Building Houses (PAUD 4-5 tahun)

building houses

Caatan 29 Sept 2014, “Dinara is using the Lego she told me she is building a bathroom and it has a window and a bath.”

(Dinara menggunakan Lego. Ia menceritakan kepada saya bahwa ia membangun sebuah kamar mandi yang memiliki jendela dan bak mandi.”)

Manfaat bermain Lego:

1. Lego hadir dengan berbagai macam warna. Saat anak bermain, orang tua/guru dapat mengenalkan atau bertanya warna apa yang sedang dimainkan oleh anak.

2. Bentuk dan ukuran lego yang beragam juga merupakan media pembelajaran bagi anak, sehingga anak dapat mengenal bentuk balok dan persegi panjang.

3. Saat anak menyusun lego, anak sedang melatih koordinasi antara mata dan tangan.

4. Menggenggam dan membuka pasang lego dapat melatih motorik halus anak.

5. Pemilihan warna dan hasil bangunan yang dibuat anak dapat melatih jiwa seni anak.

6. Pada bagian atas lego terdapat bulatan-bulatan timbul yang bisa dijadikan media belajar berhitung untuk anak.

7. Jangan heran saat anak selesai menyusun, kemudian ia berkata, “Ini pesawat! Ini rumah!” dan lainnya yang jika dilihat sebenarnya belum menyerupai apa yang anak sebutkan. Inilah yang disebut imajinasi dan kreatifitas. Puji dan beri penghargaan agar anak mau mengeksplor lebih banyak lagi berbagai macam bentuk sesuai imajinasi dan kreatifitas mereka.

8. Kecerdasan parsial atau kecerdasan ruang termasuk diantaranya kecerdasan dimensional dapat dilatih dan dikembangkan melalui konsep dasar bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi sebuah bangun.

9. Jika dimainkan secara bersama-sama dengan teman atau dengan saudara, secara tidak langsung anak akan berlatih berkomunikasi dan mengemukakan ide, bagian mana yang akan dipasang dan akan membuat apa.

10. Kondisi motorik halus yang masih perlu dilatih membuat anak-anak sering tidak sabar dalam merangkai lego. Saat memasang membutuhkan ketepatan posisi antara satu dengan yang lain, sehingga perlu motivasi dari orang tua  atau guru agar anak mau berjuang dan bersabar dalam mengerjakannya.

Agar manfaat bermain dapat dirasakan optimal oleh anak, maka diperlukan pendampingan oleh orang tua atau guru. Selamat bermain bersama! (Sumber Ummi Online)

(Colchester, 19 Mei 2016)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s