Belajar dari kasus Dino (ODOP Day 70 of 99)

kid-and-stress

(Gambar ilustrasi dari google)

Saya kutip dari facebook Esther Liem:

Atas ijin seorang teman, tanpa me-mention yang bersangkutan, saya membagikan kisah ini. Teman saya berharap, ini menjadi pelajaran untuk semua orang tua. Kisah saya tulis dengan gaya “aku”.

Umur 2,5 tahun, Dino (nama samaran) anakku, mulai aku sekolahkan di sebuah sekolah unggulan. Rutinitasnya setiap pagi tidak lagi bergelayut manja di lenganku, tapi ribet dengan urusan persiapan sekolah. Tak jarang, Dino berangkat mandi masih terhuyung dalam kantuknya. Sering saat berangkat ke sekolahnya di mobil dia kembali tertidur. Namun aku mengabaikan perilaku ini, karena aku yakin suatu saat akan berubah seiring bertambahnya umur. Dan lagi, saat bermain dengan teman – temannya Dino terlihat gembira.

Dino termasuk anak pintar, di umur 3.5 tahun sudah mampu berhitung angka sampai bilangan 100, menghafal kata – kata dalam bahasa inggris, bernyanyi dalam bahasa inggris yang memang menjadi bahasa utama di sekolahnya. Siapa orang tua yang tidak bangga? Saat berkumpul dengan teman atau keluarga besar, Dino selalu mengundang decak kagum. Pun, postinganku di media sosial, penuh dengan pujian.

Tepat di usia 6 tahun 2 bulan, Dino masuk sekolah dasar. Selain kegiatan sekolah, hari – hari Dino diisi dengan bermacam les semua mata pelajaran, berenang, dan bermain musik.
Dino patuh sekali mengikuti jadwal yang aku buat. Pada penerimaan rapor semester pertama-nya, semakin aku dibuat kagum dengan hasilnya yang sangat baik. Apalagi saat guru-nya mengatakan bahwa Dino adalah siswa unggulan di kelasnya.

Petaka dimulai saat liburan. Dino tidak mau bangun dari tidurnya. Matanya sayu dan tidak bercahaya. Badannya lemas, tapi tidak panas, Dino pun tidak mampu menjelaskan apa yang terjadi di tubuhnya. Singkat cerita keadaan ini berlangsung hampir 2 minggu, semua dokter ahli bahkan profesor punya berbagai diagnosa namun selalu meleset saat dihadapkan pada hasil test darah dan test lainnya.

Di tengah kebingungan kami, seorang teman menyarankan membawa Dino ke seorang psikolog. Saran yang pada awalnya membuatku emosi karena seolah – olah menganggap Dino sebagai anak yang sakit mental. Untunglah suami saat itu kekeuh memaksa mencoba cara ini.

Di ruang “curhat” psikolog, Dino hanya bicara berdua saja. Kami menunggu di ruang lain. Hampir 2 jam kami menunggu sampai akhirnya giliran kami tiba. Dino yang diijinkan menunggu di ruangan yang sama, namun dengan jarak yang membuatnya tidak bisa mendengar pembicaraan kami, dibuat sibuk oleh si psikolog dengan buku warna.

Bagai guntur di siang bolong saat kami mendengar penjelasan psikolog itu. Dino mengalami kelelahan mental, namun dia tidak mampu mengungkapkan. Jadwal aktifitasnya yang bertubi – tubi sejak pertama kali dia sekolah (yang berarti 3.5 tahun lalu) adalah penyebabnya. Dino tidak menikmati aktifitasnya, tapi dia berusaha menurut untuk menyenangkan kami (sungguh ini menusuk hati kami).

Ini adalah sebagian nasehat dari psikolog itu:
– sistem pendidikan di Indonesia, kebanyakan masih mengutamakan kecerdasan intelektual. Tidak heran di usia yang masih sangat dini, anak sudah diajari membaca, menulis dan berhitung. Sebisa mungkin carilah pra sekolah yang “hanya bersenang – senang”, tanpa membebani otak anak dengan hal – hal yang belum waktunya diterima oleh otak anak. Atau kalaupun itu tidak bisa dihindari, diluar jam sekolah jangan lagi menambahi beban mental anak dengan memaksa belajar hal – hal yang belum perlu benar.

– Arahkan anak pada hal – hal yang positif namun harus tetap mengedepankan apa keinginan anak.

– Tidak membebani anak dengan tugas “kamu harus menjadi nomor satu” untuk hal apapun. Tunjukkan dan buktikan, bahwa tanpa anak menjadi nomor satu, anak tetaplah istimewa untuk orang – orang di sekitarnya.

– Tidak meng-ekspos kepandaian anak di muka umum dan di media sosial, karena itu menjadi beban besar untuk anak.

Kami pulang dan sama – sama terdiam. Air mataku meluncur tidak tertahankan. Bagaimana bisa aku merusak mental anakku selama ini, bahkan malah menganggap itu sebagai proses kebaikan untuknya.

Sampai di rumah, Dino langsung masuk ke kamarnya, sementara kami berembuk, memutuskan apa yang harus kami lakukan. Pertama yang kami lakukan malam itu adalah meminta maaf pada Dino. Selama ini kami benar – benar mengabaikan hak-nya. Selanjutnya kami memutuskan mengurangi dengan sangat drastis jam – jam les Dino. Hanya mempertahankan apa yang Dino mau yaitu les musik saja.

Tidak lama setelahnya, kami mulai mendapatkan Dino yang sesungguhnya, Dino yang ceria, Dino yang bersemangat. Tanpa mengikuti les pelajaran yang bejibun, nilai – nilai Dino tetap membanggakan (padahal kami sudah bersepakat tidak akan mempermasalahkan nilai sekolahnya apapun hasilnya).

***

Tanggapan saya enggak akan sepanjang artikelnya. Toh di artikel sudah disertakan saran-saran dari psikolog yang kompeten. Pertanyaan yang tersisa barangkali adalah, mengapa Dino stress dan mengapa anak-anak TK di Inggris tidak stress? Padahal beban kurikulum PAUD dan TK di Inggris sama beratnya dengan kurikulum di Indonesia?

Kalau saya lihat:

Pertama, usia masuk sekolah. Di Inggris engga ada anak umur 2,5 tahun belajar di sekolah formal. Usia sekolah formal di Inggris adalah 4 tahun. Tentang usia masuk PAUD-TK-SD di Inggris bisa di-klik di sini.

Kedua, umur 6 tahun 2 bulan masuk sekolah dasar (SD). Menurut peraturan di Indonesia, usia masuk SD adalah 7 tahun. Ini juga peraturan yang diterapkan di Inggris.

Ketiga, jadwal kegiatan harian. Haduh, bacanya aja saya merinding. Disebutkan, “Selain kegiatan sekolah (saya menangkap adalah ditargetkan menguasai membaca, menulis, matematika, dan bahasa Inggris), hari – hari Dino diisi dengan bermacam les semua mata pelajaran, berenang, dan bermain musik.”

Di Inggris, bagi anak 0-5 tahun, kemampuan literasi (membaca-menulis) dan matematika adalah kemampuan SEKUNDER. Kemampuan primer adalah :

1) komunikasi dan bahasa (communication and language)
2) perkembangan fisik (physical development)
3) perkembangan individu, sosial dan emosional (Personal, social and emotional development)

Termasuk di dalam poin ke-3 adalah kepercayaan diri, di mana anak diharapkan mengungkapkan perasaan, ide/gagasan, dan mempu mengungkapkan ketika mereka memerlukan atau tidak memerlukan bantuan (Pengantar Kurikulum 0-5 tahun di Inggris bagian 2 dari 2)

Tetapi tentu saja kemampuan anak dalam mengungkapkan perasaan dan pemikiran berkaitan erat dengan kemampuan nomor 1, yakni kemampuan berkomunikasi.

Keempat alias terakhir, sistem pendidikan PAUD-TK di Inggris, meski target kurikulumnya sangat tinggi, dalam praktiknya tidak semengerikan yang saya kira. Proses transfer ilmu sesuai usia siswa ini, kelihatannya hanya bisa dipahami oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan. Jujur dari dulu saya agak heran mendapati teman-teman saya yang latar belakang pendidikannya bukan IKIP kemudian bisa menjadi guru. Semoga kelak IKIP menjadi universitas favorit. Toh, sekarang Kedokteran udah gak favorit, khan? Dunia berputar… Hehe… Peace, teman2 eks FK Unibraw ’97 :p

Dan akhirnya, kelima, menciptakan siswa-siswa dengan kompetensi tinggi memang memerlukan sistem pendidikan yang baik. Ketika dipasrahkan kepada para orang tua yang belum tentu memahami psikologi dan ilmu pendidikan, tentu tidak mengherankan banyak terjadi korban ‘salah treatment’ seperti yang dialami Dino.

Colchester, 20 Maret 2016

Advertisements

2 thoughts on “Belajar dari kasus Dino (ODOP Day 70 of 99)

  1. Pingback: Belajar dari Kasus Johana (ODOP Day 71 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s