Seminggu tanpa MedSos, Mulai Nggremeng Sendiri

back 2 school

Alhamdulillah hafalan sudah nambah dari Sabtu lalu An Naba’ dan An Nazi’at, terus ‘Abasa, At Takwir, dan Al Infithar, hari ini sekitar 90-95% Al Muthoffifin sudah kepegang. Yang mana artinya seperempat alias 25% juz 30 sudah berhasil dihafalkan. Bagian pertama alias bagian terberat dari juz 30 sudah dilewati.

Anggota kedua dari juz 30 adalah Al Muthoffifin, Al Insyiqaq, Al Buruj, At Thoriq, Al A’la, Al Ghosyiyah, dan Al Fajr. Sebetulnya kepingin juga punya smartphone supaya bisa mendengarkan dan membaca Alquran di luar rumah tapi disyukuri saja yang ada.

Menghafal ayat-ayat yang baru dikerjakan di malam hari yang biasanya adalah jatah ngeblog atau nge-medsos. Selebihnya melancarkan hafalan dikerjakan kapan saja di mana saja. Di dapur sambil masak dan nyuci piring, ketika menemani Mahdi main, di trotoar dalam perjalanan pergi ke sekolah dan pulang dari sekolah, sambil menyuapi krucils, di mobil ketika jalanan macet, ketika ngantri nunggu giliran di rumah sakit, modal 25% juz 30 sudah bisa dipakai untuk ngaji di tempat umum.

Lucu rasanya jadi Alquran berjalan. Mungkin lebih tidak aneh kalau orang pasang earphone sambil nyanyi di jalanan tapi kalau kita ngaji di tempat umum di mana nggak ada satu pun orang mengerjakannya, plus ini Inggris gitu loh, di mana muslim jadi minoritasnya, terasa banget nggremeng ngaji sendiri kalo di tempat umum…

Sudah sejak 3-4 tahun lalu fixed memilih lantunan Syaikh Misyari Rasyid Al Afasiy buat mempermudah menghafal. Jadi mayoritas langgam hafalan mengikuti lantunan nada pembacaan versi beliau.

Hikmah yang bisa dipetik sepekan ini adalah, memanfaatkan peluang. Kalau tinggal di Indonesia, nuansa ketakwaan lebih tinggi. Pesantren menghafal Alquran banyak tersedia, tapi belum tentu jadi lebih mudah karena mungkin malah sibuk jadi wanita karier dan habis waktu dan tenaga untuk mengurus amanah pekerjaan.

Di Inggris, muslimnya sedikit. Tapi alhamdulillah diberi waktu yang barokah, bisa fokus mengurus keluarga, juga teknologinya sangat canggih sangat menolong kalau memang serius berniat menghafal Alquran. Ya, yang paling penting memang niat dulu. Niat yang akan membuat kita fokus dan berusaha keras untuk meraih apa yang kita cita-citakan.

Anyway, kemarin Mum’s Day di Infant School selain Nursery. Jadi kali ini nggak harus ulang-alik seperti tahun sebelumnya. Kayaknya sih tahun depan bakalan ulang-alik lagi karena tahun depan Dara masuk kelas Reception.

Colchester, 28 April 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s