Vaksinasi, khilafah, literasi, kimia dan farmasi bagi umat Islam (ODOP Day 60 of 99)

vaksin

BAGAIMANA KITA memahami kalimat ‘bersumber dari bahan babi’ dan kalimat ‘pada proses pembuatannya bersinggungan dengan bahan babi’?

Ini persoalan memahami kalimat dan memahami fakta.
Memahami kedua kalimat tersebut dan memahami kedua fakta tersebut tidak memerlukan (ilmu) agama semacam syariah dan khilafah.

Mengeradikasi penyakit menular tidak harus memerlukan ideologi Islam. Untuk saat ini kita sudah berhasil melenyapkan penyakit cacar (Variola alias Small pox) tanpa memerlukan syariah dan khilafah. Penemuan antibiotika dan berbagai sarana terapi pun tidak harus menunggu tegaknya khilafah. Memahami perbedaan dua kalimat ‘bersumber dari bahan babi’ dan ‘dalam prosesnya bersinggungan dengan bahan babi’ juga tidak memerlukan syariah dan khilafah. Ini murni soal memahami fakta. Yang dibutuhkan adalah pengetahuan yang *ammiq alias mendalam* thd bahasa Indonesia, kimia, dan farmasi. Ngga perlulah sampai derajat mustanir atau cemerlang atau ideologis. Toh hanya memahami fakta ilmiah apakah vaksin mengandung babi atau tidak. Pemahaman yang keliru atas sebuah fakta berimplikasi serius terhadap penarikan fatwa bahkan ijtihad seseorang jika ia mengaku dirinya mujtahid.

Colchester, 9 Maret 2016

 

Advertisements

2 thoughts on “Vaksinasi, khilafah, literasi, kimia dan farmasi bagi umat Islam (ODOP Day 60 of 99)

  1. Pingback: Vaksinasi, khilafah, literasi, kimia dan farmasi bagi umat Islam (ODOP Day 60 of 99) | Kabar Pendidikan Luar Biasa

  2. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s