My Valentine’s Day’s Baby (ODOP Day 34 of 99)

dara5

Hari ini sekitar enam tahun yang lalu. Saya mengamati home pregnancy test allias test pack di toilet. Ketika menunjukkan dua garis, saya langsung lemas.

“Gimana, Bu?” tanya Pakne Krucil.
Saya langsung nangis. Membayangkan harus melewati kembali masa-masa pusing, mual, muntah-muntah di trimester pertama. Sementara Fahdiy belum genap 3 tahun dan Dinara baru saja melewatkan ulang tahun pertamanya sebulan sebelumnya.

Terlebih, kami merencanakan pindah rumah, mencari kontrakan yang lebih murah. Ya, di Nottingham, kami dikenal sebagai keluarga dosen yang hidup dengan standar keluarga student Indonesia. Kalau student asal Uni Emirat Arab sih, gaya hidupnya bahkan bisa jauh lebih mewah daripada supervisornya.. hehe..

Membayangkan repotnya berkemas, pindah rumah, menata rumah baru, dan melewati trimester pertama yang menantang. Tentu akan jauh lebih mudah kalau tinggal berdekatan dengan keluarga besar, terutama orang tua.

“Congratulation…” ujar midwife ketika menyerahkan baby Dara ke pangkuan saya di rumah sakit. “She was born on Valentine’s Day… She is a Valentine’s Day baby…” ujar midwife sambil senyum. Hari masih pagi, sekitar jam 8 atau 9 pagi.

Saya menimangnya sebentar lantas menyerahkan ke Pakne Krucils. Langsung berdiri, jalan ke toilet, membersihkan kemaluan dan kaki, ganti baju dan kembali ke tempat tidur. Midwife dan student-nya sudah menyiapkan teh panas dan roti bakar.

“Sudah, ya, Bu, aku ngantor, ya,” kata suami, “Ngajar sejam lagi…”
Saya pengen cemberut, tapi nggak tega. Toh semua lancar. Dan akhirnya saya dan Dara bisa pulang sore harinya.

Ketika Dara lahir, saya resmi menyandang gelar sebagai ibu dengan 3 balita; baby Dara, Dinara berusia 22 bulan, dan Fahdiy hampir 4 tahun. Saat Mahdi lahir setahun kemudian, status saya naik bukan saja sebagai ibu dengan 3 balita, tapi juga sebagai ibu dengan 4 anak berusia 0-6 tahun. Tiga tahun menikmati menjadi ibu dari 3 balita.

“Kamu itu kok kasihan banget,” komentar Mama melihat saya menyusui Mahdi sambil menyuapi Dara dan Dinara plus mengawasi Fahdiy maem. Saya cuma nyengir.

Hari ini Dara resmi meninggalkan predikat sebagai balita. Kadang saya merasa bersalah juga ke Dara. Merasa tidak memberinya perhatian sebanyak kepada saudara-saudaranya yang lain.

Sebagai anak sulung, semua yang ada pada Fahdiy jelas istimewa, karena dia yang pertama. Jumlah foto Fahdiy paling anyak dibandingkan anak lainnya. Dan karena semua yang dikerjakan Fahdiy adalah yang pertama, jadi ortunya harus ikut belajar. Alhasil anak pertama paling banyak menerima quality time, one to one attention dari ibunya.

Dinara merebut perhatian karena punya karakter gigih. Kalau pengasuhnya tidak sabar, dia akan menerima label-label negatif sebagai anak keras kepala, ngotot, bossy, suka memerintah, cerewet, suka membantah dan mendebat, dan susah diatur. Diberkahi sifat-sifat tersebut, Dinara tumbuh jadi anak perebut perhatian sejak bisa berjalan dan  berbicara.

Dara yang lebih kalem dari Dinara, sengaja atau tidak, menerima quality time lebih sedikit dari saya. Belum puas dikeloni emaknya, Dara harus berkompetisi dengan anggota keluarga baru, Mahdi.

Di sisi lain, sebagai anak tengah, Dara menerima lebih banyak cinta dari banyak orang sejak lahir. Lahir dalam zodiak yang sama dengan bapaknya, Aquarius, Dara mewarisi sifat cool and calm ala Pakne Krucils. Karakter air yang sensitif, selalu rendah hati, namun selalu bisa mengisi celah-celah sesempit apa pun. Ya, ini sih iseng. Nggak mungkinlah kita percaya astrologi yang gak ilmiah itu. Tapi kalo weton, kayaknya Pakne Krucils percaya… wkwkwk…

Karena hari ini half-term holiday, rencananya hadiah untuk Dara adalah main ke playground, ke library, dan boleh pinjem laptop Bunda sepuasnya. Hanya hari ini.

Colchester, Essex, 14 Februari 2017

Leave a Reply

