Target kurikulum Inggris untuk PAUD 4-5 tahun (Bagian 2 dari 7) (ODOP Day 24 of 99)

balance4

Catatan dari ibu guru, “Dinara is taking part in some balance ability activities. First, she took part in a warm up, then we did a bench game where Dinara had to sit on the bench and pick up a bean bag from one side of the bench and put it down on the other side- Dinara was able to do this. Then Dinara had a turn at walk the plank, where she had to balance along a beam- Dinara did really well with this. After that she had a turn on the balance bike. Dinara was able to move along on the bike and then she had a go at glider rider where she had to lift her feet off the ground and see how far she could glide. Dinara tried really hard at this, but did not quite manage it today, so we will keep working on this. Well done Dinara!”

Terjemahan bahasa Indonesianya kira-kira begini (biar jelas sambil lihat fotonya),

“Dinara ambil bagian dalam aktivitas melatih keseimbangan diri. Mula-mula ia melakukan pemanasan, kemudian ia harus duduk di atas papan keseimbangan dan meraih satu bean bag (bantal-bantalan kecil) di salah satu sisi, untuk diletakkan di sisi yang berlawanan. Dinara mampu melakukan ini.

balance1balance2balance3balance4

Kemudian Dinara harus berjalan melintasi papan keseimbangan. Dinara melakukannya dengan sangat baik. Setelah itu ia harus naik sepeda. Kemudian naik glider rider (saya juga nggak tahu apa ini glider rider).

Di glider rider ia harus mengangkat kedua kakinya dari atas tanah dan meluncur. Dinara berusaha dengan sangat keras, namun hari ini belum berhasil. Sehinga kami akan tetap berusaha memperbaiki di kemampuan ini.”

***

Berikut ini kemampuan motorik kasar dan halus yang ditargetkan oleh pemerintah Inggris untuk dikuasai anak berusia 4-5 tahun. Bagaimana jika siswi berhijab sempurna (mengenakan kerudung dan gaun longgar sepanjang mata kaki), apakah bisa melakukan gerakan-gerakan semacam ini? Allahua’lam. Mungkin teman-teman yang anaknya sekolah PAUD di Brunei Darussalam, Malaysia, dan dunia Arab, barangkali bisa ikut berbagi informasi. Berikut ini sekadar gambaran target perkembangan fisik untuk PAUD di Inggris.

2) Target pada perkembangan fisik (Physical development)
Target pada kemampuan bergerak dan mengendali (Handling and moving)
– Aku senang bergerak ke arah yang berbeda-beda, misalnya berlari, lompat tali, melompat-lompat dengan dua kaki, meloncat dengan satu kaki, atau berguling-guling.
– Aku bisa meloncat dengan bertumpu pada satu kaki dan mendarat dengan kedua kaki.
– Ketika bermain kejar-kejaran atau balap lari, aku bisa memperlambat kecepatan dan mengubah arah lajuku berlari, dan bisa berhenti tanpa menabrak teman-temanku atau benda lain.
– Aku bisa menggerakkan kakiku, punggungku, dan perutku, untuk bergerak merayap naik, bergerak merayap di atas lantai, melewati atau melintasi sepanjang terowongan, memanjat dinding bersekat atau menaiki tangga.
– Aku bisa mendorong, menepuk (pat the ball gimana bahasa Indonesianya?), melempar, menangkap, atau menendang sesuatu; seperti bola yang besar, sebuah balon, atau potongan-potongan kain perca.
– Aku bisa menggunakan gunting untuk memotong kertas atau cutter untuk membuat bentuk dari plastisin (playdough)
– Aku bisa menggunakan gunting, kuas lukis, pena, palu, atau blok-blok mainan untuk mengkreasi apa yang kuinginkan (contoh palu dan gergaji yang digunakan lihat gambar ilustrasi berikut ini)

hand saw
– Aku memilih menggunakan tangan kanan ATAU tangan kiri lebih banyak untuk memegang benda-benda semacam pena, pensil, kuas, atau gunting.
– Ketika menggunakan pena, pensil, atau kuas, aku mulai mampu membuat gerakan melingkar berlawanan arah jarum jam dan membuat garis yang turun naik, dan garis yang naik turun.
– Aku bisa menulis huruf yang sudah mulai bisa dikenali bentuknya. Huruf-huruf yang kutulis seringkali masih campur-campur antara huruf besar dan huruf kecil.
– Aku bisa memegang pena ataupensil dan menggunakannya untuk menulis huruf yang (bentuk coretannya sudah) bisa kaukenali. Ketika menulis huruf-huruf, biasanya aku akan memulai (meletakkan ujung pensil) di tempat yang benar dan berakhir di posisi yang benar.

Cara membantuku belajar:
– Bermain bersamaku; main basketball, sepak bola, atau melemparkan bola ke dalam kotak atau mangkok.
– Memberiku kesempatan untuk merangkai/meronce botol plastik yang dilubangi kedua ujungnya dengan tali panjang atau tali sepatu.

Target pada kesehatan dan perawatan diri (Health and self-care)
– Aku senang memakan berbagai jenis buah dan sayuran
– Aku bisa pergi ke toilet secara mandiri.
– Aku bisa mengatakan kepadamu cara menjaga kesehatan, misalnya mencuci tangan sebelum makan, minum air putih (dan bukannya coca cola, sprite, jus pabrikan, dan teman-temannya–fira) ketika haus, banyak makan buah dan sayur, serta sering berlari dan melompat.
– Aku bisa menunjukkan kepadamu bagaimana aku memegang gunting, palu dan gergaji secara aman agar tidak melukai diriku dan teman-temanku.
– Aku bisa merapikan mainan-mainanku sehingga aku tidak terpeleset olehnya dan melukai diriku sendiri.
– Aku mampu menggunakan benda-benda semacam gunting, palu dan gergaji, tanpa bantuan orang dewasa.

Cara membantuku belajar:
– Membuat kebab buah-buahan atau wajah orang dari sayur-sayuran untuk membantuku mencoba berbagai jenis buah dan sayur.
– Menari bersamaku ketika mendengar lagu favorit kita.

Colchester, 1 Februari 2016

 

2 thoughts on “Target kurikulum Inggris untuk PAUD 4-5 tahun (Bagian 2 dari 7) (ODOP Day 24 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: On the logs (PAUD 4-5 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

