Target Seni dan Desain PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 7 dari 7) (Day 30 of 99)

autumn painting

Catatan dari ibu guru, “Dinara painted a picture of a tree in autumn.” 
(Dinara membuat lukisan pohon di musim gugur)

Berikut target kemampuan seni dan desain untuk PAUD usia 4-5 tahun di Inggris. Ditulis dengan anak sebagai subyek (menggunakan kata ganti ‘aku’)

7) Target pada seni dan desain (Expressive art and design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi dan memanfaatkan media serta bahan (Exploring and using media and materials)
– Aku memiliki lagu-lagu dan tarian-tarian favorit, dan jika engkau bertanya kepadaku, aku bisa menceritakannya kepadamu.
– Aku bisa menepuk, mengguncangkan, menggesek, dan memukul instrumen musik untuk membuat suara berbeda-beda
– Aku bisa mencampurkan warna-warna cat secara mandiri dengan menggunakan bubuk cat atau cat siap pakai.
– Aku bisa memilih benda-benda seperti kertas, kain wol, material, dan pita yang kuinginkan untuk membuat lukisan.
– Aku senang menggunakan barang dan benda yang berbeda-beda untuk membuat lukisan; misalnya cat, kertas, kain wol, dan berbagai material.
– Aku bisa memotong, menempel, dan melipat/menggulung benda-benda yang ingin kugunakan di dalam lukisanku.
– AKu bisa menggunakan mainan seperti block dan kotak kardus untuk membuat sesuatu yang kuinginkan.
– Aku mampu menggunakan alat ayng berbeda-beda seperti gunting, lem, selotip, pembolong kertas (hole punches) dan benang/tali untuk merekat/mengikat dan menyatukan beberapa benda bersamaan.
– Aku bisa memilih barang-barang yang ingin kugunakan untuk membuat sesuatu. Jika ideku ternyata tidak bekerja (tidak berjalan), aku bisa mencari barang lain, atau mengubah caraku mengerjakannya.

Cara membantuku belajar:
– Bermain drama berpura-pura memancing ikan di laut yang luas, atau berjalan-jalan di hutan yang penuh beraneka satwa buas.
– Menyanyi dan menari bersamaku diiringi musik kesukaanku.
– Memberiku tali, gunting, lem, selotip, dan kotak kardus, untuk kujadikan istana atau mobil.

Target pada kemampuan berimajinasi (Being imaginatif)
– Aku bisa berdandan berpura-pura atau menggunakan mainan orang-orangan atau mobil-mobilan untuk menjadi orang lain (guru, dokter, polisi, pembawa acara pengajian), berpura-pura berada di tempat lain, atau berpura-pura berada pada kesempatan istimewa misalnya perayaan hari raya atau resepsi pernikahan.
– Aku bisa menggerakkan lengan, kaki, dan tanganku untuk bergerak ke ara yang berbeda-beda dan berpura-pura menjadi sesuatu yang lain, misalnya monster atau beruang.
– Aku bisa memilih warna cat, kertas atau bahan yang kuinginkan untuk membuat sesuatu di dalam lukisanku, misalnya potongan kertas hijau untuk rumputnya.
– Saat aku berdandan bermain pura-pura, aku bisa menceritakan kepadamu sebuah kisah tentang apa yang kumainkan.
– Aku bisa bermain di sisi teman-temanku yang juga berdandan pura-pura sepertiku atau menggunakan mainan orang-orangan atau mobil-mobilan seperti yang sedang kulakukan.
– Aku bisa berdandan berpura-pura dan bermain dalam sebuah cerita bersama teman-temanku.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan menceritakan sebuah kisah tentang apa yang sedang kulakukan saat aku berpura-pura menjadi dokter atau superhero.

Catatan tambahan:
Karena Dinara senang menggambar dan melukis, untuk bidang seni, mayoritas laporan dari guru adalah ketika dia sedang melukis. Tetapi seni bukan hanya lukis.

Berikut ini saya mengambil contoh kegiatan untuk mengembangkan seni musik di PAUD Inggris. Kebetulan kelas Dinara juga menyelenggarakan aktivitas ini. Tapi gambarnya buram. Jadi saya ambil dari sekolah lain, Lakenham Primary School. (Lihat gambar, terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia terlampir)

Making a Music Tree in The Garden

We have been exploring our environment using our senses. We have used our listening ears to tune into the sounds around us. Today we made a music tree, working together to use tools for a purpose.

a music tree  a music tree1

Afterwards, we explored the different instruments discussing the different sounds, describing the noise they make and deciding if we like them or not.

Ryan said the saucepan lid was “loud”. Saharsh said it made “a bang”. Lacey-May preferred the “shaky” sounds the shakers made.

Terjemahan bebas:
Kami melakukan eksplorasi di sekeliling dengan menggunakan panca indera kami. Kami menggunakan telinga kami untuk mendengarkan bunyi-bunyian dan suara-suara di sekitar kami. Hari ini kami membuat pohon musik, kami bekerja sama untuk membuat alat tersebut.

Setekah jadi, kami mengekplorasi instrumen yang berbeda-beda dan mendiskusikan suara berbeda-beda yang ditimbulkan mendeskripsikan suara-suara yang kami buat dan memutuskan apakah kami menyukainya atau tidak.

Ryan mengatakan suara tutup panci ‘keras’. Saharsh mengatakan suaranya seperti ‘ledakan’. Lacey-May lebih menyukai suara gemerisik yang ditimbulkan oleh kericikan.

Colcester, 7 Februari 2016

2 thoughts on “Target Seni dan Desain PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 7 dari 7) (Day 30 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Autumn Painting (PAUD 4-5 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

