Target kemampuan Membaca Year 2/usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 42 of 99)

phonemic-awareness-vowels

Kemampuan membaca kata (Words Reading)
– Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan keterampilan tentang fonik sebagai jalan untuk membunyikan kata-kata, hingga keterampilan ini betul-betul tertanam pada diri siswa dan kemampuan membacanya lancar.
– Siswa mampu membaca secara akurat kata-kata yang memerlukan kemampuan meleburkan huruf yang mengandung grapheme yang telah diajarkan, terutama kemampuan mengenali alternatif bunyi pada graphemes.
– Membaca dengan akurat kata-kata yang terdiri atas dua atau lebih suku kata yang mengandung grapheme sebagaimana ilustrasi grapheme di atas.
– Mampu membaca kata-kata yang mengandung imbuhan yang telah diajarkan.
– Membaca common exception words untuk Year 2 (umur 6-7 tahun), mampu mengidentifikasi perbedaan ejaan dan suara dan mengetahui di bagian mana dari kata hal ini terjadi (lihat ilustrasi common exception word for Year 2)
– Mampu membaca buku dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan foniknya, mampu membunyikan kata-kata yang sukar secara akurat, dan membunyikannya secara otomatis serta tanpa keraguan.
– Mampu membaca-baca ulang buku-buku tersebut untuk membangun kepercayaan diri dan kefasihan dalam membaca kata-kata.

phonic chart

Daftar huruf yang ditargetkan mampu dibunyikan siswa di akhir Year 2 (usia 6-7 tahun)

CommonExceptionWords2

Common exception words untuk Year 2 (6-7 tahun)

Kemampuan memahami bacaan (Comprehension)
1. Siswa mengembangkan kegemaran membaca, motivasi untuk membaca, mengembangkan kekayaan kosakata dan pemahaman melalui:
– Menyimak, mendiskusikan dan mengekspresikan pandangannya berkaitan dengan beragam jenis puisi klasik dan kontemporer, cerita/kisah, dan nonfiksi; pada level di mana mereka mampu membaca sumber-sumber ini secara mandiri.
– Mendiskusikan potongan-potongan kejadian pada buku dan mengetahui bagaimana potongan-potongan kejadian ini dihubungkan (lihat ilustrasi sequencing di bawah)

sequence
– Semakin terbiasa dengan beragam jenis kisah, mampu menceritakan kembali kisah/cerita rakyat tradisional.
– Siswa diperkenalkan kepada buku nonfiksi yang disusun secara terstruktur dengan bermacam cara
– Siswa mengenali bahasa sastra sederhana yan sering digunakan dalam cerita dan puisi (Once upon a time… Pada zaman dahulu kala…)
– Siswa mendiskusikan dan memperjelas makna kata-kata, menghubungkan makna baru kepada kosakata yang telah diketahuinya (cross, angry, upset)
– Mendiskusikan kata-kata dan frasa-frasa favoritnya.
– Melanjutkan membangun kemampuan mengulang puisi/atau sajak, menyukai puisi/sajak dan bisa membaca beberapa di antaranya dengan intonasi yang tepat untuk memperjelas makna

2) Siswa memahami  bahwa buku yang dibaca dan buku yang disimak ketika dibacakan, dengan cara di antaranya:
– Menggambarkan apa yang mereka ketahui, atau menggambarkannya berdasar informasi dan kosakata yang diberikan guru
– Membaca tulisannya sembari memeriksa bahwa tulisannya masuk akal dan melakukan koreksi terhadap pembacaan yang belum tepat.
– Membuat kesimpulan berdasar apa yang dikatakan dan dilakukan tokoh dalam cerita.
– Mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.
– Memprediksi apa yang terjadi kemudian berdasarkan apa yang dibaca.

3) Berpartisipasi dalam mendiskusikan buku, puisi dan berbagai karya yang dibacakan kepada mereka dan karya-karya yang siswa baca secara mandiri, mampu bergiliran mengambil bagian dalam diskusi dan menyimak apa yang disampaikan orang lain.

4) Menjelaskan dan mendiskusikan pemahaman mereka terhadap buku, puisi dan bahan bacaan lain; baik yang dibacakan kepada siswa atau mereka membacanya secara mandiri.

Colchester, 21 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Target kemampuan Membaca Year 2/usia 6-7 tahun di Inggris (ODOP Day 42 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s