Mengajarkan Bahasa Indonesia ke Anak di Swedia (Day 67 of 99)

Pengajian online One Week One Juz (OWOJ) setiap Kamis dua pekan lalu, Kak Rosdiana Ramli yang bersuamikan laki-laki Swedia dan sekarang tinggal di Vasteras, Swedia; berbagi pengalaman mengajarkan kedua putrinya berbahasa Indonesia. Kedua putri Kak Ros (usia 17 dan 11) lancar berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan.

Menurut Kak Ros, awalnya beliau berbahasa Inggris dengan anak sulung ketika anak masih balita. Lantas di kindergarten (semacam PAUD dan TK) melihat ibu-ibu dari negara lain, misalnya dari Arab, berbahasa Arab kepada anak-anaknya. Akhirnya menginspirasi Kak Ros untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak sulung yang saat itu berusia 4 tahun.

Sementara anak kedua, sudah sejak bayi dibiasakan berbahasa Indonesia. Selain selalu konsisten bercakap-cakap dengan bahasa Indonesia, Kak Ros konsisten membacakan buku cerita berbahasa Indonesia kepada anak-anak setiap menjelang tidur malam.

Hasilnya saat ini kedua anak lancar berbahasa Indonesia, bahasa Swedia, bahasa Inggris, bahasa Perancis, dan bisa membaca Alquran. Masya Allah…

Dari sini saya mengevaluasi mengapa anak-anak pasif bahasa Indonesianya. Pertama, saya kurang gigih dan kurang konsisten berbahasa Indonesia kepada anak-anak. Terutama di tempat umum. Salah satu alasan mengapa saya memilih berbahasa Inggris di tempat umum, adalah mengurangi kecurigaan masyarakat lokal terhadap muslim. Harap maklum, ini pemikiran imigran yang sering kena semprot, “Go back to your country!”

Yang kedua, tentang media. Bisa dikatakan saya tidak banyak menyediakan buku bacaan berbahasa Indonesia. Kalau mudik ke Indonesia, kopor sudah penuh dengan bawang goreng, terasi, kerupuk, kemiri, bandeng presto, kering tempe dan kentang, malah sering bawa bakpia pathuk bolen keju Kartikasari, pudak, baju-baju batik, trus Mama bikin pula putri salju, kastengel, emping mlinjo… yaaa gitu deeehhh…

InsyaAllah akan dicoba untuk mulai konsisten belajar serius berbahasa Indonesia.

Colchester, 22 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s