Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 6 dari 7) (ODOP Day 18 of 99)

Small people

Small World People (Orang-orangan kecil)

Catatan dari guru, “Dara is playing with a selection of small world people, she picks up two girl figures and says, ‘They are sisters.'” (Dara sedang bermain dengan boneka orang-orangan, dia mengambil dua boneka anak perempun dan mengatakan, ‘Mereka saudari…’)

***

6) Target terhadap pengetahuan alam (Understanding the World)
Target terhadap pemahaman akan orang dan komunitas (People and community)
– Aku tertarik kepada orang-orang dewasa yang kukenal dan berbicara tentang mereka, misalnya tentang di mana mereka tinggal dan apa pekerjaan mereka
– Aku bisa mengingat waktu-waktu yang istimewa dan membicarakan hal teresbut, misalnya hari pertama aku mendapat hadiah sepeda roda tiga
– Aku bisa berbicara tentang orang dan waktu yang spesial untuk aku, dan keluargaku, dan teman-temanku, semacam, “Pergi ke kota melihat perayaan, ada banyak orang dan ramai dan ada kembang api besar sekali…”
– Aku tertarik dengan pekerjaan orang dewasa yang berbeda-beda, misalnya pemadam kebakaran dan dokter
– Aku tahu bahwa aku ‘spesial’, bahwa ada persamaan dan perbedaan antara aku dan teman-temanku. Mungkin aku mengatakan, “Aku tidak suka makan daging,” dan, “Aku dan teman-temanku pergi ke kolam renang yang sama.”

Cara membantuku belajar
– Mengajak aku ke tempat/lokasi yang berbeda-beda di sekitar tempat tinggal kita, misalnya ke pasar dan toko buku.

Target terhadap pemahaman akan semesta (The world)
– Aku bisa berbicara tentang rumahku dan tempat-tempat yang kuketahui, misalnya ke taman bermain, ke toko, dan ke perpustakaan. Kadang-kadang aku bertanya tentang binatang dan pohon yang kulihat.
– Aku bisa berbicara tentang tanaman dan binatang yang menarik perhatinku misalnya kucing peliharaan dan pohon yang sangat tinggi.
– Aku berbicara tentang mengapa sesuatu terjadi dan ¬†bagaimana sesuatu bekerja, misalnya, “Ke mana perginya air bekas mandi setelah masuk lubang?”
– Aku mulai memperhatikan adanya perubahan di sekelilingku, misalnya pisang menjadi kecoklatan jika setelah dikupas dibiarkan terlalu lama, atau bunga di dalam pot mekar semakin besar
– Aku mengetahui bahwa kita harus berhati-hati terhadap tanaman dan binatang, dan mengingat bahwa kita tidak boleh memetik bunga atau mengusap punggung kucing dengan hati-hati

Cara membantuku belajar
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi lumpur, air hujan, atau salju.
– Menanam biji di pot atau di kebun bersamaku

Target terhadap teknologi
– Aku mengetahui bagaiman mengoperasikan peralatan sederhana. Aku bisa menyalakan DVD player dan menggunakan remote control
– Aku suka bermain dengan mainan yang memillilki tombol dan touch screen, dan real objects semacam kamera atau mobile phones
– Aku bisa membuat mainan bergerak, bersuara, atau mengeluarkan gambar dengan cara memencet tombol atau menyentuh layarnya
– Aku tahu bahwa aku bisa menemukan hal-hal menarik di komputer, mobile phone, atau tablet

Cara membantuku belajar
– Memberiku kesempatan menekan tombol, misalnya tombol lampu, kipas angin, atau bel pintu tumah di rumah teman; untuk melihat apa yang terjadi kemudian.

Colchester, 26 Januari 2016

3 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 6 dari 7) (ODOP Day 18 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Small World People (PAUD 3-4 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

  3. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

