulia di tanah suci, baik di Makkah, atau di Madinah. Kalau pun tidak demikian, jujur kami ingin menutup usia ketika sedang beramal shalih, di tengah orang2 shalih, yang masih akan mengingat dan mendoakan kami, serta melanjutkan kebaikan yang berusaha kami kerjakan, setelah kami berpulang ke hadirat-Nya…

Continue reading

Advertisements

Sports Day

Sports Day hari terakhir… Setelah hari Selasa sport day-nya Year 1 (Reception s/d Year 2), hari Rabu Sport Day utk kelas Nursery, hari ini Sport Day untuk Year 3 s/d Year 6…

House-nya Krucils, Tiger, dengan warna kostum kuning, jadi juara umum… mengalahkan Monkey (merah), Dolphin (biru) dan Elephant (hijau).

Penerimaan piala diwakili oleh captain dan vice captain, gadis cantik Chinese jangkung berkulitkuning, dan calon pemuda legam berambut kriwil keturunan Afrika..

Jangan Menikah Sebelum…

Apa sih bedanya siap menikah dan ngebet (kebelet) menikah? Menurut saya, kalau sudah lulus uji nyali minimal 20 poin berikut ini, kayaknya sudah SIAP menikah, bukan cuma sekadar KEBELET menikah…

Boleh sepakat dan boleh tidak… Namanya juga ini menurut saya… Hehehe…

Kamu SIAP menikah kalau sudah pernah mengalami hal-hal di bawah ini… Sebaiknya, Jangan Menikah Sebelum:

Continue reading

Menyampaikan Kebenaran (ODOP Day 99 of 99)

Ini kisah 7 tahun silam. Petang itu saya sekeluarga menghadiri acara buka bersama yang diselenggarakan di kediaman seorang sahabat keluarga. Acara direncanakan berlangsung istimewa karena dua sebab. Pertama karena sohibul bayt alias tuan rumah menyelenggarakan syukuran atas rumah barunya, dan kedua karena akan hadir ustadz dari Indonesia.

Secara rutin, Kedutaan Besar RI (KBRI) mengundang ulama yang akan memberikan siraman rohani kepada jamaah Indonesia di kota-kota di UK. Biasanya ustadz akan tinggal di UK selama Ramadan, berkeliling menyampaikan nasihat dari satu kota ke kota lain, sampai tiba hari Raya Idul Fitri ketika ustadz menjadi khatibnya.

Continue reading

Perebut Bini Orang (ODOP Day 98 of 99)

Beberapa pekan lalu saya kebagian giliran sharing di forum online One Week One Juz (OWOJ). Karena mayoritas peserta adalah muslimah dengan status married, saya angkat tema Pelakor. Kebetulan lagi rame juga di facebook gegara Jennifer Dunn dilabrak Shafa. Untuk yang gak ngikuti gosip, ringkasnya, Shafa adalah putri sah dari perkawinan Faisal Haris dan Sarita Abdul Mukti. JennDunn adalah selingkuhan Faisal Haris.

Pelakor sebetulnya adalah bentuk lain dari selingkuh. Nah kalau bicara selingkuh, yang salah mestinya semua pihak yang berselingkuh. Baik yang perempuan maupun yang laki-laki.  Entah kenapa kok dalam perselingkuhan, selalu pihak perempuan yang dituduh merebut suami orang sementara suami seolah tidak bersalah melakukan perselingkuhan. Jadi di sini saya justru ingin cerita di posisi yang terbalik. Ketika yang selingkuh adalah istri.

Continue reading

UAS (ODOP Day 97 of 99)

Sesekali pengen nulis yang receh. Ini cerita basi term ini yang barusan lewat.

“Sabtu kita ke London, ya,” katanya, “Ada Kyai Wahfiudin Sakam ngisi pengajian.”
Demikianlah beberapa pekan lalu akhirnya kami ke London. Seperti biasanya, saya ya momong krucils. Nganter ke toilet, mengambilkan makanan, menengahi kalau bertengkar, dan semacamnya.

Pas kesandung-sandung menggiring Si Bungsu, gak sengaja melihat mantan Ketua NU-UK dan mantan Ketua Kibar-UK ngobrol. Karena jaraknya gak jauh akhirnya jadi kedengaran sedikit mereka ngobrol.

Continue reading