Kurikulum Kewarganegaraan untuk TK usia 5-7 tahun di Inggris (bagian 4 dari 4) (ODOP Day 68 of 99)

councillors

School Councillors (perwakilan dari setiap kelas) dari kelas Year 1 (5-6 tahun), Year 2 (6-7 tahun), dan Year 3 (7-8 tahun) di Clifton Primary School yang dipilih secara demokratis di setiap kelas setiap bulan September di awal tahun ajaran baru.

TARGET: Menunjukkan kepada siswa bahwa mereka memiliki kesempatan yang luas (Breadth of opportunity)

Sepanjang usia usia 5-7 tahun, siswa diajarkan mengenai pengetahuan, keterampilan dan pemahaman lewat beragam hal:

a. bertanggungjawab dan berbagi tanggungjawab dengan oranglain (contoh: menolong kelas membuat peraturan untuk diikuti seisi kelas, membantu memelihara binatang peliharaan sekolah)
b. berpikir positif terhadap diri mereka sendiri (contoh: mengumumkan prestasi siswa di kelas dan sekolah dan memberikan tanggapan positif terhadap diri mereka).
c. mengambil bagian dalam diskusi (contoh: mendiskusikan beragam topik baik lokal di tingkat sekolah, masyarakat sekitar, nasional, Eropa, negara-negara persemakmuran /Commonwealth, dan isu-isu global semacam ‘dari mana datangnya bahan pangan kita dan bahan pangan mentah untuk industri makanan di negara kita’)
d. membuat pilihan yang nyata (contoh: memilih makanan di antara makanan-makanan sehat yang disediakan, apa yang mau ditonton di televisi, game apa yang ingin dimainkan, bagaimana menabung dan membelanjakan uang secara bijaksana)
e. bertemu dan berdialog dengan banyak orang (contoh: para tokoh agama yang dihadirkan ke sekolah, polisi, perawat di sekolah)
f. mengembangkan hubungan dengan siswa lain lewat bekerja bersama dan bermain (contoh: berbagi peralatan dengan siswa lain, atau bekerja dalam kelompok dengan siswa-siswa lain).
g. ikut memikirkan isu-isu sosial dan moral yang dijumpai sehari-hari (contoh: perilaku agresif, pertanyaan-pertanyaan soal keadilan, benar dan salah; isu-isu politik sederhana, pemanfaatan uang, isu lingkungan sederhana).
h. meminta bantuan kepada orang lain (misalnya kepada keluarga dan teman-teman, guru di kelas, siswa yang lebih tua, polisi).

Contoh aktivitas:
Setiap perwakilan kelas (councillor) memiliki buku untuk mencatat permasalahan-permasalahan yang kerap muncul dan dibicarakan di dalam kelas. Setiap siswa di dalam kelas diperbolehkan menuliskan persoalan yang menjadi perhatiannya di dalam buku ini. Buku ini akan dibawa dalam pertemuan seluruh school councillors yang dihadiri perwakilan dari setiap kelas di semua angkatan untuk dicarikan solusinya. Guru menolong school councillors untuk menemukan solusinya.

Colchester, 18 Maret 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Kewarganegaraan untuk TK usia 5-7 tahun di Inggris (bagian 4 dari 4) (ODOP Day 68 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s