Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 4 dari 7) (ODOP Day 15 of 99)

dara2

Dara (3 tahun 11 bulan). Catatan dari ibu gurunya, “Dara is looking at a nursery rhyme book she has found in the book box. She turns the pages carefully and looks at each page. Dara says to me, “Look, Mrs Hand it’s a twinkle twinkle star!” I ask Dara what she thinks the writing says and she points to the text and says, “It says ‘in the sky…'” then sings the nursery rhyme to herself.

***

4) Target literasi (Literacy)
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku suka menyanyikan lagu dan syair anak-anak
– Aku senang menyanyi bersama-sama dan bisa mengenali kalau dalam lagu atau syair selalu dimulai dan diikuti dengan kata dan kalimat yang sama
– Aku bisa bertepuktangan sesuai dengan bunyi pada suku kata, misalnya 2x tepuk untuk kata ‘ha-lo’.
– Ketika dibacakan secara berkelompok, aku bisa menyimak buku yang dibacakan dan mengikuti lagu yang dinyanyikan
– Aku bisa larut dalam cerita favoritku dan bisa menerka kelanjutan ceritanya
– Aku mengerti kalau cerita memiliki awalan dan akhiran, dan kadang-kadang aku bisa menebak bagaimana ceritanya akan berakhir.
– Aku bisa mendengarkan dan menyimak cerita yang lebih panjang dan membicarakannya
– Aku bisa berbicara tentang tempat dan orang-orang di dalam (buku) cerita dan hal yang menurutku terpenting yang terjadi di dalam cerita
– Aku suka melihat gambar dan kata-kata di dalam buku. Aku bisa menunjukkan kepadamu kata-kata tertentu ketika kita berada di luar rumah (misalnya: banyak berbicara tentana beraneka kendaraan seperti mobil, motor, bis, becak; pasar, toko, beli, belanja, masjid)
– Aku bisa mengenali namaku sendiri dan kata-kata yang menurutku penting misalnya kata ‘ibu’, dan toko-toko serta makanan-makanan kesukaanku
– Ketika membaca buku, aku memegang buku secara benar (tidak terbalik) dan bisa membalik halaman demi halaman secara hati-hati
– Aku memahami bahwa buku bisa menceritakan banyak hal kepadaku, misalnya tentang nama-nama kendaraan yang kusukai
– Aku mengerti bahwa kata-kata di dalam buku bermakna sesuatu untukku dan aku mengetahui di mana kata dimulai di setiap halaman buku (untuk huruf latin, kata dimulai dari kiri ke kanan dari atas ke bawah. Untuk huruf Arab, dari kanan ke kiri, atas ke bawah. Mungkin akan berbeda dengan huruf kanji dlsb)

Cara membantuku belajar:
– Membaca nama-nama dan kata-kata di berbagai tempat ketika sedang berada di luar rumah
– Memberiku kesempatan membaca buku secara mandiri dan membacakan buku untukmu
– Memberiku kesempatan memilih buku sendiri saat kita ke perpustakaan atau toko buku
– Bermain pura-pura menjadi pedagang dan pembeli di mana aku bisa membaca label pada bungkus makanan dan barang yang ‘dijual’
– Ketika memasak atau membuat kue yang sederhana, membacakan resepnya untukku
– Meminjam (atau memberli) buku atau mainan dan kita bersama-sama melakukan penyelidikan, membaca, dan merancang kisah kita sendiri

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Kadang-kadang aku bisa menceritakan makna dari gambar, lukisan, dan tulisanku
– Ketika melihat tulisanmu, aku bisa membacanya. Misalnya membaca daftar belanjaanmu yang bertuliskan ‘kacang panjang, kentang, dan es krim’
– Aku bisa membuat gambar garis dan coretan dengan menggunakan pensil
– Ketika engkau menuliskan namaku, aku bisa meniru menuliskan beberapa hurufnya di atas kertas

Cara membantuku belajar:
– Mengatakan kepadaku apa yang engkau tulis di dalam daftar belanjaanmu
– Membuat kartu karton bertuliskan namaku untuk ditempelkan di kamar tidurku, atau membuat tatakan dengan namaku tertulis di situ. Memberiku kesempatan menggunakan benda-benda tersebut untuk menulis namaku sendiri

Colchester, 23 Januari 2016

3 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 4 dari 7) (ODOP Day 15 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Nursery Rhymes Book (PAUD 3-4 tahun) – Rumah kecil di seberang universitas

  3. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

