Target Matematika untuk Year 2/TK 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 44 of 99)

puluhan satuan

Berikut ini saya mencoba menuliskan target kemampuan matematika usia 6-7 tahun. Sebagian teknis pengajaran guru di sekolah, mudah-mudahan saya bisa menuliskan terpisah. Karena ternyata mengajarkan matematika kepada anak TK di Inggris tidak hanya memerlukan guru dan alat peraga, tetapi melibatkan desain, olahraga dan seni, misalnya seni musik dan lukis.

***

Target matematika Year 2 (usia 6-7 tahun)

Angka– Mengenal Angka dan Nilai Angka (Number and place value)
– menghitung dengan kelipatan 2, 3, 5 dari angka 0; dan kelipatan 10 dari semua angka baik maju maupun mundur.
– mengetahui nilai angka pada bilangan 2 digit (tahu mana yang puluhan dan satuan)
– mengidentifikasi angka dengan berbagai peraga, misalnya menggunakan number line
– mengurutkan angka 0-100, membandingkan di antaranya; menggunakan tanda <, >, dan =.
– membaca dan menulis bilangan 0-100 dalam angka dan huruf.
– menggunakan pengetahuan puluhan dan satuan untuk menyelesaikan persoalan matematika (soal cerita).

counting in 5
 pekerjaan di kelas krucils, membuat pola kelipatan 5

 

abacus 2 digitabacus, alat bantu untuk memahami puluhan dan satuan

number line

number line

Angka– Penjumlahan dan pengurangan
– Siswa menyelesaikan persoalan penjumlahan dan pengurangan dengan:
* menggunakan alat peraga atau gambar, termasuk ketika menyelesaikan persoalan yang melibatkan angka, kuantitas, dan ukuran.
* mengaplikasikan kemampuan menulis secara matematika dan kemampuan mental aritmatika.

0-100

Dengan menggunakan tabel seperti di atas, untuk menghitung 76-10, krucils diajari untuk melompat pada bilangan di atasnya, jadi tidak menghitung mundur satu per satu.

-Menggunakan keahlian menjumlah dan mengurangi angka 0-20 untuk menjumlah dan mengurangi hingga angka 100
Maksudnya:  Siswa memahami bahwa 3 + 7 = 10; 10 – 7 = 3 dan 7 = 10 – 3
untuk menghitung angka yang lebih besar sampai 100:
30 + 70 = 100; 100 – 70 = 30 and 70 = 100 – 30.

– Menjumlah dan mengurang dengan bantuan alat peraga, gambar, dan tanpa alat peraga (kemampuan mental aritmatika) termasuk menjumlah dan mengurang antara:
* sebuah angka 2 digit dengan angka 1 digit
* satu angka terdiri atas 2 digit, dijumlah atau dikurangi dengan puluhan
* dua angka yang semua 2 digit
* menjumlah 3 angka yang semuanya 1 digit

– Menunjukkan bahwa penjumlahan di antara 2 angka bisa dikerjakan secara komutatif, dan pengurangan pada 1 angka tidak bisa dikerjakan secara demikian (bahwa 3+5=5+3 tetapi 5-3 tidak sama dengan 3-5)

-Mengenali hubungan antara penjumlahan dan pengurangan di antara angka dan menggunakannya untuk menyelesaikan persoalan faktual.
Maksudnya (dalam bahasa Fira) anak mengetahui pola dibolak-balik
3 + 6 = 9
6 + 3 = 9
9 – 3 = 6
9 – 6 = 3

termasuk dalam 2 digit sederhana
30+60=90
60+30=90
90-30=60
90-60=30

sehingga bisa menyelesaikan persoalan semacam
60 + ? =90 atau soal yang dibuat dalam bentuk cerita.

Angka— Perkalian dan pembagian (Multiplication and division)
– Mengenal dan menggunakan perkalian dan pembagian bilangan kelipatan 2, 5, dan 10 dengan menggunakan tabel perkalian termasuk memahami angka ganjil dan genap.
– Memahami kalimat matematika yang tanda kali (x), bagi (÷), dan sama dengan (=)
– Memahami bahwa perkalian bisa diselesaikan secara komutatif sementara pembagian tidak (bahwa 2×5=5×2 tetapi 10:2 tidak sama dengan 2:10)
– Menyeleasaikan persoalan matematika yang mengandung perkalian dan pembagian dengan menggunakan berbagai alat bantu: peraga, gambar lajur-kolom, penjumlahan berulang, kemampuan mental aritmatika, perkalian-pembagian.

Angka– Pecahan (Fraction)
– Mengenali bisa menemukan, memberi nama, serta menuliskan pecahan 1/3, 1/4, 2/4 dan 3/4 pada suatu panjang, bentuk, sekelompk benda atau kuantitas (berapa 1/2 dari penggaris sepanjang 30 cm? berapa bagian dari lingkaran yang diarsir? Muhammad memiliki 12 coklat, dimakan 1/3-nya berapa coklat yang tersisa?)
– Menulis pecahan sederhana semacam 1/2 dari 6 = 3 dan mengenali bahwa 2/4 sama dengan 1/2.

Satuan (Measurement)
– Memilih dan menggunakan unit yang sesuai standar untuk memperkirakan dan mengukur panjang/tinggi ke segala arah (m/cm); temperatur (*C), kapasitas (liter/ml) ke angka yang terdekat dengan menggunakan penggaris, timbangan, termometer dan gelas ukur.
– mengurutkan dan membandingkan panjang, massa (berat? apa beda massa dan berat? udah lupa…), colume/kapasitas, dan mencatat dengan menggunakan >, <, dan =.
– mengetahui dan menggunakan simbol uang untuk pounds (£) dan pence (p)
– menyelesaikan persoalan praktis sederhana yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan nilai uang dalam sauan yang sama, termasuk memberika kembalian (pounds dengan pounds dan pence dengan pence)
– membandingkan dan mengurutkan waktu (detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun)
– bisa menceritakan dan menuiskan jam setiap 5 menit; termasuk memahami kata lebih seperempat, kurang seperempat, dan bisa menggambar jarum jam untuk menunjukkan waktu yang dimaksud.
– mengetahui jumlah menit dalam satu jam dan mengetahui jumlah jam dalam sehari.

Geometri— Bentuk dan bangun ruang (2D and 3D)
– mengidentifikasi dan mendeskripsikan apa-apa yang dimiliki bentuk 2-dimensi, termasuk berapa jumlah sisinya, dan mengetahui simetrinya kalau dilipat/dibelah/diiris secara vertikal.
– mengidentifikasi dan mendeskripsikan apa-apa yang dimiliki bangun 3-dimensi termasuk jumlah rusuk, sudut, dan sisinya.
– mengidentifikasi bentuk 2-dimensi di atas permukaan 3-dimensi (mengenali lingkaran sebagai salah satu sisi dari silinder, mengenali segitiga sebagai bagian dari piramid, mengenali bujursangkar adalah sisi dari kubus, dst)
– mengenali dan membandingkan beragam bentuk 2-dimensi dan 3-dimensi pada barang/benda yang dijumpai sehari-hari.

Geometri– Posisi dan arah (Position and direction)
– mengurutkan dan menata kombinasi pola dan rangkaian
(Gambarlah dua bentuk yang hilang di bawah ini (pakai gamabr bukan kata, ini contoh krn gak bisa nggambar): bunga–hati–bujursangkar–bintang–bunga–?–hati–?–bintang)
– menggunakan kosakata matematika untuk mendeskripsikan posisi, arah dan gerakan termasuk gerakan lurus dan membedakan istilah berputar pada kalimat semacam *ia berputar seperempat lingkaran ke kanan sehingga sekarang menghadap tembok* dengan pengertian pada jarum jam berputar seperempat ke kanan, juga memahami berputar berlawanan arah jarum jam.

Colchester, 23 Februari 2016

Advertisements

2 thoughts on “Target Matematika untuk Year 2/TK 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 44 of 99)

  1. Jazakillah khairan mb, sangat membantu, sy mau adopsi buat anak2 di rumah coz metode kerja latihan di buku sangat membosankan buat anak2.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s