Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99)

mahdi

Tanggal 9 Januari 2017 adalah salah satu hari bersejarah dalam kehidupan Mahdi. Itu adalah hari pertama dia menjadi siswa. Kok masuknya Januari? Khan tahun ajaran barunya September?

Begini ceritanya. Sebetulnya tahun ajaran baru memang dimulai September. Tetapi khusus PAUD kecil (nursery untuk 3-4 tahun), siswa diterima jika sudah berusia lebih dari 3 tahun. September 2016, Mahdi belum genap 3 tahun. Dia lahir akhir Januari. Nah, periode termin (semacam catur wulan) di UK dibagi menjadi autumn term yang berlangsung September-Desember diakhiri libur Christmas-New Year, winter term dari Januari-Maret dengan break libur Easter (Paskah), dan spring term dari Maret-Juli yang diakhiri dengan liburan panjang muslim panas (summer holiday).

Anak-anak yang lahirnya di musim dingin seperti Mahdi, boleh masuk PAUD kecil mulai Januari ketika sudah genap berusia 3 tahun. Kalau umur 3-nya Januari-Agustus, ya musti nunggu nanti tahun ajaran baru September 2017.

Nggak enaknya, anak-anak seperti Mahdi akan lebih lama 1 semester di PAUD kecil. Kelak, September 2017, teman-teman sekelasnya yang sudah berulang tahun ke-4 akan naik kelas ke PAUD besar (kelas Reception, untuk usia 4-5 tahun) sementara Mahdi dan anak-anak winter born lainnya akan tinggal kelas dan akan menjalani setahun bersama para siswa PAUD kecil yang baru…

Anak-anak winter-born biasanya akan menjadi anak-anak ‘tertua’ di kelasnya. Hermione Granger (bukan Emma Watson, lho, ya) di Harry Potter, diciptakan JK Rowling lahir 19 September 1979. Dia siswa tertua di angkatannya, karena ketika masuk Hogwats umurnya hampir 12 tahun, sementara teman-temannya baru 11 tahun beberapa bulan di bulan September. Misalnya Ronald Weasley, lahir 1 Maret 1980, lebih muda 6 bulan dari Hermione. Sementara Harry Potter menjadi salah satu murid termuda di angkatannya karena lahir 31 Juli 1980, dia 10 bulan lebih muda daripada Hermione.

Begitulah aturan umur masuk sekolah di UK beberapa tahun lalu yang menurut saya pribadi terlalu ketat… Hehehe… Belakangan banyak yang memprotes kebijakan ini sehingga anak-anak yang lahir di musim panas seperti Harry Potter, nggak harus langsung masuk sekolah satu angkatan dengan Hermione Granger yang 10 bulan lebih tua… Saya sempat nulis di sini Syarat usia masuk PAUD-TK-SD Negeri di Inggris.

“Tapi gimana, anaknya kelihatan seneng apa enggak di sekolah?” tanya Mama ketika saya cerita kalo Mahdi sudah seminggu sekolah.
“Ya sempat nangis sehari pas ditinggal. Tapi kayaknya dia seneng, kok…”
Mungkin karena sudah mendatangi sekolah selama ratusan kali, jadi Mahdi cepat beradaptasi. Lagipula kelasnya ada di antara kelasnya Dinara dan Dara, dan seminggu ini kayaknya kegiatannya main melulu…

Eh apa iya, kegiatannya cuma main melulu? Nah, ternyata sekolah PAUD di UK memang benar-benar bermain sambil belajar. Target-target untuk anak usia 3-4 tahun di PAUD sini pernah saya tulis sebagai berikut. Klik judulnya kalau pengen baca…

AREA PRIMER

1) Target pada kemampuan berkomunikasi dan berbahasa (Communication and Language)

2) Target pada perkembangan fisik (Physycal Development)

3) Target pada perkembangan individu, sosial, dan emosional (Personal, Social, and Emotional Development)

AREA SPESIFIK

4) Target literasi (Literacy) meliputi kemampuan membaca (Reading) dan menulis (Writing)

5) Target pada kemampuan matematika

6) Target terhadap pengetahuan alam (Understanding the World)

7) Target pada kemampuan seni dan desain (Expressive arts and design

Colchester, Essex, 17 Januari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s