Kurikulum Komputer untuk TK usia 5-7 tahun (ODOP Day 64 of 99)

coding

Siswa Year 1 (5-6 tahun) di The Cathedral School St Peter & John RC Primary School belajar coding atau programming lewat games.

Pendidikan komputer berkualitas tinggi melengkapi kemampuan siswa dalam menggunakan kemampuan computational thinking (saya engga paham maksudnya) dan kreativitas untuk memahami dan mengubah dunia. Komputer memiliki kaitan erat dengan matematika, sains, serta desain dan teknologi, serta menyediakan fasilitas untuk pemahaman akurat serta mendalam baik yang alami maupun dalam bentuk sistem artifisial. Inti dari komputer adalah sains, di mana siswa diajarkan prinsip-prinsip dasar informasi dan komputasi, bagaimana sistem digital bekerja, dan bagaimana menempatkan pengetahuan ini untuk digunakan dalam bentuk programming. Siswa diberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap hal ini dengan harapan menggunakan teknologi informasi untuk menciptakan program-program, sistem-sistem serta beragam jenis content. Komputerisasi mewajibkan siswa agar mampu membaca secara digital (digitally literate)— mampu memanfaatkan dan mengekspresikan diri mereka serta mengembangkan gagasan-gagasan mereka melalui informasi dan teknologi komunikasi— pada level yang di masa depan mereka perlukan dalam dunia kerja dan berperan aktif dalam dunia digital.

Kurikulum nasional untuk mata pelajaran komputer bertujuan memastikan bahwa siswa:
– Mampu memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip fundamental serta konsep-konsep computer science, termasuk abstraksi, logika, algoritma, serta representasi data.
– Mampu menganalisis problem in computational terms (engga paham saiah…) dan memiliki pengalaman mempraktekkan menulis program komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
– Mampu mengevaluasi dan menerapkan teknlogi informasi termasuk teknologi baru atau tidak umum (unfamiliar) untuk menyelesaikan persoalan secara analitik.
– Bertanggungjawab, kompeten, memiliki kepercayaan diri dan kreatif dalam memanfaatkan informasi dan teknologi komunikasi.

Untuk siswa usia 5-7 tahun mata pelajaran komputer meliputi:
– Pemahaman atas algoritma, bagaimana algoritma diimplementasikan sebagai program pada alat-alat digital; dan bagaimana program berjalan dengan mengikuti instruksi yang tepat dan tidak bermakna ganda (unambiguous).
– Menciptakan dan men-debug program yang sederhana.
– Menggunakan logicaal reasoning untuk memprediksi behaviour of simple programs.
– Menggunakan teknologi dengan tujuan mencipta, mengorganisasi, mengirimkan, memanipulasi dan membatalkan konten digital.
– Mengenali pemanfaatan umum dari teknologi informasi di luar sekolah.
– Memanfaatkan teknologi secara aman dan bertanggungjawab, menyimpan informasi pribadi secara privat; mengidentifikasi ke mana harus menghubungi jika memerlukan pertolongan dan dukungan ketika memiliki masalah terkait konten atau kontak di internet atau teknologi online lainnya.

Contoh kegiatan:

paper ipadsipad
Siswa Year 1 dan Year 2 (usia 5-7 tahun) di Parkfield Primary School membuat paper iPads

coding1
Siswa Year 2 (6-7 tahun) Eleanor Palmer School belajar memprogram karakter menggunakan website Tynker.

Aktivitas siswa Year 2 (6-7 tahun) di Winton Primary School: belajar database. Mereka mengukur tinggi badan, berat badan dan lebar telapak tangan seisi kelas dan membuat datanya di komputer. Minggu berikutnya mereka belajar untuk mencari tahu lebih cepat mana mencari data dengan komputer atau data di yang di-print di atas kertas.

winton1winton2

winton3winton4

winton5

Colchester, 13 Maret 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Komputer untuk TK usia 5-7 tahun (ODOP Day 64 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s