Temanmu Laki-laki yang Pake Rok Itu… (ODOP Day 91 of 99)

Ilustrasi : Adegan dalam film The Boy in the Dress

Meski dalam satu kompleks yang sama, kelas krucils terbagi menjadi 2; infant school yang meliputi PAUD alias nursery (usia 3 tahun), Reception (4 tahun), Year 1 (5 tahun) dan Year 2 (6 tahun). Sedangkan junior school untuk anak usia 7-11 tahun (Year 3 s/d Year 6).

Setelah mengantar Dara masuk kelas Year 1, saya melihatnya sekilas. Anak berkulit putih berkacamata berusia sekitar 6 tahun dengan rambut sangat pendek, atau malah cepak. Anak itu sebenarnya biasa saja, dan tidak akan saya pikirkan kalau saja ia tak mengenakan rok. Mungkin anak perempuan yang sedang dalam kemoterapi, pikir saya.

Tapi beberapa hari kemudian saya berpapasan dengannya lagi. Kali ini ketika pulang sekolah bareng semua anak. Saya dan krucils melewatinya. Ketika berpapasan dengannya, Dinara menyapa anak itu, “Bye, Oscar…” (Ket: Ini bukan nama sebenarnya).

Setelah jalan agak jauh, saya berhenti dan berbisik ke Dinara, “Mbak, temanmu yang pake rok itu namanya siapa namanya?”
“Oscar…” jawab Si Gadis sambil lalu.
“Dia laki atau perempuan?”
“He is a boy…”
“Lha kok pake rok?”
Dengan nada santai Dinara menjawab, “Why not? Children can come to school in any school uniform… If girls can come to school in trousers, why can’t boys come to school in a dress?”
Dinara yang umurnya 7 tahun, terus berjalan. Meninggalkan saya yang terbengong-bengong mendengar jawabannya. Roknya yang selutut dan kerudungnya berkibar-kibar tertiup angin.

Bahwa universitas dan seluruh institusi negara harus mendukung LGBTQ, itu saya sudah tahu. Tapi mendengar dari mulut anak sendiri bagaimana penerimaan terhadap transgender diajarkan, serta melihat hasilnya, saya sungguh-sungguh berharap ini tidak pernah terjadi di Indonesia dan negeri-negeri lain yang mayoritas penduduknya muslim.

Colchester, 23 Desember 2017

 

Advertisements

2 thoughts on “Temanmu Laki-laki yang Pake Rok Itu… (ODOP Day 91 of 99)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s