Pengantar Kurikulum Sains (IPA) untuk usia 5-6 Tahun (ODOP Day 40 of 99)

science ks1

Fokus utama dari pengajaran sains pada usia 5-6 tahun adalah membawa siswa untuk mengalami dan mengobservasi fenomena, melihat lebih dekat kepada alam dan dunia yang dibuat oleh manusia di sekeliling mereka. Siswa didorong untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait yang mereka perhatikan. Mereka dibantu untuk memahami pemikiran-pemikiran ilmiah melalui berbagai tipe pertanyaan yang bersifat investigatif, untuk menjawab pertanyaan mereka sendiri, termasuk mengobservasi perubahan dalam satu kurun waktu tertentu, memperhatikan polanya, mengelompokkan serta mengindentifikasi, melakukan tes perbandingan sederhana, dan menemukan jawabannya dengan menggunakan sumber informasi sekunder. Siswa mulai menggunakan bahasa ilmiah sederhana untuk menceritakan apa yang mereka temukan dan mengomunikasikan pemikiran mereka kepada audiens dengan beragam cara. Sebagian besar proses pembelajaran sains seharusnya dilakukan dengan menggunakan praktek langsung sehingga siswa memiliki pengalaman sebagai tangan pertama penerima informasi, tetapi bisa juga digunakan informasi sekunder lainnya semacam buku-buku, foto-gambar, juga rekaman video.

‘Bekerja secara ilmiah’ didefinisikan terpisah di setiap program studi, tetapi harus senantiasa diajarkan berulang dan dihubungkan secara jelas dalam proses mengajar. Metode ilmiah dan keterampilan ilmiah dihubungkan dalam berbagai tema yang lebih spesifik melalui catatan, petunjuk guru, serta contoh-contoh yang menunjukkannya.

Target kemampuan bekerja secara ilmiah (Working scientifically)

Pada tingkat Year 1 dan 2 (usia 5-6 tahun dan 6-7 tahun), siswa diajar untuk mengikuti metode ilmiah praktis, mengikuti proses ilmiah dan keterampilan ilmiah melalui proses pembelajaran di mana siswa:
– mengajukan pertanyaan dan mengetahui bahwa mereka pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan beragam cara
– mengobservasi dengan seksama dengan menggunakan peralatan sederhana
– melakukan tes/percobaan sederhana
– melakukan proses identifikasi dan pengkelasan (identifying and classifying)
– menggunakan observasi dan pemikirannya untuk mengajukan jawaban atas pertanyaan
– mengumpulkan dan mencatat data untuk membantu menjawab pertanyaan.

Colchester, 20 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Pengantar Kurikulum Sains (IPA) untuk usia 5-6 Tahun (ODOP Day 40 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s