Kurikulum Sains (IPA) untuk 5-6 tahun di Inggris (ODOP 41 of 99)

year 1 sciece 1year 1 science 2

Sumber foto website Adderley Primary School

Catatan dari guru:

We have been exploring different types of fish in our Science topic of Animals. We observed and explored real fish using our senses.
“This is a Mackerel. It is long and thin with fins and a tail. This makes it swim faster”– Zakariya.
“The Sea Bass is cold and wet squidgy”- Maryam.

(Kami mengeksplorasi beragam jenis ikan dalam mata pelajaran Sains, pada topik binatang. Kami mengobservasi dan mengeksplorasi ikan sungguhan dengan menggunakan panca indera kami.
“Ini Mackerel. Bentuknya panjang dan tipis dengan sirip dan ekor. Ini yang membuat ia berenang lebih cepat,” kata Zakariya.
“Ikan Sea Bass dingin dan basah dan lunak,” kata Maryam.)

Tanaman (Plants)
– Siswa mampu mengidentifikasi dan mengetahui nama-nama beragam jenis tanaman liar dan tanaman yang tumbuh di kebun, termasuk nama-nama pohon yang berdaun jarum (evergreen trees, yang tidak merontokkan daun di musim gugur), dan pohon yang berdaun lebar (deciduous trees, yang daunnya rontok di musim gugur)
– Siswa menggunakan lingkungan di sekitarnya untuk melakukan eksplorasi dan menjawab berbagai pertanyaan tentang tanaman dan habitatnya. Jika memungkinkan mereka mengobservasi bagaimana tumbuhnya bunga dan sayuran yang mereka tanam.
– Siswa mulai mengenal beragam jenis nama bunga di sekelilngnya, contoh-contoh pohon di sekitarnya, dan struktur tanaman (daun, bunga, mahkota bunga, buah, akar, ubi, biji, batang, ranting, dahan).
– Siswa bekerja secara ilmiah melalui: observasi langsung, bisa dengan menggunakan kaca pembesar, dan membuat perbandingan antara tanaman di sekitarnya, mendeskripsikan bagaimana tanaman diidentifikasi dan dikelompokkan, dan menggambar diagram yang menunjukkan bagian-bagian dari suatu tanaman termasuk pohon. Siswa bisa membuat catatan pengamatan bagaimana tanaman berubah sepanjang waktu misalnya saat daun-daun berguguran dari pohon, bakal bunga muncul; serta membandingkan dengan tanaman lain yang mereka temukan.

Binatang dan Manusia (Animals and Human)
– Mengidentifikasi dan memberi nama berbagai jenis binatang termasuk ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia.
– Mengidentifikasi dan memberi nama berbagai jenis binatang karnivora, herbivora, dan omnivora
– Mendeskripsikan dan membandingkan struktur tubuh binatang yang umum dijumpai (ikan, amfibi, reptil, burung, serta mamalia, termasuk binatang peliharaan)
– Mengidentifikasi, menggambar dan memberi nama bagian-bagian tubuh manusia dan mengatakan bagian tubuh mana yang berhubungan dengan penginderaan.

Bahan sehari-hari (Everyday materials)
– Membedakan bahan antara satu benda dengan benda lain.
– Mengidentifikasi dan memberi nama bahan yang dijumpai sehari-hari, termasuk kayu, plastik, gelas, besi, air, dan batu.
– Mendeskripsikan bentuk dari bahan benda (batu bata, kertas, kain, karet elastik, logam)
– Mengelompokkan dan membuat perbandingan di antaranya (keras/lunak, molor/kaku, mengkilap/buram, kasar/halus, lurus/bisa melengkung, tahan air/tidak tahan air, menyerap/tidak menyerap, transparan/opaque)

Perubahan Musim (Seasonal changes)
– Mengobservasi perubahan empat musim yang terjadi.
– Mengobservasi dan mendeskripsikan cuaca dikaitkan dengan musim, dan bagaimana panjang siang-malam berganti-ganti di sepanjang tahun.

Colchester, 20 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Sains (IPA) untuk 5-6 tahun di Inggris (ODOP 41 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s