Target kemampuan menulis Year 1/TK umur 5-6 tahun (bagian 2 dari 2) (ODOP 38 of 99)

year 1 writing targetts

Pemerintah Inggris menargetkan mayoritas siswa di akhir pendidikan Year 1 (TK usia 5-6 tahun) menguasai keterampilan literasi berikut ini.

Kemampuan Mengeja (Spelling)
1. Siswa mampu mengeja dengan benar:
– kata-kata yang mengandung 40+ fonik yang sudah diajarkan (lihat ilustrasi fonik di bagian 1 dari 2)
– common exception words (lihat ilustrasi berikut ini)
– hari-hari dalam seminggu

common exception words 1

common exception words untuk Year 1 (usia 5-6 tahun)

2. Siswa mengetahui nama-nama huruf dalam alfabet:
– mampu membunyikan huru dalam alfabet secara berurutan
– mengenali dan menggunakan bentuk huruf untuk membedakan kata-kata yang kedengarannya sama (here dan hear, where dan wear (mengenakan))

3. Mampu menambahkan imbuhan (add prefixes and suffixes)
– memahami aturan dalam menggunakan imbuhan -s atau -es untuk menunjukkan sesuatu adalah lebih dari satu.
– menggunakan imbuhan un-
– menggunakan imbuhan -ing, -ed -er, dan -est pada kata-kata yang kata dasarnya tidak menalami perubahan ketika diberi imbuhan (contoh: helping, helped, helper, eating, quicker quickest)

4. Mampu mengingat dan menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru, kalimat mengandung grapheme-phoneme correspondence (GPC) dan common exception words yang telah diajarkan.

Keterampilan Menulis (Handwriting)
1. Siswa mampu duduk dengan benar di bangkunya, memegang pensil dengan posisi benar dan nyaman.
2. Siswa mulai menulis huruf-huru kecil dengan arah goresan yang benar, memulai dan mengakhiri tulisan di posisi yang benar.
3. Menulis huruf besar.
4. Menulis angka 0-9.
5. Memahami huruf-huruf dalam tulisan mengikuti kelompok yang mana dan mempraktekkan pemahaman ini dalam menulis.

Catatan pribadi:
Dalam pelajaran dasar menulis huruf kecil dan angka, huruf dan angka dikelompokkan menjadi 4 ‘keluarga’ (handwriting ‘families’)
Pertama, huruf dan angka yang memerlukan keterampilan menggores lurus tegak ke bawah (huruf i, j, l, t, u)
Kedua, huruf dan angka yang memerlukan keterampilan menggores berputar searah jarum jam (huruf b, h, k, m, n, p, r; angka 2, 3, 5)
Huruf k dimasukkan di sini karena penulisannya ‘dibundel’ menyerupai pita (lihat ilustrasi)

k bundel
Ketiga, huruf dan angka yang memerlukan keterampilan menggores berlawanan arah jarum jam (huruf c, a, d, e, g, o, q, f, s; dan angka 0, 6, 8, 9)
Keempat, huruf yang memerlukan keterampilan menggores secara zigzag (huruf v, w, x, z; dan angka 1, 4, 7).

Keterampilan Mengarang (Composition)
1. Siswa mampu menulis kalimat dengan cara:
– mengucapkan keras-keras apa (ide pokok) yang akan ditulis
– merangkai kalimat dengan mengucapkannya sebelum menuliskannya
– memotong-motong untuk membuat pembuka, isi, dan penutup untuk membuat karangan pendek (lihat ilustrasi di bawah)
– membaca ulang yang telah ditulis untuk memeriksa apakah karangannya masuk akal atau tidak (to check that it makes sense)

sequence

sequencing

2. Siswa mendiskusikan yang ditulisnya dengan guru atau siswa lain
3. Membaca karangannya dengan suara keras dan jelas sehingga bisa didengarkan oleh teman-teman dan gurunya.

Keterampilan kekayaan kosakata, struktur kata dan kalimat, dan tanda baca (Vocabulary, grammar, and punctuation)
– memberi spasi antar kata.
– menggabung kata-kata yang harus digabung (misal: somewhere) dan menggabungkan dua anak kalimat dengan menggunakan kata ‘dan’.
– mulai menggunakan tanda baca; huruf besar, titik berhenti (full stop), tanda tanya, atau tanda seru.
– menggunakan huruf besar dalam menulis nama orang, tempat, hari, dan kata ganti orang pertama aku/saya (I)

Colchester, 17 Februari 2016

 

Advertisements

One thought on “Target kemampuan menulis Year 1/TK umur 5-6 tahun (bagian 2 dari 2) (ODOP 38 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s