Target kemampuan Matematika PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 5 dari 7) (ODOP Day 28 of 99)

Repeating pattern

Repeating Pattern (Membuat Pola)

Dinara was able to make a repeating pattern with 3 colours. Well done.

(Dinara membuat pola dengan 3 warna)

Pemerintah Inggris menargetkan sebagian besar anak berusia 4-5 tahun di Inggris menguasai kemampuan matematika sebagai berikut (ditulis dengan menggunakan ‘aku’ karena anak sebagai subyek).

Target pada kemampuan matematika (Matematics)
Target pada kemampuan mengenal angka (Numbers)
– Aku bisa mengenali angka-angka penting semacam umurku, nomor rumahku, atau nomor bis yang kunaiki untuk pergi ke sekolah
– Aku bisa mengenali angka 1 sampai dengan 5.
– Aku bisa menyentuh sesuatu dan mengucapkan angkanya secara bersamaan untuk membantuku menghitung benda-benda yang berjumlah sampai 3 atau 4.
– Aku bisa menghitung jumlah benda-benda yang ada di dalam ilustrasi sebuah buku.
– Aku bisa mencocokkan angka yang benar dengan jumlah kelompok benda yang benar, dimulai dari angka dan kelompok benda berjumlah 1 sampai angka dan kelompok  benda berjumlah 5; dan berlanjut sampai 10.
– Aku bisa menebak berapa jumlah benda yang kulihat di dalam keranjang dan kemudian menghitungnya untuk mengetahui seberapa dekat tebakanku dengan jumlah sesungguhnya.
– Aku bisa mengatakan kepadamu keranjang atau ember mana yang isinya ‘lebih banyak’ atau ‘lebih sedikit’.
– Aku bisa meletakkan dua keranjang berisi barang-barang di dalamnya dan mengatakan kepadamu berapa jumlah barang seluruhnya.
– Ketika engkau menyebutkan sebuah angka, aku mengetahui ‘satu angka yang lebih banyak/lebih besar’ dari yang kau sebutkan (angka 1-10)
– Kalau engkau memberiku sekelompok mainan, aku bisa menyebutkan angka yang ‘satu angka lebih besar/lebih banyak’ dan ‘satu angka lebih kecil/lebih sedikit’; dimulai dari kelompok benda berjumlah 1 sampai 5 (misal diacak 3, 2, 5, 4, 1), kemudian kelompok yang sampai 10).
– Aku bisa menggunakan kata-kata semacam ‘lebih banyak’, ‘ditambah’, ‘lebih sedikit’, dan ‘dikurangi/diambil’.
– Aku bisa menggunakan coretan dan gambar untuk menunjukkan hitunganku.
– Aku bisa menggunakan matematika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang menurutku penting, misalnya membagi kueku menjadi 2 bagian untuk aku dan temanku.

Cara membantuku belajar:
– Merencanakan piknik bersamaku, dan biarkan aku memutuskan berapa jumlah kue dan pisang (boleh buah lain) yang akan kita perlukan.
– Membuat angka dari kartu.
– Menggunting angka-angka dari majalah.
– Menyanyikan lagu-lagu yang menyebutkan angka.

Target pemahaman terhadap bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi), dan ukuran (Shapes, space, and measures)
– Aku mulai menggunakan kata-kata bentuk seperti ‘lingkaran’, ‘bujursangkar’, ‘kubus’, dan ‘silinder’.
– Ketika bermain aku menggunakan kata-kata semacam ‘di bawah’, ‘di  belakang’, ‘di atas’, atau ‘di dalam’ untuk menunjukkan posisi.
– Kalau engkau memberiku 2 buah benda, aku bisa mengatakan kepadamu mana yang ‘berat’ dan mana yang ‘ringan’.
– Ketika kita mengisi dan mengosongkan botol, aku bisa mengatakan kepadamu mana yang ‘penuh’ dan mana yang ‘kosong’.
– Aku bisa membuat pola dengan blok-blok mainan atau kancing baju.
– Aku mulai menggunakan kata-kata ‘uang’, ‘pound’ dan ‘pence’ ketika bermain toko-tokoan (versi uang Inggris)
– Aku tahu urutan memakai baju.
– Aku bisa mengatakan kepadamu hari ini hari apa.
– Aku bisa menceritakan kepadamu apa yang terjadi kemarin, dan apa yang akan terjadi besok.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan mengurutkan pasangan sepatu dari yang kecil hingga yang besar.
– Memberiku kesempatan menyusun pola dengan kancing baju seperti ‘besar, kecil, besar, kecil’.
– Memberiku kesempatan memberikan perintah kepadamu semacam, “Cari harta karunnya di bawah selimut’, atau ‘Masuk ke dalam gua’, dan ‘Lihat ke belakang kursi’.

Catatan pribadi:
Ketika membaca laporan dari gurunya bahwa Dinara diminta membuat pola dengan mainan beruang 3 warna, saya tidak memahami maksudnya. Setelah saya tanyakan ke suami, dijelaskan bahwa, “Karena matematika itu tentang memahami pola.”
Jadi, selama 25 tahun-an, pemahaman saya terhadap matematika, keliru. Saya selalu berpikir matematika adalah tentang menemukan nilai ‘x’, alias menemukan nilai/jawaban berupa angka. Ternyata, sebetulnya matematika itu adalah tentang memahami pola.

Colchester, 5 Februari 2016

One thought on “Target kemampuan Matematika PAUD 4-5 tahun di Inggris (bagian 5 dari 7) (ODOP Day 28 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

