Kurikulum Kewarganegaraan untuk TK usia 5-7 tahun di Inggris (bagian 2 dari 4) (ODOP Day 66 of 99)

world book day

(Siswa TK di Canonbury Primary School dalam rangka World Book Day, diperbolehkan mengenakan kostum sesuai karakter buku favoritnya masing-masing)

Mata pelajaran kewarganegaraan dititikberatkan bukan pada teori hafalan tetapi pengetahuan, keterampilan dan pemahaman (Knowledge, skills and understanding)

Target: Mengembangkan kepercayaan diri dan tanggungjawab serta memberikan kemampuannya yang terbaik (Developing confidence and responsibilty and making the most of their ability)

1. Siswa diajarkan untuk:
a. mengetahui apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai, mengetahui apa yang dinamakan fair dan unfair, dan mengetahui apa yang benar dan keliru.
b. mengemukakan opini (pendapat) mereka terkait pada suatu hal yang menurut mereka penting dan menjelaskan pandangan mereka.
c. mengenali, memberi nama, dan bisa mengelola perasaan mereka secara positif.
d. berpikir tentang diri mereka sendiri, belajar dari pengalaman dan mengetahui apa-apa yang menjadi kekuatan atau keunggulannya.
e. mengetahui bagaimana menetapkan tujuan sederhana.

Target: Menyiapkan siswa untuk berperan aktif sebagai warga negara (Preparing to play an active role as citizens)

2. Siswa diajarkan untuk:
a. mengambil bagian dalam diskusi dengan satu orang, dan berperan dalam diskusi yang melibatkan seisi kelas.
b. mengambil agian dalam debat sederhana dengan topik atau isu yang telah ditetapkan.
c. memahami pilihan yang dibuat, serta memahami perbedaan benar dan salah.
d. menyepakati dan mengikuti peraturan yang dibuat untuk kelmpok dan kelas, serta memahami bagaimana peraturan membantu mereka.
e. menyadari bahwa orang dan makhluk hidup lainnya memiliki kebuthan, dan mereka memiliki tanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini.
f. bahwa diri mereka adalah ‘milik’ (belong to) beragam jenis kelompk serta komunitas; misalnya keluarga dan sekolah.
g. memahami apa yang berbahaya/menghancurkan serta apa yang memperbaiki alam, lingkungan lokal di sekelilingnya, dan apa yang membangun lingkungannya, serta mengetahui beberapa langkah praktis untuk memelihara alam dan lingkungan tersebut.
i. memahami bahwa uang bisa datang dari berbagai sumber dan bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang berbeda-beda.

Contoh kegiatan:

world book day 2world book day 3

Perayaan World Book Day di Abbey Hey Primary School dan All Saints Primary School

autism daydogs-trust

Pyjama Day dalam rangka penggalangan dana untuk penderita autis dan memperingati Autism Awareness Week di Brunswick Park Primary School dan kunjungan lembaga penyayang binatang non-pemerintah Dog Trust di Scott Wilkie Primary School.

citizenship1citizenship2

Kunjungan Lucy Jones yang berprofesi sebagai osteopath di Scott Wilkie Primary School dan pertanyaan-pertanyaan dari siswa ditulis guru di papan untuk didiskusikan.

Christine-visit4Christine-visit7

Kunjungan Christine Ohuruogu di di Scott Wilkie Primary School. Christine Ohuruogu adalah atlet British spesialis lari cepat di lintasan 400m dan memenangi banyak medali di tingkat internasional.

Colchester, 15 Maret 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Kewarganegaraan untuk TK usia 5-7 tahun di Inggris (bagian 2 dari 4) (ODOP Day 66 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s