Target Membaca-Menulis untuk PAUD 4-5 tahun di Inggris (Bagian 4 dari 7) (ODOP Day 26 of 99)

writing1

3) Target pada kemampuan literasi (Literacy)
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku bisa mengatakan banyak kata-kata sederhana yang memiliki rima sama, misalnya kata-kata yang berima sama seperti ‘hat’ (Mungkin contoh dalam bahasa Indonesia adalah: aku, kuku, buku, duku, ibu; ini Budi)
– Aku bisa mengucapkan huruf-huruf pembentuk kata, misalnya pada kata ‘cat’ (kucing). Ketika engkau mengeja ‘c-a-t’ aku bisa menirukan dan bisa menggabungkannya dalam satu kata. Aku bisa menuliskan setiap huruf yang kuperlukan ketika menulis sebuah kata.
– Aku bisa membaca kalimat sederhana yang mengandung kata ‘the’ atau ‘and’, dan kata-kata yang hurufnya bisa kuucapkan seperti ‘hat’ atau ‘dog’.
– Aku menggunakan cerita favoritku untuk membantuku mengarang kisahku sendiri saat bermain dengan mainan atau bermain dengan binatang peliharaan.
– Bersamamu, aku senang membaca berbagai jenis buku seperti komik, buku cerita, buku syair dan pantun, puisi, buku nonfiksi, dan majalah.
– Ketika tertarik dengan suatu hal aku bisa mencari informasi lebih banyak di buku atau websites.

Cara membantuku belajar:
– Aku masih tetap senang dibacakan buku atau membaca bersamamu.
– Beri aku kesempatan untuk membacakan buku untukmu dan menanyaimu hal-hal yang menarik terkait cerita di dalam buku.
– Membuat panggung boneka dari kardus dan boneka jari, dari potongan gambar komik, atau foto dar website, untuk membantuku mengarang sebuah cerita baru.
– Membuat games atau bermain games denganku yang melibatkan perainan huruf atau kata-kata.
– Bermain bersamaku yang melibatkan pemberian instruksi/perintah semacam, “Ayo melompat! Lom-pat!” atau “Ayo berputar! Pu-tar!” dan aku menirukan kata-kata yang kau ulang-ulang dan bisa melakukan kegiatan yang kau maksudkan.
– Aku punya buku-buku favorit, bertanyalah kepadaku tentang isi buku-buku itu.

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Aku bisa menceritakan makna coretan, bentuk, huruf, dan gambar yang kubuat.
– Aku memahami bahwa jika aku mengucapkan sebuah kata, engkau bisa menuliskan kata tersebut; dan aku memahami bahwa huruf-huruf yang engkau susun/tulis, membuat kata yang aku sebutkan.
– Aku bisa mengeja huruf dalam kata-kata pendek semacam ‘dog’. Ketika engkau mengeja d-o-g aku bisa menggabungkannya dan menyebutkannya menjadi sebuah kata.
– Aku bisa mengatakan nama-nama huruf dalam alfabet, dan bisa mengucapkan bunyinya (huruf Z bunyinya zzzz….)
– Aku mulai menggunakan huruf-huru di dalam tulisanku. Kadang-kadang aku bisa menuliskan kata dengan benar sesuai bunyinya (Umur 4 Dinara menulis ‘because’ sebagai ‘bicose’ dan sampai sekarang umur 5 di masih menulis ‘heathy’ dan ‘sandwichs’).
– Aku bisa menuliskan namaku.
– AKu bisa menulis label untuk barang-barang yang kujual ketika bermain toko-tokoan.
– Aku bisa menulis kalimat singkat, semacam ‘my big car’ untuk menceritakan bahwa kardus besar itu adalah mobil besar.
– Aku mencoba menulis kalimat-kalimat sederhana ketika membuat buku (berisi fotoku) tentang diriku sendiri, misalnya kalimat ‘I can jump).

Cara membantuku belajar:
– Bermain toko-tokoan, berpura-pura sebagai pembeli dan aku sebagai penjual, beri aku kesempatan untuk menulis harga barang-barang yang kujual.
– Membuat plat mobil untuk mobil-mobilanku.
– Membuat buku yang berisi gambar foto-foto keluarga, atau foto ketika kita pergi ke suatu tempat yang menarik, dan beri aku kesempatan untuk menuliskan kata-kataku sendiri di buku tersebut.

Catatan:
Berikut ini sebagian catatan dari guru tentang perkembangan menulis Dinara. Saya cuma ambil 4 gambar supaya tidak terlalu panjang.

writing4writing3writing2writing1

Catatan ibu guru untuk foto pertama, “Dinara wrote these words on her own. She had the digraphs ch, sh and qu to look at to help her. Well done! I reminded her to look carefully at the qu sound. Maybe you could practice this at home Dinara? Next steps- to write simple sentences like ‘the big ship’.” (Dinara menulis kata-kata ini secara mandiri. Dia menggunakan pengetahuan tentang digraphs ch, sh, dan qu untuk membantunya. Saya mengingatkannya untuk sangat berhati-hati pada kata dan bunyi qu. Mungkin kamu bisa mempraktekkan ini di rumah, Dinara? Langkah berikutnya adalah menulis kalimat sederhana semacam ‘the big ship’)

Catatan ibu guru pada foto kedua, “Dinara and myself drew around each other’s hands, Dinara decided to write her name in hers and she had a very good go at my name.” (Dinara dan saya (Miss Moss) menggambar telapak tangan masing-masing, Dinara menuliskan namanya di gambar tangannya dan dia bisa menulis nama saya dengan sangat baik).

Catatan pada foto ketiga, “Dinara has written her name I then modelled forming the letter ‘a, n,r’ correctly by showing Dinara were to start the letters and how to keep the pencil on the paper. Dinara then had a go at forming the letter.” (Dinara menuliskan namanya, lantas saya memberikan contoh membuat huruf ‘a’, ‘n’, ‘r’ secara benar dengan cara menunjukan kepada Dinara cara menulisnya dan bagaimana meletakkan pensil di atas kertas. Kemudian Dinara menulis secara mandiri.)

Catatan dari guru, “Dinara completed a challenge in today’s letters & sounds session to write a sentence using an ‘er’ word. ‘I can see a tern’. We talked about a tern being a type of bird. Well done Dinara 😀 Beautiful letter formation Dinara! Next step: Independent sentence writing.” (Dinara merampungkan tantangan menulis hari ini yakni menulis kalimat dengan menggunakan kata ‘er’. Ia menulis I can see a tern. Kami berbicara tentang jenis-jenis burung. Langkah berikutnya: Menulis kalimat secara mandiri.)

Colchester, 3 Februari 2016

One thought on “Target Membaca-Menulis untuk PAUD 4-5 tahun di Inggris (Bagian 4 dari 7) (ODOP Day 26 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

