Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 3 dari 7) (ODOP Day 14 of 99)

DSCF1738

Pemerintah Inggris menargetkan semua anak di Inggris berusia 30-50 bulan memiliki keterampilan yang dibagi dalam 2 area yakni area primer dan area spesifik. Area primer meliputi; 1) kemampuan dalam berkomunikasi dan berbahasa, 2) kemampun dalam perkembangan fisik, dan 3) kemampuan dalam perkembangan individu, sosial, dan emosional.
Sementara area spesifik terdiri atas: 4) kemampuan literasi, 5) matematika, 6) pengetahuan alam, dan 7) seni dan desain.

Ditulis dengan menggunakan anak sebagai subyek (kata ganti ‘aku)

Target dan struktur pengajaran untuk anak 30-50 bulan (3-4 tahun)

AREA PRIMER

1) Target pada kemampuan berkomunikasi dan berbahasa (Communication and language)

2) Target pada perkembangan fisik (Physycal Development)
Target pada kemampuan mengendalikan dan bergerak (Handling and moving)

3) Target pada perkembangan individu, sosial, dan emosional (Personal, Social, and Emotional Development)
Target pada kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain (Making Relationship)
– Aku bisa bermain dalam kelompok. Aku bisa mencari ide apa yang akan dimainkan dan permainan apa yang akan dikerjakan.
– Aku bisa mengajak temanku untuk bermain bersama.
– Aku bisa melihat apa yang dilakukan temanku dan bergabung secara mandiri tanpa dorongan orang lain.
– Aku mampu berkomunikasi dengan teman-teman sebaya dan dengan orang-orang dewasa yang kukenal.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membangun sesuatu bersama teman-temanku misalnya membuat bangunan dari kotak kardus atau membuat hiasan tempel dari potongan kain perca.

Target pada kepercayaan diri dan kesadaran diri (Self confidence and self awareness)
– Aku bisa memilih mainan yang ingin kumainkan dan aku memiliki keinginan apa yang ingin kulakukan dengan mainan tersebut, dengan bantuan orang dewasa.
– Aku memahami kadang temanku juga menginginkan mainan yang kupegang dan kami memerlukan bantuan orang dewasa agar kami bisa berbagi.
– Aku suka jika ada yang mengatakan, “Kamu hebat karena bisa menghabiskan semua makananmu,” atau “Terima kasih untuk bantuanmu membereskan mainan-mainan ini.”
– Aku bisa membantu hal yang sederhana, seperti menolong ibu membereskan belanjaannya, atau menyimpan kaos kaki bersih di lemari pakaianku.
– Aku mulai berani berbicara kepada orang asing, jika orangtuaku ada di dekatku. Aku mulai berani bergabung dengan orang lain dan mencoba hal-hal baru sepanjang orangtuaku ada di sana.
– Aku mulai bercerita tentang keluargaku ketika bermain dengan teman-temanku. Aku mulai bercerita tentang teman-temanku ketika sedang bersama keluargaku.
– Aku bisa meminta tolong kepada orang dewasa jika aku memerlukan bantuan.

Cara membantuku belajar:
–  Memberiku kesempatan membantumu memasangkan kaos kaki dengan pasangannya masing-masing

Manajemen Perasaan dan Kebiasaan Perilaku (Managing Feeling and Behaviour)
– Aku memahami kalau aku marah atau sedih, dan jika aku berteriak/menjerit atau mengatakan hal yang tidak baik, aku bisa membuat teman-temanku sedih atau takut.
– Aku memahami kadang-kadang teman-teman juga menginginkan mainan yang kupilih, sehingga kami memerlukan bantuan orang dewasa untuk bisa berbagi.
– Aku mulai belajar untuk memahami, jika engkau (orangtua, guru) sedang sibuk, aku tidak selalu bisa mendapatkan yang kuinginkan, setiap kali aku menginginkannya.
– Aku memahami bahwa aku tidak selalu bisa mendapatkan yang kuinginkan, dan tidak selalu boleh melakukan yang kuinginkan, misalnya berlari-lari di dalam supermarket, atau melompat-lompat di kursi/sofa di rumah temanku, atau melompat di atas tempat tidur dengan memakai sepatu yang kotor.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan berdandan dan berpura-pura menjadi perawat, dokter, petugas pemadam kebakaran, menjadi ibu, atau ayah.
– Memberiku penjelasan mengapa aku tidak boleh melakukan beberapa hal, misalnya berlari-lari di dalam supermarket

Colchester, 22 Januari 2016

2 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 3 dari 7) (ODOP Day 14 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

