Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 7 dari 7) (ODOP Day 19 of 99)

Make up stories

Making Stories with Bears (Membuat Cerita bersama Beruang)
Catatan ibu guru: Dara collects a range of teddies and carries them off to an area she has chosen to play in. Dara talks really quietly in her play, making up stories with the bears, she is very focused on her game and doesn’t become distracted. (Dara memilih beberapa boneka beruang dan membawanya ke area bermain. Dalam bermain, Dara berbicara pelan sekali, membuat cerita bersama beruang-beruangnya, sangat fokus dalam permainan, dan tidak teralihkan perhatiannya.)

***

7) Target pada kemampuan seni dan desain (Expressive arts and design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi dan memanfaatkan media dan bahan (Exploring and using media and materials)
– Aku senang bergabung dengan kelompok untuk menari atau bermain dalam lingkaran (ring games)
– Aku bisa menyanyikan lagu-lagu yang biasa kudengar
– Aku mulai belajar menggerakkan tubuh seiring irama lagu, terutama jika mendengar musik yg kusukai
– Aku bisa mengetuk sesuai irama musik yang sederhana, terutama untuk lagu dan irama yang kusukai
– Aku bisa membuat banyak suara dengan berbagai macam benda, misalnya memukulkan sendok ke piring atau meletuskan bubble wrap (lihat gambar ilustrasi)
– Aku bisa mencampurkan cat untuk membentuk warna baru
– Aku mengetahui bahwa aku bisa menghubungkan antar garis di atas kertas untuk memmbentuk bentuk, dan aku bisa menggunakan bentuk ini untuk membuat sesuatu yang kuketahui, misalnya wajah atau sebuah pintu
– Aku bisa mencari tahu lebih jauh dan berbicara lebih banyak tentang benda-benda yang sifatnya berbeda-beda, misalnya kain selimut yang lembut atau panci yang mengkilap
– Aku bisa menggunakan mainan balok-balok kayu atau lego dan kardus kosong untuk membuat sesuatu
– Aku bisa membuat garis lurus dari tumpukan balok kayu, menghubungkan satu dengan yang lain untuk membuat sesuatu, misalnya rumah atau mobil-mobilan
– Aku mengetahui bagaimana cara memegang gunting, sendok, atau palu mainan, dan tahu kapan dan bagaimana menggunakannya

Cara membantuku belajar
– Memberiku kesempatan mencampurkan cat beraneka warna untuk mengkreasi warnaku sendiri

Target pada kemampuan imjinasi (Being imaginative)
– Aku mulai menyukai suatu hal lebih dari yang lain; misalnya kadang-kadang aku lebih suka menggambar dan mewarnai daripada menyanyi dan menari.
-Ketika gembira atau bersemangat, aku bisa bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Saat mendengar musik, kadang-kadang aku melompat dan menari-nari
– Aku menyanyi untuk diriku sendiri dan aku bisa mengganti lagu yang kuketahui dengan lagu yang irama dan syairnya buatanku sendiri
– Aku memperhatikan apa-apa yang kau kerjakan, misalnya memasak dan membersihkan rumah; dan aku berpura-pura melakukan hal yang sama
– Kalau ada hal istimewa terjadi dan itu menyenangkan, aku bermain berpura-pura itu terjadi; misalnya menyuapi bayi atau belajar berenang untuk pertama kali
– Ketika bermain dengan mainan-mainanku, aku bisa mengarang cerita semacam pahlawan (superhero) yang menyelamatkan orang dari puncak gedung, atau membuat kisah binatang yang sedang memakan rumput.
– Aku menggunakan benda-benda biasa untuk berpura-pura menjadi sesuatu yang lain, misalnya memasak mainan balok-balok kayu (menganggap balok kayu sebagai makanan)
– Saat kita melakukan hal yang sangat istimewa, aku suka menggambarkannya atau melukiskannya, atau membuat tarian tentangnya, atau membuat musik/lagu tentang hal itu

Cara membantuku belajar
– Membantuku membuat cerita dengan menggunakan mainan-mainanku.
– Memberiku bahan untuk membuat sayap-sayapan atau kardus besar untuk roket/pesawat luar angkasa, ketika aku sedang bermain berpura-pura menjadi astronot yang sedang bertualang.

Colchester, 27 Januari 2016

3 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 7 dari 7) (ODOP Day 19 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Making Stories with Bears (PAUD 3-4 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

  3. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

