Target kemampuan Menulis Year 2/usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 43 of 99)

writing targets year 2

Kemampuan mengeja huruf dan kata (Spelling)
– Siswa mampu memecah kata dengan kemampuan fonik dan graphem-nya, dan mampu mengeja banyak kata dengan benar.
– Siswa mempelajari cara baru dalam mengeja phonemes di mana salah satu atau lebih dari yang dieja sudah diketahui, dan mempelajari lebih banyak kata-kata baru termasuk beberapa common homophones (lihat gambar ilustrasi berikut ini)

common homophones
– Siswa belajar mengeja common exception words (lihat gambar di bawah berikut ini)
– Siswa belajar mengeja lebih banyak kata yang menggunakan contraction (I’ll, we’ll, I’m, we’re, they’re, can’t)
– Siswa belajar koma di atas yang menunjukkan kepemilikan (the possessive apostrophe) misalnya the girl’s book, the dog’s tail.
– Membedakan homophnes dan near-homophones (saya nggak ngerti juga maksudnya… contohnya sih seperti tabel common homophones di atas)
– Memberikan imbuhan, mengeja kata-kata yang lebih panjang termasuk yang berimbuhan -ment, -ness, -ful, -less, ly.
– Menuliskan kata-kata yang didiktekan guru, yang mengandung grapheme-phonemes correspondence (GPC), common exception words, dan tanda baca yang telah diajarkan.

CommonExceptionWords2

Common exception words untuk Year 2 (6-7 tahun)

Kemampuan menulis (Handwriting)
– Siswa menulis huruf kecil dengan besar yang relatif sama besar satu dengan yang lain.
– Mulai belajar menulis huruf bersambung dasar.
– Memahami kapan menulis huruf besar dan angka dengan ukuran yang benar, baik ditulis berdekatan dengan angka lain atau huruf kecil lainnya
– Menggunakan spasi antar kata.

Kemampuan menulis karangan
Siswa mengembangkan sikap positif terhadap kegiatan menulis dan stamina menulis melalui cara berikut ini:
– Menulis narasi tentang pengalaman pribadi dan yang lainnya (kisah nyata atau fiksi).
– Menulis tentang peristiwa yang nyata (real events)
– Menulis puisi.
– Menulis dengan tujuan yang berbeda-beda

Siswa belajar menulis dengan cara:
– Merencanakan atau mengucapkannya keras-keras ide pokok yang akan ditulis.
– Menuliskan ide atau kata kunci termasuk jika ada kosakata baru.
– Memperbaiki yang akan disampaikan, kalimat demi kalimat.

Membuat tambahan, revisi dan koreksi sederhana atas karangan mereka dengan cara:
– mengevaluasi tulisan bersama guru dan siswa-siswa lain.
– membaca ulang karangannya untuk memeriksa bahwa tulisannya masuk akal dan bahwa kata kerja yang digunakan sesuai waktu yang diinginkan (past tense, present tense), digunakan secara tepat dan konsisten, termasuk kata kerja dalam bentuk continuous form.
– Membaca ulang untuk memeriksa kesalahan dalam ejaan, struktur kalimat, dan tanda baca.
– Membaca dengan keras karangannya dengan intonasi yang tepat untuk membuat makna kalimat menjadi jelas.

Kekayaan kosakata, struktur kalimat, dan tanda baca (Vocabulary, grammar, and punctuation)
1) Belajar menggunakan tanda baca yang sudah biasa dipelajari dan tanda baca baru secara tepat, di antaranya termasuk penggunaan titik (full stops), huruf besar, tanda seru, tanda tanya, koma dalam kalimat daftar, dan koma di atas (apostrophes) yang digunakan untuk penyingkatan kata (contracted forms: I’ll, we’ll, I’m, we’re, they’re, can’t) dan kepemilikan (possessive) pada bentuk tunggal.
2) Belajar menggunakan:
– Kalimat dengan beragam bentuk: kalimat pernyataan, pertanyaan, seruan, dan perintah.
– memperluaskan kata benda dengan deskripsi dan spesiikasi (contoh: the blue butterfly, plain flour, the man in the moon)
– present tense dan past tense secara tepat dan konsisten dalam penulisan.
– subordinasi (when, if, that, because) dan koordinasi (or, and, but)

Colchester, 21 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Target kemampuan Menulis Year 2/usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 43 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s