Kurikulum Bahasa Inggris Year 1/TK 5-6 tahun (bagian 1 dari 2) (ODOP Day 37 of 99)

phoneme_chart

phonic chart

Target kemampuan membaca kata (Reading)

  • Mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan membaca kata per suku kata.
  • Memberikan respon cepat dengan pelafalan yang benar (baik melafalkan bunyi huruf maupun membunyikan huruf gabungan semacam ‘ch’, ‘sh’) pada 40+ fonem yang wajib diketahui (lihat contoh pada ilustrasi)
  • Mampu membaca secara akurat dengan meleburkan suara pada kata-kata tertentu yang mengandung grapheme-phonems correspondence (GPC) (lihat gambar di bawah)

phonems

  • Mampu membaca kata-kata khusus yang famiiar, mengetahui kaitan antara ejaan dan bunyi dan posisi bunyi pada huruf yang dibaca
  • Mampu membaca kata-kata yang mengandung GPS dan akhiran -s, -es, -ing, -ed, -er, dan -est.
  • Mampu membaca kata yang terdiri atas lebih dari 1 suku kata.
  • Mampu membaca kata dengan contraction (misalnya I’m, I’ll, we’ll) dan memahami bahwa apostrophe (koma di atas) menunjukkan penyingkatan kata(-kata).
  • Mampu membaca secara akurat dengan keras (read aloud) buku-buku yang mengandung fonik pada tingkat ini dan yang mengandung kata-kata yang tidak memerlukan strategi lain untuk membacanya
  • Mampu membaca ulang buku-buku ini untuk membangun kefasihan dan percaya diri siswa dalam membaca kata-kata.

Kemampuan dalam memahami bacaan (comprehension)

  • Siswa mengembangkan sikap gemar membaca, memiliki motivasi untuk membaca, menyukai kata-kata dan mengembangkan kemampuan memahami melalui kegiatan menyimak dan mendiskusikan beragam jenis bacaan; puisi, cerita fiksi dan nonfiksi pada tingkat di mana siswa memiliki kemampuan membaca buku-uku ini secara mandiri.
  • Siswa terdorong untuk menghubungkan yang mereka baca atau dengar dengan pengalaman probadinya.
  • Semakin mengenal kisah-kisah penting yang sering diceritakan, misalnya cerita rakyat, mampu menceritakan kembali
  • Mampu mengenali dan menebak frasa yang sering diulang dalam cerita.
  • Belajar menghargai rima dan puisi, dan menghafal beberapa di antaranya.
  • Mendiskusikan makna kata-kata, menghubungkan makna baru kepada makna yang telah diketahui sebelumnya (jika ternyata 1 kata memiliki lebih dari 1 makna)
  • Mampu memahami buku pernah mereka baca secara akurat, juga buku yang dibacakan kepada mereka.
  • Setelah menerima sejumlah informasi dan kosakata yang diberikan oleh guru, mampu menggambarkan pemahaman mereka terhadap informasi dan kata-kata tersebut dalam bentuk gambar.
  • Ketika membaca, memahami bahwa teks memiliki makna yang mereka pahami dan mampu mengoreksi secara mandiri kesalahan dalam membaca (pelafalan intonasi, dlsb).
  • Mendiskusikan judul dan kejadian yang penting dalam buku.
  • Membuat kesimpulan berdasarkan yang diucapkan dan dilakukan tokoh dalam cerita.
  • Memprediksi apa yang terjadi kemudian berdasarkan sejauh yang siswa baca.
  • Berpartisipasi dalam diskusi membincangkan buku yang dibacakan , mampu bergiliran berbicara menyampaikan pendapat dan menyimak pendapat siswa lain.
  • Mampu memberikan penjelasan apa yang yang mereka pahami dari buku yang dibacakan kepada mereka.

Colchester, 16 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Kurikulum Bahasa Inggris Year 1/TK 5-6 tahun (bagian 1 dari 2) (ODOP Day 37 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s