Target Sains (IPA) Year 2/TK usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 45 of 99)

pond dippingminibeasts

Keterangan gambar:
Kegiatan pond-dipping, alias menjala di empang dan toples berisi serangga (sumber Website Henry Green Primary School)

Target Sains (IPA) untuk 6-7 tahun di Inggris:

Makhluk hidup dan habitatnya (Living things and their habitats)
– Siswa melakukan eksplorasi dan perbandingan antara sesuatu yang hidup, yang (sudah) mati, dan yang tidak pernah hidup.
– Mengidentifikasi bahwa sebagian besar makhluk hidup, hidup di suatu habitat di mana mereka sesuai dengan habitat tersebut, dan mendeskripsikan bagamana habitat tersebut menyediakan kebutuhan dasar bagi berbagai jenis binatang dan tumbuhan, dan bagaimana mereka saling tergantung satu dengan yang lain.
– Mengidentifikasi dan memberi nama bervariasi tanaman dan binatang di suatu habitat, termasuk habitat mikro (microhabitat)
– Mendeskripsikan bagaimana binatang mendapatkan makanan dari tanaman dan binatang lainnya, menggunakan contoh rantai makanan sederhana, dan mengidentifikasi serta memberi nama berbagai jenis sumber-sumber makanan.
– Siswa mengenal istilah habitat (lingkungan alami atau rumah bagi bervariasi tumbuhan dan binatang) dan istilah habitat mikro (micro-habitat, habitat yang sangat kecil, misalnya di bawah batu, di tumpukan kayu, atau tumpukan sampah dedaunan)
– Siswa membandingkan binatang yang hidup di habitat umum dengan binatang yang hidup di habitat yang tidak umum; misalnya di hutan lindung, di hutan hujan tropis, di tepi pantai, di dalam lautan.
– Siswa bekerja secara ilmiah dengan jalan: memilah dan mengklasifikasi segala sesuatu berdasarkan apakah sesuatu tersebut hidup, (sudah) mati, atau tidak pernah hidup sebelumnya, dan mencatat penemuannya dengan menggunakan kolom.
– Siswa mendeskripsikan bagaimana mereka menyimpulkan untuk mengkategorikan sesuatu, mengeksplorasi dengan pertanyaan misalnya, “Apakah kobaran api adalah makhluk hidup? Apakah pohon-pohon yang menggugurkan daunnya di musim dingin adalah benda mati?” dan mendiskusikan cara untuk mencari jawaban pertanyaan-pertanyaan ini.
– Siswa mampu membuat rantai makanan sederhana yang melibatkan manusia (misal: rumput–>sapi–>manusia)
– Siswa mampu mendeskripsikan keadaan yang berbeda-beda antara habitat dan habitat-mikro (di bawah tumpukan kayu, pada jalan setapak berbatu-batu, di bawah semak belukar) dan mencari tahu bagaimana satu keadaan mempengaruhi jumlah dan tipe tumbuhan dan binatang yang hidup di situ.

gardening
kegiatan sains di kebun (Bradshaw Hall Primary School)

Tanaman
– Siswa mengbservasi dan mendeskripsikan bagaimana biji dan umbi bisa tumbuh menjadi tumbuhan dewasa
– Mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana tumbuhan memerlukan air, cahaya, dan temperatur yang sesuai untuk tumbuh dan berkembang dnegan sehat.
– Hendaknya menggunakan lingkungan lokal untuk observasi yang bisa dilakukan sepanjang tahun untuk mengamati bagaimana tumbuhan yang berbeda-beda tumbuh.
– Siswa mengetahui bahwa tumbuhan bisa berkecambah, tumbuh dan bertahan hidup, sebagai bagian dari proses reproduksi dan perkembangan tumbuhan.
– Siswa dapat diberi kesempatan melakukan pekerjaan ilmiah misalnya dengan mengobservasi dan mencatat ukuran pertumbuhan bervariasi jenis tumbuhan dari waktu ke waktu mulai dari biji benih atau umbi, atau mengobservasi tumbuhan yang sama pada tahap pertumbuhan yang berbeda, atau membuat tes untuk membandingkan antara tanaman yang diberi cukup air dan cahaya dengan yang tidak.

Binatang dan Manusia
– Mengetahui bahwa binatang dan manusia memiliki keturunan yang bisa tumbuh menjadi dewasa.
– Mendeskripsikan kebutuhan dasar binatang dan manusia untuk bertahan hidup (air, makanan, udara)
– Mendeskripsikan pentingnya olahraga, makan beragam jenis makanan dengan porsi yang benar dan kebersihan; bagi manusia.
– Mengetahui proses perkembangbiakan dan reproduksi pada binatang.
– Fokus pada tahap ini adalah siswa mengetahui bagaimana tumbuhkembang, siswa beum diharapkan memahami bagaimana reproduksi terjadi.
– Berikut adalah contoh yang bisa digunakan: telur, anak ayam, ayam; telur ulat, ulat, kepompong, kupu-kupu; telor katak, berudu (kecebong?), katak; anak domba, domba dewasa.
– Pertumbuhan manusia adalah melalui tahapan: bayi, batita, anak kecil, remaja, dewasa.
– Siswa bisa diberi kesempatan bekerja secara ilmiah yakni dengan jalan: 1) melakukan pengamatan (observing) baik lewat video atau mengamati dan mengukur langsung bagaimana perbedaan ukuran binatang dan manusia dan bagaimana mereka tumbuh; 2) siswa mengajukan pertanyaan tentang apa yang diperlukan binatang untuk bertahan hidup dan apa yang diperlukan manusia untuk tetap sehat; dan 3) siswa memberikan saran mencari cara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Bahan sehari-hari (Everyday materials)
– Siswa mengidentifikasi dan membandingkan beragam jenis bahan; termasuk kayu, logam, plastik, gelas, bata, batu, kertas, dan karton yang digunakan untuk keperluan tertentu.
– Mengetahui bahwa suatu benda yang ‘solid’ bisa berubah bentuk ketika diremas, dilengkungkan, dipuntir, dan ditarik.
– Mengidentifikasi dan mendiskusikan bergaman bahan sehingga siswa mengetahui bagaimana beberapa bahan bisa digunakan untuk lebih dari satu benda (logam bisa digunakan untuk uang koin, kaleng, mobil dan kaki meja; kayu bisa digunakan untuk korek api, lantai dan tiang listrik (???)) atau bahan yang berbeda-beda bisa digunakan untuk membuat benda yang sama (sendok bisa terbuat dari plastik, kayu, logam; tapi tidak umum terbuat dari gelas).
– Siswa bisa diajak mendiskusikan orang-orang yang menemukan bahan-bahan baru, misalnya John Dunlop (penemu ban), Charles Macintosh (penemu kain tahan air, bahan jas hujan dan payung) atau John McAdam (penemu jalan makadam, cikal bakal jalan beraspal).

Catatan tambahan:
Tidak ada petunjuk baku bagaimana sains harus diajarkan. Praktikum di sekolah tergantung sekolah dan guru masing-masing.
Ombersley Endowed First School menggabungkan sains dengan literasi, dalam website memberikan penjelasan, “Kami menyelenggarakan pekan sains dan memiliki banyak persoalan untuk diselesaikan. Billy Goats Gruff memerlukan bantuan untuk membangun jembatan. Sleeping Beauty memerlukan korden untuk menahan masuknya cahaya agar ia bisa tidur. The Gingerbread Man memerlukan perahu untuk menyeberangi sungai. Dan Elsa memerlukan bantuan untuk menjaga agar es batu tetap ‘frozen’.” (klik di sini).

Petersgate Infant School menyelenggarakan Science Workshop dengan tema bawah laut. Siswa mempelajari habitat dan binatang bawah laut dan membuat periskop dari cermin (klik di sini).

Chilcote Primary School mendatangkan kebun binatang mini ke dalam kelas sehingga siswa memiliki kesempatan melihat, mendengar suara, memegang kumbang raksasa, kadal, landak, burung hantu, ular, tarantula, dan katak; serta mendiskusikan habitat mereka (klik di sini).

Colchester, 23 Februari 2016

Advertisements

3 thoughts on “Target Sains (IPA) Year 2/TK usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 45 of 99)

  1. Mbak, saya minta bantuan share kurikulum sains untuk year 2 ya, please. Saya akan mengerjakan perbandingan kurikulum sains England-INA untuk year 2. Boleh minta kontaknya gak Mbak?
    ~ninindahlan.marchant@gmail. com~
    Thanks, xx

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s