Practical Life (Montessori Bagian 2) (ODOP Day 70 of 99)

Sumber foto: Montessori Tampa

Practical life

Untuk anak-anak 2-5 tahun, yaitu belajar menyendok, menuang, menjepit, memeras. Prinsip dasarnya adalah mengerjakan dari sederhana ke kompleks.

Misalnya aktivitas menyendok. Maka diurutkan:
– Menyendok dari satu mangkuk ke mangkuk lain.
– Menyendok dari satu mangkuk ke dua mangkuk lain yang ukurannya sama.
– Menyendok dari satu mangkuk ke dua mangkuk lain yang ukurannya berbeda.
– Menyendok dari satu mangkuk ke mangkuk lain yang ada garis takarannya.

Perlu diperhatikan di sini adalah jika anak belum menguasai satu aktivitas, tidak diperbolehkan beralih ke aktivitas yang lebih kompleks. Jika anak sudah menguasai keterampilan menyendok, dilanjutkan pada keterampilan menuang. Demikian seterusnya sampai anak menguasai keterampilan menjepit dan memeras.

Target utama latihan menyendok adalah agar anak menguasai aktivitas menyendok dari satu mangkok ke mangkok lain. Dalam prakteknya, kegiatan ini juga melatih anak untuk mengikuti perintah, mengoordinasi motorik halus terutama mata dan tangan, melatih konsentrasi dan kemandirian anak.

Mengapa aktivitas practical life adalah menyendok, menuang, menjepit dan memeras? Karena biasanya melatih motorik halus lebih sulit padahal untuk aktivitas menulis diperlukan keterampilan motorik halus pada ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

Untuk anak berusia 2 tahun atau lebih, digunakan mangkok porselin atau kaca. Jika usia anak lebih muda, bisa menggunakan mangkok melamin. Perbedaan ini disebabkan karena anak berusia kurang dari 2 tahun biasanya belum terlalu mahir mengelola emosi sehingga bisa jadi saat belajar ia akan menjatuhkan atau melemparkan materialnya. Bahan yang lain diperbolehkan asalkan tidak berasal dari plastik. Bahan untuk disendok bisa apa saja misalnya pasta mentah atau potongan buah.

Jika aktivitas menyendok sudah dikuasai, dilanjutkan pada menuang. Mula-mula gunakan bahan benda kering, lalu memakai benda cair, dengan tahapan sama seperti menyendok. Jika anak sudah menguasai, maka dilanjutkan dengan kegiatan menjepit, bertahap dari menjepit dengan jepit jemuran hingga menjepit dengan paper clip.

Sumber: grup Montessori at Home.

Catatan dari Fira

Sepertinya di grup WA ini terlalu ringkas. Jadi saya cari sumber lain, sebetulnya filosofi materi practical life ini adalah keterampilan apa pun yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Dalam tulisan Rumah Tangga Tanpa Asisten Bagian ke-3, misalnya, saya dapet referensi keterampilan harian yang semestinya dikuasai anak berdasarkan usia. Misalnya adalah berikut ini:

Usia 2 dan 3 tahun

Pekerjaan rumah tangga individual:

  • Memasukkan/menyimpan mainan ke dalam kotak
  • Membantu merapikan tempat tidur

Tugas dalam keluarga:

  • Memasukkan baju kotor ke keranjang/ember cucian
  • Memberi makan dan minum binatang piaraan (with supervision)
  • Mengelap tumpahan makanan/minuman
  • Mengelap debu
  • Meletakkan piring-gelas kotor di wastafel
  • Merapikan selimut tempat tidur

Usia 4 dan 5 tahun

Pekerjaan rumah tangga individual:

  • Memakai baju secara mandiri (bantuan orang lain minimal)
  • Merapikan tempat tidur dengan bantuan orang tua
  • Membawa barang pribadinya dari mobil ke dalam kamarnya

Tugas dalam keluarga:

  • Semua pekerjaan batita
  • Membantu menyiapkan makan keluarga
  • Menyiapkan meja makan dan menata makanan (dengan pengawasan ortu)
  • Membersihkan meja makan (dengan pengawasan ortu)
  • Membantu ortu membawa belanjaan yang ringan
  • Memasangkan kaos kaki dengan pasangannya
  • Menerima telpon rumah dengan pengawasan ortu
  • Bertanggungjawab atas makan dan minum binatang peliharaan
  • Menggantungkan handuk di tempatnya
  • Menyapu (dengan sapu kecil)
  • Merapikan tempat tidur secara mandiri
  • Memasukkan baju kotor ke mesin cuci
  • Mengeluarkan baju bersih dari mesin cuci
  • Memilah sampah yang kompos, umum, daurulang (plastik/kertas/gelas)
  • Meletakkan alat makan kotor di wastafel
  • Menyiram tanaman

Untuk usia yang lebih tua, bisa dilihat di Rumah Tangga Tanpa Asisten Bagian ke-3.

Menurut infomontesori.com, keterampilan practical life meliputi Preliminary Applications, Applied Applications, Grace and Courtesy, and Control of Movement.

Menyendok, menuang, menjepit, memeras (kalau di infomontessori.com dilanjutkan dengan melipat dan membawa/menjinjing) ini semua baru satu kelompok dalam Preliminary Application. Pada Applied Exercise, ini semua dipraktekkan misalnya pada kegiatan-kegiatan yang saya cantumkan di atas untuk usia 2-5 tahun.

Termasuk dalam Preliminary Application dan Applied Application adalah keterampilan dasar seperti duduk di kursi, membuka pintu, memegang buku, membuka halaman buku, melipat beberapa hal misalnya serbet dan memakai baju sendiri.

Yang tidak boleh dilupakan adalah keterampilan dalam berinteraksi dengan orang lain (Grace and Courtesy). Misalnya cara menyapa orang lain, menjawab salam orang lain, dan memperkenalkan diri. Kemudian juga sopan santun dasar seperti bagaimana ketika bersin, menguap, batuk, ketika ingin menyela pembicarann, menyatakan ketidaksetujuan, dan menawarkan bantuan. Termasuk di sini adalah keterampilan mengucapkan 3 kalimat sakti, Excusme, I’m sorry, dan Thank You.

Untuk Control of Movement, saya cuma menemukan dua aktivitas, Walking on The Line dan Silence Board. Walking on The Line adalah keterampilan berjalan di sepanjang garis yang secara bertahap dibuat semakin sulit:
– Berjalan mengikuti sepanjang garis secara biasa.
– Berjalan mengikuti sepanjang garis sambil membawa lonceng atau bendera.
– Berjalan mengikuti sepanjang garis sambil membawa segelas air.
– Berjalan mengikuti sepanjang garis sambil membawa 2 objek yang berbeda.
– Berjalan mengikuti sepanjang garis sambil membawa sesuatu di kepala (kalau versi di sekolah krucils, bawa bean bag).

Tujuan utama Control of Movement adalah melatih konsentrasi, koordinasi, dan kemauan pada diri individu anak.

Colchester, 24 Maret 2017

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s