Sensory-Baric, Thermic, Auditory, Olfactory, Gustatory Senses (Montessori 10) (ODOP Day 80 of 99)

Baric Sense

Baric Tablets

Pada prinsipnya adalah mengenal perbedaan warna, tekstur, dan berat.

Material yang digunakan:

– Tiga set tablet kayu dengan permukaan berbeda. Setiap set terdiri atas jenis kayu yang berbeda, warna berbeda, dan berat yang berbeda.
Ringan : 20 gram
Medium : 30 gram
Berat : 40 gram

– Kain penutup mata

Cara menggunakan:

– Mula-mula anak diajak memegang 2 tablet dari satu set yang sama, kemudian dikombinasi dengan dua set, kemudian tiga set. Pada setiap permainan digunakan kata-kata : ringan, medium (sedang), berat; lebih ringan, lebih berat, sama ringan/sama berat.
– Anak diajak mengurutkan tablet sesuai berat.
– Jika sudah mahir, diajak mempraktekkan dengan mata tertutup.

Contoh video tentang menggunakan baric tablet bisa dilihat di sini.

Thermic Sense

Thermic Tablets, untuk belajar temperatur.

Material yang digunakan:
– Enam pasang tablet dengan ukuran yang sama dari jenis bahan yang berbeda, misalnya kayu, kaca, besi, kardus tebal, gabus styrofoam, marmer.
– Kain penutup mata.

Cara menggunakan
– Untuk memainkan, mula-mula anak diajak memasang-masangkan semua tablet dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup.
– Sebutkan dengan jelas nama bahan dari masing-masing tablet.
– Anak diajak mengetahui perbedaan tekstur dan temperatur, jika telapak tangan kurang sensitif bisa digunakan pergelangan tangan, pipi, atau anggota tubuh lainnya.
– Anak diajak melihat benda di lingkungannya yang terbuat dari bahan yang sama dengan bahan tablet.

Thermic Bottles

Material:
– Empat pasang botol diisi air dengan temperatur berbeda:
Pasangan pertama 37*C (suhu tubuh)
Pasangan kedua 27*C
Pasangan ketiga 17*C
Pasangan keempat 47*C
– Kain penutup mata

Untuk menggunakan:
– Mula-mula anak diajak memegang pasangan botol yg temperaturnya 37*C.
– Secara bertahap diajak memegang pasangan botol yang lain dengan menggunakan kata-kata ‘lebih dingin’, ‘lebih panas’, atau sama suhunya.
– Anak diajak mengelompokkan botol berdasar pasangannya.
– Anak diajak mengelompokkan dan mengurutkan pasangan botol sesuai temperatur.
– Jika sudah mahir, digunakan kain penutup mata.

Auditory Sense

Sound Cylinder Boxes, untuk melatih mengenal suara

Material yang digunakan:
– Enam silinder bertutup merah dan enam silinder bertutup biru dengan bunyi yang berpasangan merah-biru yang jika diguncangkan menimbulkan suara paling pelan hingga paling keras. Misal diisi kancing/koin sejumlah 1-6, atau beras/kacang ijo dengan jumlah berbeda.

Untuk menggunakan:
– Ambil satu silinder merah, diguncangkan dan disimak suaranya.
– Ambil satu silinder biru, diguncangkan dan disimak suaranya, apakah sama dengan silinder merah pertama atau bukan? Jika ya, maka dikelompokkan. Jika tidak, maka ambil silinder biru lainnya sampai ditemukan yang suaranya cocok.
– Ambil silinder merah lain, diguncangkan dan didengarkan.
– Ambil silinder biru, diguncangkan, dan didengarkan. Apakah suaranya cocok dengan silinder merah kedua?
– Demikian seterusnya.
– Jika sudah mahir, anak diajak mengurutkan sesuai lemah-keras bunyi pada pasangan silinder.
– Jika sudah mahir, dipraktekkan dengan mata tertutup.

Olfactory Sense

Smelling Jars, untuk melatih mengenal benda lewat indera penciuman.

Material:
– Beberapa wadah tidak tembus pandang, tutupnya mudah dibuka, dan diberi warna berbeda, misal hitam dan putih.
– Secara berpasangan (satu hitam dan satu putih), diisi bahan yang baunya berbeda-beda. Misal diisi kapas dengan bau merica, ketumbar, jahe, parfum, irisan jeruk nipis, dlsb.
– Kain penutup mata.

Untuk menggunakan, diambil satu, dicium baunya, kemudian dicari pasangannya.
Jika sudah mahir, dipraktekkan dengan mata tertutup.

Gustatory Sense

Tasting Bottle, untuk mengenal indera pengecapan.

Bahan:
– Empat pasang botol dengan pipet berbeda warna, misal hitam dan putih.
– Setiap pasang botol (satu hitam dan satu putih) diisi dengan cairan dasar pahit (jamu), manis (air gula), asin (air garam), asam (air jeruk nipis).
– Kain penutup mata.

Colchester, 13 April 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s