Calistung, IPA, dan Seni untuk Anak 2-3 Tahun menurut Inggris (bagian 2 dari 2) (ODOP Day 11 of 99)

DSCF2805

AREA SPESIFIK

4) Literasi
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku punya beberapa lagu atau syair favorit
– Kalau engkau membaca buku cerita favoritku, aku bisa mengatakan beberapa kata dan kalimat yang diulang-ulang
– Aku bisa mengisi kata atau kalimat yang kauhilangkan pada lagu atau syair yang sering kaubaca, misal pada, “Cicak-cicak di……”

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membalik halaman buku sendiri
– Memberiku kesempatan untuk menggunakan mainanku untuk menceritakan kembali kisah yang kita baca bersama
– Pada saat membacakan buku cerita untukku, berhentilah pada beberapa kata/kalimat sebelum kalimat berakhir dan biarkan aku menebak kata atau kalimat berikutnya
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi beragam jenis buku dari perpustakaan atau tempat penitipan anak bersama teman-temanku atau secara mandiri

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Aku bisa bercerita tentang coretan yang kubuat ketika aku belajar menulis atau menggambar
– Aku bisa memegang krayon, pensil, pena, atau kuas cat; dan membuat garis menyilang, naik turun, atau melingkar-lingkar
– Aku bisa menggambar garis menyilang, naik-turun, melingkar-lingkar, dan membuat coretan/gambar yang menunjukkan angka atau jumlah (mungkin anak belum bisa menulis angka 5 atau ‘lima’; tetapi bisa membuat 5 (lima) buah lingkaran, atau coretan yang menunjukkan angka atau jumlah 5)

Cara membantuku belajar:
– Menggambar dan melukis bersamaku dan berceritalah kepadaku tentang apa yang engkau kerjakan dan apa yang engkau buat
– Ketika engkau menulis daftar belanja, atau mengisi formulir, berilah aku kertas atau daftar yang bisa kucoret-kucoret

5) Matematika
Target pada kemampuan mengenal angka (Numbers)
– Aku bisa memberikan benda sesuai dengan jumlah yang engkau minta, misalnya ketika engkau mengatakan, “Ibu minta satu buah kue”, atau, “Ayah minta dua buah kue”.
– Aku bisa mengucapkan beberapa angka secara urut
– Aku bisa menggambar garis menyilang, naik-turun, melingkar-lingkar, dan membuat coretan/gambar yang menunjukkan angka atau jumlah (mungkin anak belum bisa menulis angka 5 atau ‘lima’; tetapi bisa membuat 5 (lima) buah lingkaran, atau coretan yang menunjukkan angka atau jumlah 5)
– Aku bisa memperlihatkan kepadamu, pada kelompok mainan yang mana yang jumlahnya ‘lebih banyak’; atau piring yang mana yang isi makanannya ‘lebih banyak’
– Aku bisa menggunakan kata ‘lebih banyak’ dan ‘banyak’ untuk mendeskripsikan jumlah suatu objek (benda)
– Aku memahami bahwa jika aku menambahkan sebuah mainan ke sekumpulan mainan, atau jika aku menambahkan makanan ke piringku, maka aku memiliki ‘lebih banyak’ dan jika aku mengambilnya berarti jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya

Cara membantuku belajar:
–  Membuat pin bowling dari botol-botol plastik bekas. Bermain bowling dan menghitung berapa jumlah botol plastik yang bisa kita jatuhkan
– Menyanyikan lagu anak-anak yang mengandung angka (Satu-satu Aku Sayang Ibu; Satu Dua Tiga Empat; apa lagi ya?)

Target pada pemahaman terhadap bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi), dan ukuran (Shapes, spaces, and measures)
– Aku bisa menunjuk pada gambar bentuk dan pola yang terdapat pada lukisan atau pakaian
– Aku bisa menyortir sekumpulan benda sehingga yang bentuknya sama, atau ukurannya sama, berada pada satu kelompok
– Aku bisa menggunakan kata ‘besar’ dan ‘kecil’ untuk mendeskripsikan mainan, pakaian, dan gambar di dalam buku
– Aku memahami urutan beberapa hal yang biasa terjadi setiap hari (misalnya; bangun tidur ku terus makan, lantas mandi dan menggosok gigi, lalu berpakaian) dan bisa mengatakan apa kelanjutan dari rutinitas ini

Cara membantuku belajar:
–  Memberiku kesempatan menyortir mainan atau pakaian dan mengumpulkannya dengan pola tertentu; misalnya yang warnanya sama atau motifnya sama-sama garis-garis atau polkadot

6) Pengetahuan Alam (Understanding the World)
Target pada pemahaman akan orang dan komunitas (People and community)
– Dari foto, aku bisa mengenali teman-temanku, keluargaku dan orang-orang tertentu yang dekat; dan menceritakan siapa mereka
– Aku bisa menggunakan mainanku untuk bermain pura-pura melakukan kegiatan rutin; misalnya memasak atau mengasuh bayi
– Aku mulai berteman dengan anak lain
– Aku bisa mengutarakan bahwa aku sama dan berbeda dengan orang lain, berdasarkan pengalaman pribadi, misalnya berdasarkan apa makanan kesukaanku atau jenis/model pakaian apa yang kukenakan

Cara membantuku belajar:
–  Memberiku kesempatan mencoba makanan dari daerah atau negara lain

Target pada pemahaman terhadap semesta (The world)
– Aku bisa bermain dengan mobil-mobilan, kereta api mainan, binatang mainan, dan orang-orangan; dan menceritakan apa yang terjadi pada mainanku
– Aku bisa menceritakan apa yang kulihat ketika aku bermain di luar rumah; misalnya melompat ke genangan air atau menggali lumpur

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi gelembung sabun, kincir angin mainan, atau pita warna-warni untuk dimainkan di dalam angin (di depan kipas angin dengan pengawasan)
– Memberiku kesempatan menggunakan mainan mobil-mobilan, bis, truk, dsb; untuk membuat kisah tentang pergi berbelanja ke supermarket, berlibur ke suatu tempat, atau pergi ke sekola

Target pada kemampuan mengenal teknologi (Technology)
– Aku bisa menyalakan dan mematikan mainan yang menggunakan baterai; mengoperasikan mainan elektronik (contoh: remote control car), dan mengetahui cara memencet tombol atau menggerakkan tuas untuk membuat sesuatu terjadi (menyala, mati, bergerak, berhenti)
– Aku bisa membuat beberapa mainan bertenaga baterai bergerak.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan memencet tombol untuk melihat yang terjadi kemudian (senter, remote control TV, tombol lampu, dan sejenisnya)

7) Target pada seni dan desain (Expressive arts and design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi dan memanfaatkan media dan bahan (Exploring and using media and materials)
– Aku bisa menggabungkan diri pada kegiatan menyanyi dan menyanyikan lagu dan syair favoritku
– Aku bisa mengeksplorasi berbagai suara yang kubuat dengan menggunakan instrumen/alat musik atau benda-benda sehari-hari seperti sendok, panci, mangkok plastik
– Aku bisa menggabungkan diri pada kegiatan menari dengan iringan musik atau lagu, dan aku bisa menari ketika alat musik dimainkan
– Aku bisa mengeksplorasi yang akan terjadi jika aku menggunakan beragam jenis cat, pena, pensil, krayon, lem, dan gunting anak-anak

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi berbagai macam suara/bunyi yang bisa kubuat dengan benda-benda sehari-hari seperti sendok, panci dan mangkok plastik
– Membuat kotak berisi kertas, lem gunting, dna krayon; yang bisa kugunakan untuk membuat lukisan

Target pada kemampuan berimajinasi (Being imaginatif)
– Aku bisa bercerita tentang coretan yang kubuat ketika menggambar
– Aku bisa menggunakan mainan dan pakaian untuk bermain pura-pura (misalnya pura-pura menjadi ibu) dan mengerjakan aktivitas harian semacam memasak atau mengasuh bayi atau bermain ke luar rumah dan bermain peran yang kuinginkan, misalnya menjadi pemadam kebakaran, tentara, atau polisi, atau princess

Cara membantuku belajar:
–  Memberiku kesempatan untuk berdandan seperti orang dewasa yang kuinginkan misalnya memakai pakaian orang dewasa, potongan busana, topi dan tas sehingga aku bisa berpura-pura menjadi orang lain.

Colchester, 19 Januari 2016

One thought on “Calistung, IPA, dan Seni untuk Anak 2-3 Tahun menurut Inggris (bagian 2 dari 2) (ODOP Day 11 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

