Kurikulum Sejarah untuk TK (usia 5-7 tahun) di Inggris (ODOP Day 47 of 99)

history

Siswa Year 2 (6-7 tahun) dari Sekolah St Christopher Primary School mengunjungi Natural History Museum

Komentar pribadi: Belajar sejarah kalau nggak sibuk ngapalin tanggal2nya dan nama2nya, kayaknya asyik juga, ya…

Siswa diharapkan mengembangkan kesadaran akan masa yang sudah lalu, menggunakan kata-kata dan frase yang berkaitan dengan masa yang sudah lampau. Siswa diharapkan memahami di mana dan kapan orang/tokoh dan peristiwa yang mereka pelajari berada jika diterapkan pada suatu kerangka kronologis, dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara cara hidup pada peride yang berbeda-beda tersebut. Siswa diharapkan menggunakan kosakata yang luas terkait dengan peristiwa bersejarah. Siswa diharapkan mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, memilih dan menggunakan bagian dari cerita dan sumber-sumber lainnya untuk menunjukkan bahwa mereka mengetahui dan memahami pokok-pokok sebuah peristiwa. Siswa diharapkan mengetahui beberapa hal di masa lampau dan mengidentifikasi perbedaan dalam menunjukkan hal-hal tersebut.

Misalnya, di kelas memutar video seputar aktivitas arkeolog dan arkeologi. Kemudian mendiskusikannya.

Siswa belajar tentang
– Perubahan yang selalu dikenang sepanjang masa, dikaitkan dengan peristiwa nasional.
– Sebuah peristiwa besar yang sangat berpengaruh secara nasional atau global (kebakaran hebat di London/Great Fire of London, penemuan pesawat untuk pertama kali, Olimpiade Musim Panas tahun 2012, Diamond Jubilee of Elizabeth II/Perayaan 60 tahun penobatan Ratu Elizabeth II di tahun 2012)
– Kehidupan individu berpengaruh di masa lalu yang berkontribusi positif terhadap negara dan dunia internasional. Beberapa di antaranya dipelajari untuk diperbandingkan [misalnya membandingkan:
* Elizabeth I dan Ratu Victoria (sama-sama Ratu tapi masa hidupnya selisih sekitar 100 tahun)
* Christopher Colombus dan Neil Armstrong (sebagai sesama orang pertama yang mendarat di)
* William Caxton (diplomat, penulis, penemu printer pertama di Inggris, wafat tahun 1491) dan Tim Berners-Lee (English computer scientist, penemu World Wide Web, masih hidup)
* Pieter Bruegel the Elder (seniman, pelukis, wafat 1569) dan LS Lowry (seniman, pelukis, wafat 1976)
* Mary Seacole and/or Florence Nightingale dan Edith Cavell (semua perawat, wafat pada tahun 1881, 1910, 1915]
– Mempelajari peristiwa bersejarah, tokoh, dan tempat bersejarah di daerah lokal masing-masing.

Contoh kegiatan di beberapa sekolah:
Untuk Year 1 (usia 5-6 tahun)
– Siswa Ruffork Primary School mengunjungi Abbey House Museum dan mencoba berbagai mainan yang diproduksi sejak zaman Ratu Victoria sampai hari ini (klik di sini)
– Greenside Primary School menghadirkan penutur sejarah Richard Stevenson ke dalam kelas untuk berkisah tentang kehidupan dunia pertambangan di masa lalu (klik di sini)

Untuk Year 2 (usia 6-7 tahun)
– St Clements Primary School mengunjungi Museum of Science and Industry untuk melihat-lihat kendaraan kuno di antaranya sepeda, kapal uap, kereta kuno, helikopter, pesawat, mobil (klik di sini)
– Dulverton Primary School dalam Black History, mempelajari sejarah perbudakan dan kedatangan orang Afrika di Inggris, membuat workshop diisi dengan membuat kerajinan tanah liat Afrika, musik Afrika, menghadirkan orang-orang Afrika asli, melihat kain Afrika dan mendengarkan dongeng Afrika dibawakan oleh orang Afrika (klik di sini)

Colchester, 25 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Sejarah untuk TK (usia 5-7 tahun) di Inggris (ODOP Day 47 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s