Waspadai Bakteri Listeria di Frozen Vegetables

🌽Waspadai Bakteri Listeria di Frozen Vegetables🌽

Oleh: Fira (Colchester, United KingdomπŸ‡¬πŸ‡§)

Supermarket-supermaket di seluruh United Kingdom (Tesco, Aldi, Lidl, Waitrose) menarik seluruh produk frozen vegetables setelah terbukti makanan tersebut terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri Listeria menyebabkan penyakit keracunan makanan yang disebut listeriosis. Sebenarnya kejadian ini bukan yang pertama kali. Menurut European Food Safety Authority (EFSA), kontaminasi frozen vegetables sudah melanda Austria, Denmark, Finland, Sweden, and the United Kingdom sejak 2015. Hingga 15 Juni 2018, ditemukan 48 kasus listeriosis, dengan 9 orang dilaporkan meninggal.

Continue reading

Advertisements

Figurative Language

Salah satu materi pelajaran bahasa dan sastra krucils Year 5 (usia 9-10 tahun) di sekolah adalah belajar literal language dan figurative language. Intinya sih kalo figurative language itu bukan makna sebenarnya, semacam perumpamaan. Kalo ga salah sampe Year 6 (umur 10-11 tahun) targetnya anak kenal dan bisa menggunakan ‘simile’ dan ‘metaphor’.

Simile adalah gaya bahasa membandingkan kesamaan dua hal secara langsung (ibarat, laksana, umpama, bagaikan: the flower is white LIKE the bright cloud, as brave as a lion…). Sementara ‘metaphor’ membandingkan 2 hal yg sebetulnya tidak berkaitan langsung, lebih ke makna simbolik, misalnya: the sky is a blue ocean, the snow is a white blanket, books are keys to your imagination.

Kayaknya sih belum sampai ke belajar bahasa gaya majas semacam personifikasi, eufemisme, dan sejenisnyaΒ πŸ˜†

Pertanyaannya, kira2 tulisan di bawah ini pake ‘simile’, ‘metaphor’ atau keduanya?

Continue reading

Saran Sehat Sepanjang Summer 2018

🌞SARAN SEHAT SEPANJANG SUMMER🌞

Oleh: Fira (Colchester, UK)

Meski diselingi hujan di beberapa tempat, kantor berita BBC UK memprediksi bahwa heatwave masih akan terjadi dalam dua minggu ke depan dengan suhu udara mencapai lebih dari 30*C (2/7). Euronews memberitakan, “As a plume of hot air from Europe and Africa engulfs Britain, it will spread into the rest of Europe, sparking wildfires, thunderstorms and even droughts.” (28/6)

Berikut ini beberapa tips agar kita bisa menikmati musim panas dan tetap sehat. Semoga bermanfaat.

✳Yang rawan terkena dampak heatwave secara serius:✳
βœ”Lansia, terutama usia lebih dari 75 tahun
βœ”Bayi, balita, dan anak-anak
βœ”Orang dengan penyakit kronis (demensia, penyakit, jantung, paru/pernapasan, dan gangguan mobilitas)
βœ”Orang-orang dengan penyakit mental serius
βœ”Orang-orang yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mempengaruhi kelenjar keringat dan kontrol suhu tubuh
βœ”Pemakai obat-obatan terlarang (narkoba) dan penyalahguna alkohol
βœ”Orang yang banyak beraktivitas di luar rumah (tentara, atlet, pekerja bangunan)
βœ”Gelandangan (homeless people)

Continue reading

Orangutan Kalimantan di National Geographic

Kemarin pagi nganter D2 ke dentist. Di ruang tunggu, disediakan beragam bacaan bagi pasien dan kerabat yang mengantarnya. Iseng baca salah satu majalah, National Geographic [NG] edisi Desember 2016.

Tema utama NG bulan itu adalah orangutan di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Artikel dibuka tentang kisah suka duka ilmuwan Cheryl Knott yang meneliti kehidupan orangutan di pedalaman Borneo. Dikisahkan pula orangutan yang kian langka, bayi-bayi orangutan yang sering diperjualbelikan di pasar gelap, hingga pengalihan hutan hujan tropis menjadi perkebunan kelapa sawit yang berperan besar menjadi penyebab utama punahnya orangutan. Selain itu, NG edisi tersebut juga mengangkat upaya pelestarian orangutan di Indonesia

Ternyata NG sangat sering menyorot orangutan Indonesia. Kenapa? Karena orangutan sudah sangat langka dan terancam punah.

Continue reading

Periskop

Term (catur wulan alias cawu) ini, topik sains di kelas Year 5 (usia 9-10 tahun) adalah tentang cahaya (light). D1 dan teman-teman seangkatannya kira-kira mempelajari tentang cahaya, sifat-sifat cahaya bahwa cahaya berjalan mengikuti garis lurus, cerminan (reflection), hubungan cahaya-benda-kenapa bayangan bentuknya sama dg bendanya, cara kerja mata, cara kerja kamera, cara kerja periskop dan tokoh penemu bola lampu Sir Joseph Wilson Swan. Ehm, saya juga baru tahu kalo Swan kerja bareng Thomas Alfa Edison dan keduanya sempat bikin pabrik produsen lampu dengan merk Ediswan.

Maka gak heran jika satu kali D1 pulang bawa periskop dari karton.
“Apa ini Mas?” tanya emak.
“A periscope. But I took the mirror because they keep moving.”
Di rumah, saya melekatkan kedua bilah kaca tipis dengan selotip. Dan jadilah periskop D1.

Continue reading

International Week

“He was doing a very good dance today…” kata Mrs. Hand pas saya menjemput Si Anak PAUD. Sambil pasang senyum termanis, emak cuma bilang, “Thank you,” and, “Bye…”, menggandeng D4 sambil mikir kenapa dance-nya so special?

Oh ternyata sebagaimana tradisi setiap Summer Term (biasanya Juni atau Juli) PAUD dan TK-nya Krucils menyelenggarakan International Week.

Hari ini, di kelasnya D4 gurunya mengundang salah satu wali murid berkebangsaan Polandia untuk story telling secara bilingual. Bapak wali siswa membaca buku Farmer’s Duck dalam bahasa Polish, sementara Mrs Hand membacanya in English.

Continue reading

Kopi dan Teh di Inggris, Dapat dari Mana?

Di akhir bulan Maret, tepatnya mulai pukul 01.00 tengah malam, daratan Eropa memajukan jamnya satu jam yang biasa disebut Daylight Saving Time. Setelah itu, berangsur-angsur siang akan semakin panjang. Waktu subuh semakin maju, sementara terbenamnya matahari kian malam. Saat tulisan ini dibuat, berdasarkan waktu menurut Colchester Mosque, waktu subuh di Colchester adalah 2.44 pagi dan maghrib pukul 21.22 malam. Isya’ dimulai pukul 22.37.

Di musim panas, biasanya pemerintah memperbaiki jalan-jalan umum. Bahkan seringkali ini dikerjakan setelah jam 9 malam, agar tak menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Selain liburan sekolah, hal yang menyenangkan di musim panas adalah melimpah dan murahnya buah-buahan di pasar dan supermarket. Inilah musim segala jenis berry-berry-an.

Continue reading