Target kurikulum Inggris untuk PAUD 4-5 tahun (Bagian 3 dari 7) (ODOP Day 25 of 99)

dinara dan abah2dinara dan abah1

Dua contoh kegiatan di PAUD krucils (kelas Reception, usia 4-5 tahun) di antaranya adalah mengundang orang tua siswa (boleh bapak atau ibu) untuk makan siang bersama siswa, dan mengundang ayah (boleh paman, kakek, atau kerabat laki-laki lainnya) untuk membuat prakarya bersama siswa.

Catatan dari ibu guru untuk kegiatan pertama, “Dinara enjoyed staying for lunch with her dad on Friday.” (Dinara menikmati makan siang bersama ayahnya di hari Jumat).
Catatan untuk kegiatan kedua “Dinara loved having her Dad in school!! Thank you for coming! We hope you enjoyed it!!!” (Dinara senang sekali ayahnya hadir di sekolah!! Terima kasih karena bersedia datang! Kami berharap Anda juga menikmatinya!!!)

Balasan dari bapaknya Dinara, “I enjoyed it very much! Thank you for organising it!” 

***

Bagian ke-3 dari kurikulum PAUD untuk usia 4-5 tahun di Inggris.

3) Target pada perkembangan individu, sosial, dan emosional (Personal, social, and emotional development)
Target pada kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain (Making relationship)
– Aku senang berbicara kepada teman-temanku dan kepada orang-orang dewasa dan menceritakan kepada mereka tentang apa yang kuketaui terkait hal yang sedang mereka perbncangkan.
– Aku bisa mengatakan kepadamu tentang mainan/permainan kesukaanku atau aktivitas yang aku senang melakukannya. Aku bertanya kepada orang-orang dewasa di sekitarku dan juga kepada teman-temanku untuk mengcari inormasi lebih banyak terkait hal-hal yang kusukai.
– Aku bisa membantu teman-temanku untuk saling berteman kembali ketika mereka bertengkar dan saling marah antara satu dengan yang lain

Cara membantuku belajar:
– Ketika pergi ke suatu tempat, tanyakan kepadaku apa saja yang bisa kita lakukan di tempat tersebut, atau jika pergi ke taman (atau sawah, kebun, ladang) bertanyalah kepadaku tentang apa saja tumbuhan yang kulihat di sana.

Target pada kepercayaan diri dan kesadaran diri (Self-confidence and self-awareness)
– Aku bisa mengatakan kepada teman-temanku dan kepada orang dewasa tentang apa yang kubutuhkan, yang kuinginkan, yang senang kukerjakan, hal-hal yang kusukai, dan yang tidak kusukai.
– Aku bisa bercerita kepadamu tentang kegiatan apa yang kusukai dan hal apa yang bisa kulakukan dengan baik; misanya menggambar atau berlari.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membuat sesuatu, dan biarkan aku mengatakan kepadamu bagaimana engkau bisa membantuku.

Target pada kemampuan mengelola perasaan dan perilaku (Managing feeling and behaviour)
– Aku mengetahui bahwa jika aku mengambil mainan temanku, atau berteriak kepada mereka, mereka bisa menjadi sedih atau marah.
– Ketika aku menyebabkan temanku sedih atau marah, aku mungkin jadi ikut sedih, atau mungkin aku akan memeluknya supaya ia tidak sedih.
– Aku tahu apa yang sebaiknya kulakukan untuk membantu diriku dan teman-temanku berbagi barang-barang, menjaga keamanan, dan sama-sama gembira semuanya.
– Aku mulai belajar untuk mengungkapkan kepada teman-temanku bagaimana cara mereka membantuku agar aku tidak sedih atau marah jika ada yang mengambil mainanku.

Cara membantuku belajar:
–  Berceritalah kepadaku bagaimana cara menjaga keselamatan diri ketika berada di jalan, ketika menyeberangi jaan di traffic light atau zebra cross.

Colchester, 2 Februari 2016

One thought on “Target kurikulum Inggris untuk PAUD 4-5 tahun (Bagian 3 dari 7) (ODOP Day 25 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

