Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 5 dari 7) (ODOP Day 17 of 99)

counting camels

Counting Camels (Menghitung Unta)
Catatan dari ibu guru, “Dara is able to select the amount of camels I asked for from the box. Dara counts each camel in turn before passing them to me, ‘Here are 4 camels.'” (Terjemahan bebasnya kira-kira, “Ketika saya meminta dalam jumlah tertentu, Dara bisa menyeleksi unta dalam jumlah tertentu dari satu set unta di dalam kotak. Dara menghitung unta-untanya satu persatu sebelum memberikannya kepada saya, ‘Ini 4 buah unta’.)

5) Target pada kemampuan matematika
Target pada kemampuan mengenal Angka/Nomor (Numbers)
– Ketika bermain, aku bisa menggunakan kata-kata yang menunjukkan kuantitas, misalnya ‘lebih banyak dari’ atau ‘lebih sedikit dari’.
– Aku memahami bahwa angka memberitahuku tentang berapa banyak jumlah sesuatu secara keseluruhan, misalnya ada 8 buah biskuit di atas sebuah piring.
– Aku menggunakan jari-jari tanganku, gambar, atau coretan-coretan untuk menunjukkan jumlah.
– Kadang-kadang aku bisa mencocokkan suatu angka/nomor dengan sesuatu yang lain, misalnya angka ‘3’ dan ‘3 buah bola’.
– Aku menunjukkan ketertarikan terhadap angka, bertanya, atau membicarakan hal itu denganmu.
– Aku memahami hal-hal yang sama secara jumlah, misalnya ada 2 buah kue, 1 untukku, dan 1 untukmu.
– Aku menunjukkan ketertarikan memanipulasi angka ketika bermain; misalnya membagi mainan 10 binatang dalam 2 kelompok atau 3 kelompok, dan memahami jumlah semuanya akan selalu tetap 10.
– Aku membicarakan angka yang kujumpai di luar ruangan.
– Aku menunjukkan ketertarikan membuat tanda/coretan dan mengatakan itu sebagai angka/nomor.
– Aku bisa menghitung jumlah tepuk tangan dan lompatan sebagaimana aku bisa menghitung buah apel, mobil-mobilan, atau bonekaku.

Cara membantuku belajar:
– Membuat garasi kereta api mainan (train shed) dengan nomor-nomor agar bisa menjodohkan kereta api dengan garasi yang benar sesuai nomornya
– Membuat pin bowling dari botol-botol plastik dan memberinya nomor. Tanyakan kepadaku botol dengan nomor berapa yang berhasil kujatuhkan dengan bola

train shed

Train Shed

Target pada kemampuan memahami bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi), dan ukuran (Shape, space, and measure)
– Aku suka membariskan atau memasukan barang ke tempatnya sesuai dengan bentuknya.
– Aku melihat banyak bentuk ketika berjalan-jalan di luar ruangan, misalnya jendela bujursangkar dan rambu-rambu lalu lintas berbentuk segitiga dan lingkaran
– Aku bisa menggunakan kata-kata semacam ‘di bawah’, dan ‘di sebelah’ untuk mendeskripsikan letak sebuah benda
– Aku memilih bermain dengan lego/balok kayu) yang berbeda-beda bentuknya dan berbicara denganmu tentang bangunan apa yang kubuat
– Ketika bermain puzzle, aku bisa berinisiatif mencari kepingan yang hilang dan mencocokkan dengan tempatnya untuk melihat apakah itu keping yang sesuai dengan tempatnya
– Aku mulai menggunakan kata-kata semacam ‘bundar’ dan ‘lurus’ ketika kita membicarakan bentuk-bentuk yang kulihat

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membuat bangunan dari kardus atau balok-balok kayu. Gunakanlah kata-kata semacam ‘panjang’ dan ‘tinggi’ untuk mendeskripsikan model yang kubuat
– Berjalan mengelilingi ruangan atau ke luar ruangan untuk menemukan benda-benda yang bentuknya sama semacam ‘lingkaran/bundar’ dan ‘bulat’

Colchester, 25 Januari 2016

3 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 5 dari 7) (ODOP Day 17 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Counting Camels (PAUD 3-4 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

  3. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

