Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 1 dari 7) (ODOP Day 12 of 99)

P1060451

Pemerintah Inggris menargetkan semua anak di Inggris berusia 30-50 bulan memiliki keterampilan yang dibagi dalam 2 area yakni area primer dan area spesifik. Area primer meliputi; 1) kemampuan dalam berkomunikasi dan berbahasa, 2) kemampun dalam perkembangan fisik, dan 3) kemampuan dalam perkembangan individu, sosial, dan emosional.
Sementara area spesifik terdiri atas: 4) kemampuan literasi, 5) matematika, 6) pengetahuan alam, dan 7) seni dan desain.

Ditulis dengan menggunakan anak sebagai subyek (kata ganti ‘aku)

Target dan struktur pengajaran untuk anak 30-50 bulan (3-4 tahun)

AREA PRIMER

1) Target pada kemampuan berkomunikasi dan berbahasa (Communication and Language)
Target pada kemampuan mendengar dan menyimak (Listening and attention)
– Aku bisa mendengarkan teman-temanku berbicara kalau aku menyukai apa yang dibicarakan
– Aku mendengarkan kisah yang kauceritakan dan mengajukan pertanyaan terkait cerita tersebut
– Ketika mendengarkan cerita favoritku yang sudah sering diulang-ulang, aku bisa menirukan beberapa kalimat favoritku yang muncul di dalam cerita
– Aku bisa menggabungkan diri dalam kelompok ketika membaca cerita atau syair bersama-sama dan bisa menebak kelanjutan cerita atau syairnya
– Ketika aku mendengar engkau berbicara kepadaku, atau aku mendengar bel pintu berdering; aku mengehentikan aktivitasku dan mendengarkan
– Kalau engkau memberiku perintah sederhana semacam, “Ke mari dan lepaskan jaketmu”, aku akan melaksanakannya jika aku tidak terlalu sibuk bermain

Pemerintah Inggris menargetkan semua anak di Inggris berusia 30-50 bulan memiliki keterampilan yang dibagi dalam 2 area yakni area primer dan area spesifik. Area primer meliputi; 1) kemampuan dalam berkomunikasi dan berbahasa, 2) kemampun dalam perkembangan fisik, dan 3) kemampuan dalam perkembangan individu, sosial, dan emosional.
Sementara area spesifik terdiri atas: 4) kemampuan literasi, 5) matematika, 6) pengetahuan alam, dan 7) seni dan desain.

Ditulis dengan menggunakan anak sebagai subyek (kata ganti ‘aku)

Target dan struktur pengajaran untuk anak 30-50 bulan (3-4 tahun)

Cara membantuku belajar:
– Bermain yang melibatkan aktivitas mendengar dan menyimak, misalnya, “Dorong mobilnya setelah hitungan ke tiga, ya… Satu… Dua… Tiga!”
– Bermain membuat kalimat-kalimat yang lucu dengan huruf depan sama seperti huruf awal namaku (sulit ngasih contoh bahasa Indonesia… Kalau dalam bahasa Inggris misalnya kita bisa bermain mengarang kalimat semacam, “On Friday, Fantastic Fahdiy found a fat frog which alomost caught by fire…” atau, “Dilligent Dinara is drawing different types of ducks, dogs, and dinosaurus…”)

Target pada pemahaman (Understanding)
– Kalau engkau bertanya kepadaku, “Apa yang Ibu perlukan untuk memotong kue?”, aku tahu jawabannya adalah pisau
– Ketika kita bermain dan engkau memintaku, “Letakkan bonekanya di bawah selimut,” atau, “Letakkan mobilnya di depan rumah,” aku memahami maksudmu dan bisa mengerjakan yang engkau inginkan
– Aku bisa membantumu ketika engkau memintaku untuk melakukan sesuatu semacam, “Tolong taruh sepatunya di dalam keranjang, ya…”
– Aku mulai belajar untuk memahami ketika engkau bertanya, “Ada air tumpah di lantai, bagaimana cara kita membersihkannya?”, atau, “Kenapa kamu ingin memakai payung hari ini?”

Cara membantuku belajar:
– Ketika aku membantu menyiapkan makanan, beri aku pertanyaan semacam, “Apa yang Ayah perlukan untuk memotong apel?” atau, “Apa yang Ayah perlukan kalau ingin minum?” sehingga aku bisa mengerti benda yang engkau perlukan
– Ketika kita sedang beres-beres, beri aku perintah sederhana semacam, “Letakkan sepatu di dalam keranjang, ” atau, “Letakkan remote control di atas meja.”

Target pada kemampuan berbicara (Speaking)
– Aku mulai menggunakan kalimat lebih panjang seperti ‘karena’ dan kata ‘dan’ seperti, “Adik menangis karena jatuh.”
– Aku bisa menceritakan kepadamu tentang hal yang sudah terjadi kemarin, seperti, “Aku pergi ke kebun binatang dan melihat gajah dan pulang bersama Ayah…”
– Aku menanyakan banyak hal dan menjawab pertanyaan yang kau ajukan
– Aku bisa membicarakan yang kita kerjakan sekarang, dan apa yang (mungkin) akan terjadi berikutnya atau keesokan harinya
– Ketika aku berbicara, kadang-kadang aku berbicara dengan sangat jelas seperti orang dewasa, seperti, “Aku mau ke toilet, sekarang!”
– Aku bisa menggunakan banyak kosakata yang berkaitan dengan kegemaranku, misalnya diplodocus dan brontosaurus, atau menyebutkan beberapa jenis nama bunga, atau nama hewan; dan aku senang mempelajari banyak kata-kata baru
– Aku senang berpura-pura menjadi sesuatu yang lain ketika bermain, misalnya berpura-pura mempunya sayap dan bisa terbang (berdasar pengalaman pribadi, di umur ini anak gemar memakai sarung menutup wajah bak ninja…)

Cara membantuku belajar:
– Berbicara kepadaku tentang hal yang kita lakukan di hari sebelumnya, atau tempat yang kita kunjungi kemarin

2) Perkembangan Fisik (Physical Development)

bersambung

Colchester, 20 Januari 2016

2 thoughts on “Target Pendidikan Inggris untuk PAUD 3-4 Tahun (bagian 1 dari 7) (ODOP Day 12 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

  2. Pingback: Akhirnya Si Bungsu Pergi Sekolah (ODOP Day 15 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

