Saran Sehat Sepanjang Summer 2018

🌞SARAN SEHAT SEPANJANG SUMMER🌞

Oleh: Fira (Colchester, UK)

Meski diselingi hujan di beberapa tempat, kantor berita BBC UK memprediksi bahwa heatwave masih akan terjadi dalam dua minggu ke depan dengan suhu udara mencapai lebih dari 30*C (2/7). Euronews memberitakan, “As a plume of hot air from Europe and Africa engulfs Britain, it will spread into the rest of Europe, sparking wildfires, thunderstorms and even droughts.” (28/6)

Berikut ini beberapa tips agar kita bisa menikmati musim panas dan tetap sehat. Semoga bermanfaat.

✳Yang rawan terkena dampak heatwave secara serius:✳
βœ”Lansia, terutama usia lebih dari 75 tahun
βœ”Bayi, balita, dan anak-anak
βœ”Orang dengan penyakit kronis (demensia, penyakit, jantung, paru/pernapasan, dan gangguan mobilitas)
βœ”Orang-orang dengan penyakit mental serius
βœ”Orang-orang yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang mempengaruhi kelenjar keringat dan kontrol suhu tubuh
βœ”Pemakai obat-obatan terlarang (narkoba) dan penyalahguna alkohol
βœ”Orang yang banyak beraktivitas di luar rumah (tentara, atlet, pekerja bangunan)
βœ”Gelandangan (homeless people)

❗Pencegahan❗
1⃣Hindari cuaca panas. Jika ada rencana kegiatan di luar ruangan, misalnya berkebun, piknik, atau olahraga, rencanakan waktu dan tempat sebaik-baiknya.
2⃣Pilih pagi atau petang hari, dan tempat yang teduh. Sedapat mungkin hindari berada di bawah terik matahari langsung antara jam 10.00-16.00 (11.00-15.00 BST).
3⃣Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman tinggi kafein, gula, dan alkohol (kalo ini mah haram ya buat muslim…)
4⃣Banyak mengonsumsi makanan dingin seperti sayuran dan buah-buahan.
5⃣Kenakan busana yang longgar, tidak ketat, tipis (meski jangan tembus pandang 😊), dan berwarna terang.
6⃣Perhatikan busana anak-anak. Biasanya pakaian anak-anak cenderung lebih terbuka sehingga lebih banyak area kulit yang terpajan cuaca panas dan terik matahari.
7⃣Lindungi kepala, wajah, mata dan leher dengan topi bertepi lebar.
8⃣Di dalam ruangan, jangan berpakaian terlalu rapat/tertutup.
9⃣Kenakan sunglasses, semakin lebar kacanya semakin baik.😎😎😎
πŸ”ŸOleskan sunblock atau sunscreen terutama pada kulit anak-anak atau kulit yang tidak tertutup pakaian. Pilih yang minimal SPF15.

πŸ–Di Luar RumahπŸ–
❗Hindari aktivitas fisik yang ekstrem.
❗Waspadai temperatur di dalam mobil. Jangan tinggalkan anak dan lansia di dalam mobil.
❗Waspadai kondisi bayi, balita, anak, dan lansia. Pastikan cukup cairan dan tidak kepanasan.

β˜€HEAT EXHAUSTION DAN HEATSTROKEβ˜€
Heat exhaustion adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) dan naiknya suhu tubuh. Tanda-tandanya di antaranya:
βœ…Merasa lemas
βœ…Pusing
βœ…Sakit kepala
βœ…Mual
βœ…Sesak
βœ…Nyeri dada
βœ…Berkeringat membanjir
βœ…Rasa hausΒ hebat
βœ…Kram otot

Heatstroke adalah keadaah yang lebih parah dan berbahaya, umumnya ketika suhu tubuh mencapai lebih dari 40*C. Tanda-tanda:
βœ…Kejang
βœ…Pingsan (kehilangan kesadaran)

β€ΌPertolongan Pertama pada orang dengan Heat Exhaustion:β€Ό
1⃣Baringkan di lokasi yang teduh
2⃣Longgarkan pakaian dan lepaskan pakaian yang tidak diperlukan
3⃣Kompres kulitnya, misal dibasuh dengan lap basah
4⃣Mengipasinya jika berkeringat banyak
5⃣Berikan minuman sebanyak mungkin. Air putih, jus buah yang diencerkan, atau sport drink
6⃣Jangan diberi aspirin atau paracetamol jika tanpa saran dokter.

🏑Summer di rumah🏑
βœ”Saat suhu sangat panas, tutup jendela. Buka jendela jika suhu telah sejuk untuk ventilasi.
βœ”Berusaha berada di dalam ruangan antara jam 10.00-16.00 (11.00-15.00 BST).
βœ”Usahakan ruangan teduh. Singkirkan perabot dari logam dan kaca. Gunakan korden berwarna terang untuk menahan terik matahari.
βœ”Mandi dan/atau berendam.
βœ”Banyak minum air putih atau jus buah. Hindari kopi, teh, cola, dan minuman berkadar gula tinggi.
βœ”Perhatikan teman, keluarga, atau tetangga yang barangkali memerlukan pertolongan (misalnya lansia).

πŸ”†Lain-lain:πŸ”†
βœ…Waspadai makanan sisa. Di musim panas, bakteri lebih mudah berkembang biak sehingga makanan lebih cepat basi.
βœ…Jadwalkan cukup istirahat, dan cukup tidur. Meski malamnya singkat.
βœ…Jika mengadakan perjalanan ke negara tertentu, mungkin perlu vaksinasi.
βœ…Perhatikan peraturan ketika berenang (di kolam, di pantai) dan barbecue-an.
βœ…Ketahui nomor telepon yang harus dihubungi jika diperlukan terkait kesehatan. Di UK, 999 hanya untuk kasus emergency yang mengancam jiwa. Untuk hal-hal yang ‘non’life threathening’, gunakan nomor 111.

πŸŽ‹Sumber:
Beat the heat, staying safe in hot weather, NHS England,Β https://assets.publishing.service.gov.uk/…/Beat_the_heat_le…
Heatwave: how to cope in hot weather,Β https://www.nhs.uk/…/h…/heatwave-how-to-cope-in-hot-weather/

🌷Grup WhatsApp Rumah Muslimah Indonesia di Eropa Rumaisa Sabiila (05 Juli 2018)🌷

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s