Target Ilmu Pengetahuan Alam PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 6 dari 7) (ODOP Day 29 of 99)

Laptop time

Laptop Time

Catatan dari ibu guru, “Dinara enjoyed having a go on the simple city game on the laptop. She was able to move the mouse around the screen to select the activity she wanted to go on.”

(Dinara senang bermain game the simple city di laptop. Dia mampu menggerakkan mouse mengelilingi layar untuk memilih aktivitas yang digunakannya dalam permainan)

Target pemerintah Inggris terhadap IPA untuk PAUD 4-5 tahun.

Ditulis dengan menggunakan kata ganti ‘aku’ (anak sebagai subyek).

6) Target pada pengetahuan alam (Understanding the world)
Target pada pemahaman terhadap orang dan komunitas (People and community)
– Aku senang terlibat dengan rutinitas keluarga seperti berbelanja, dan merayakan saat yang spesial bagi diriku dan keluarga, misalnya perayaan (ulang tahun, bagi yang merayakan).
– Aku memahami bahwa bisa jadi teman-temanku melakukan hal yang berbeda, misalnya memakan makanan yang berbeda di rumahnya, atau mungkin kami memiliki waktu spesial yang berbeda-beda, misalnya Eid (Hari Raya Id), Diwali, Paskah, Hanukkah, atau Tahun Baru Imlek.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membantu menemukan apa yang engkau perlukan ketika kita berbelanja di toko ata supermarket.
– Membuat pesta pura-pura untuk aku dan boneka-bonekaku.

Target pada pemahaman terhadap alam semesta (The world)
– Aku bisa bercerita tentang bagaimana sesuatu mirip atau berbeda antara satu dengan yang lain; misalnya bunga-bunga, atau bangunan-bangunan.
– Aku bisa menceritakan pola mayoritas yang kulihat di sekitarku, misalnya daun-daunan atau batu bata.
– Aku bisa bercerita bagaimana sesuatu berubah, misalnya dari biji (benih) tumbuh menjadi bunga matahari atau balok-balok es meleleh larut di dalam air (mencair).

Cara membantuku belajar:
– Membuat peta bersamaku untuk menyusun rute dari rumah ke sekolah.
– Di atas kertas yang besar menggambar jalan raya untuk mobil-mobilanku, atau lintasan untuk kereta apiku.
– Memberiku kesempatan membantu menyiram tanaman.
– Bersamaku, membuat es batu berwarna dan memberiku kesempatan untuk menggunakan es-es tersebut untuk melukis/mewarnai.

Target terhadap teknologi (Technology)
– Aku bisa menggunakan program untuk melukis di komputer atau tablet.
– Aku bisa menggunakan berbagai jenis piranti semacam mikroskop digital, kamera, atau mikrofon; dengan komputer.
– Aku mengajukan pertanyaan tentang bagaimana teknologi bekerja.
– Aku memahami bahwa sebuah komputer atau remote control mungkin perlu di-charge atau ada baterainya supaya bekerja.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan mendengarkan cerita atau musik dari radio, CD player, app (aplikasi) atau website.
– Memberiku kesempatan menggunakan kamera untuk mengambil gambar mainan favoritku, orang-orang dewasa yang kukenal, atau hal-hal menarik yang kudapati ketika berjalan-jalan.

Colchester, 6 Februari 2016

One thought on “Target Ilmu Pengetahuan Alam PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 6 dari 7) (ODOP Day 29 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

