Target matematika Year 1/TK umur 5-6 tahun di Inggris (ODOP Day 39 of 99)

number line

ilustrasi number lines 0-100

1) Angka dan nilai angka (Number and place value)
– Siswa mampu menghitung 0-100, maju dan mundur, dimulai dari angka 0 atau 1, dan bisa menghitung maju-mundur dari angka mana saja antara 0-100.
– Siswa mampu menghitung, membaca, dan menulis angka 0-100 dalam bentuk angka.
– Siswa mampu menghitung dalam kelipatan dua-dua, lima-lima, dan sepuluh-sepuluh.
– Jika diberi sebuah angka, siswa mampu mengidentifikasi satu angka yang lebih banyak/lebih besar dan satu angka yang lebih sedikit/lebih kecil.
– Siswa mampu mengidentifikasi angka (jumlah) dengan menggunakan benda atau gambar termasuk number line (lihaat ilus trasi gambar di atas)
– Siswa menggunakan bahasa: setara dengan (equal to), lebih banyak dari (more than), kurang dari (less than, fewer), paling banyak/besar (most), paling kecil/sedikit (least)
– Siswa mampu membaca dan menulis angka 1-20 dalam angka dan kata-kata.

2) Penjumlahan dan pengurangan (Addition and subtraction)
– Siswa mampu membaca, menulis, dan menginterpretasikan pernyataan yang mengandung lambang penjumlahan (+), pengurangan (-) dan tanda sama dengan (=).
– Siswa memahami number bonds 0-20 (lihat ilustrasi di bawah)
– Siswa mampu menjumlah dan mengurangi semua yang melibatkan angka satu digit dan 2 digit antara 0-20 (lihat ilustrasi penjumlahan dan pengurangan pada number bonds berikut ini)
– Siswa mampu menyelesaikan persoalan matematika dengan satu operasi sederhana yang melibatkan pengurangan dan penjumlahan dengan menggunakan obyek benda nyata atau gambar, dan bisa menemukan angka yang hilang misalnya pada kalimat 7=?-9.

number bond to 20

ilustrasi number bonds 0-20

3) Perkalian dan pembagian
– Siswa mampu menyelesaikan satu persoalan yang melibatkan perkalian dan pembagian sederhana dalam satu langkah (one-step problems) dengan menggunakan obyek benda nyata, gambar, dan gambar susunan dengan bantuan guru (lihat gambar di bawah ini).

multip year 1

4) Pecahan (Fraction)
– Siswa mampu mengenali, menemukan, dan menyebutkan ‘setengah/seperdua’ pada separuh bagian suatu objek benda, bentuk, atau jumlah.
– Siswa mampu mengenali, menemukan, dan menyebutkan ‘seperempat’ pada satu dari empat bagian suatu objek benda, bentuk, atau jumlah.

5) Ukuran (Measurement)
a) Siswa mampu membandingkan, mendeskripsikan, dan menyelesaikan persoalan praktis meliputi:
– panjang dan tinggi (panjang/pendek, lebih panjang/lebih pendek, tinggi/rendah, dua kali ipat/separuh)
– massa dan berat benda (berat/ringan, lebih berat daripada, lebih ringan daripada)
– kapastas dan volume (penuh/kosong, lebih banyak, lebih sedikit, setengah, setengah penuh, seperempat)
– waktu (lebih cepat, lebih lambat, lebih awal, lebih akhir)

b) Menghitung/mengukur dan mulai mencatat berikut ini:
– panjang dan tinggi
– massa/berat
– kapasitas dan volume
– waktu (jam, menit, detik)

c) Mengenali dan nilai uang yang berbeda antara uang koin dan uang kertas.
d) Merangkai kejadian secara kronologis berurutan dengan menggunakan bahasa (sebelum, setelah, kemudian, pertama, hari ini, kemarin, besok, pagi, siang, malam.
e) Mengenali dan menggunakan bahasa berhubungan dengan tanggal, termasuk hari, pekan, bulan, dan tahun.
f) Mengatakan waktu dalam jam dan menit setiap 30 menit  (hour and half past hour) dan mampu menggambar jarum jam yang menunjukkan waktu-waktu tersebut.

5) Geometri– Bentuk dan bangun ruang (properties of shapes)
Siswa memahami bentuk-bentuk 2-dimensi dan 3-dimensi yang umum termasuk:
– Bentuk 2-dimensi (persegi empat, bujursangkar, lingkaran, dan segitiga)
– Bentuk 3-dimensi (kubus, balok, piramid, dan bola)

6) Geomeri– Letak dan arah (Position and direction)
Siswa mampu mendeskripsikan posisi, arah, dan gerakan yang melibatkan : seluruh (whole), separuh (half), seperempat, dan tiga-perempat.

Colchester, 17 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Target matematika Year 1/TK umur 5-6 tahun di Inggris (ODOP Day 39 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s