Tentang Reputasi University of Malaya (ODOP Day 26 of 99)

um

Ini bukan soal laporan Sukmawati Soekarnoputri bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) didakwa menistakan Pancasila. Ini juga bukan soal mempertanyakan, “Emangnya kita bisa mengkriminalisasi karya ilmiah?”

Tapi ini cuma kepengen cerita tentang Universiti Malaya, atau University of Malaya. Soalnya, HRS nulis tesis “Pengaruh Pancasila terhadap Syariat Islam di Indonesia” pas dia sekolah di sana. Menurut HRS, tesis ilmiah itu sudah diuji secara akademik dan dinyatakan lulus cumlaude.

Singkat kata ringkas cerita, cuma pengen nasih tau, Universiti Malaya ini salah satu dari 5 universitas top di Malaysia yang masuk dalam jajaran 500 universitas terbaik di dunia. Urutannya begini:

University of Malaya (UM), peringkat 133
University Putra Malaysia (UPM), peringkat 270
University Teknologi Malaysia (UTM), peringkat 288
University Kebangsaan Malaysia (UKM), peringkat 302
University Sains Malaysa (USM), peringkat 330.

Terus terang, Pakne Krucils sih mau-mau banget kalau ada tawaran ngajar di universitas-universitas di atas… Idaman banget, malah… Ngajar di kampus top, masyarakat muslimnya mayoritas, dan dekat dengan Indonesia… Sayangnya sampe hari ini belum rezeki… Wkwkwk…

Tentang Universiti Malaya sendiri, menurut wikipedia, University of Malaya has been ranked consistently among top 500 universities in the world according to reputed ranking publisher such as QS, ARWU, US News & World Report in the last few years. In 2015 it has been ranked 54th in Engineering & Technology in QS world ranking.U.S. News & World Report ranked University of Malaya 57th best university in the world in engineering by its subject ranking.

Yak, ini cuma ngasih tau dikit, kayak gimana sih reputasi kampus yang melulusan tesisnya HRS itu…

Ada yang kepengen lanjut sekolah ke kampus-kampus yang termasuk top 500 di dunia?
Atau ada yang kepengen kelak anak-anaknya melanjutkan sekolah ke universitas-universitas top 500 di dunia?
Yuk, kita berdoa bareng-bareng… Al Faatihah!

Colchester, Essex, 1 Februari 2017

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s