Kurikulum Inggris untuk Anak 2-3 Tahun (bagian 1 dari 2) (ODOP Day 10 of 99)

DSCF1490

Pemerintah Inggris menargetkan semua anak di Inggris berusia 22-36 bulan memiliki keterampilan yang dibagi dalam 2 area yakni area primer dan area spesifik. Area primer meliputi; 1) kemampuan dalam berkomunikasi dan berbahasa, 2) kemampun dalam perkembangan fisik, dan 3) kemampuan dalam perkembangan individu, sosial, dan emosional.
Sementara area spesifik terdiri atas: 4) kemampuan literasi, 5) matematika, 6) pengetahuan alam, dan 7) seni dan desain.

Ditulis dengan menggunakan anak sebagai subyek (kata ganti ‘aku)

Target dan struktur pengajaran untuk anak 22-36 bulan (2-3 tahun)

AREA PRIMER

1) Target pada kemampuan berkomunikasi dan berbahasa (Communication and language)
Target pada kemampuan mendengar dan menyimak (Listening and attention)
– Aku bisa mendengarkan dan menyimak cerita dan mengerti mengapa engkau menggunakan nada suara dan/atau intonasi yang berbeda-beda ketika sedang membacakan buku untukku
– Aku bisa mencari arah atau sumber suara, baik benda sumber suara atau mencari tempat sumber bunyi
– Aku bisa ikut menyanyi dan bersyair (Jadi ingin bertanya, apakah ibu-ibu seumuran saya di Indonesia masih membacakan syair semacam Gajah Binatang yang Amat Besar dan Dua Ekor Kelinci Berebut Sepotong Roti kepada balitanya?)
– Kalau engkau memanggil dan menyebut namaku, aku menghentikan kegiatanku, melihat kepadamu, dan mendengarkanmu

Cara membantuku belajar:
– Menggunakan boneka kaos tangan (sock puppets), atau orang-orangan, atau boneka binatang, ketika mendongeng atau menyanyi bersamaku.

Target pada kemampuan pemahaman (Understanding)
– Ketika kita membaca buku dan engkau bertanya semacam, “Siapa yang melompat?” atau, “Siapa yang tertidur?”, aku bisa menunjuk kepada gambar yang tepat untuk menunjukkan bahwa aku memahami aktivitas atau ‘kata kerja’
– Aku memahami instruksi yang lebih panjang seperti, “Taruh mainan di tempatnya, lalu kita membaca buku.”
– Aku bisa menunjukkan kepadamu bahwa aku mengerti tentang ‘apa’, ‘siapa’, dan ‘di mana’, jika pada waktu kita membaca buku atau bermain engkau bertanya singkat kepadaku seperti, “Siapa ini?”, “Itu apa?” atau, “Di mana (bla bla bla)?”
– Aku bisa menunjuk ke gambar atau benda yang benar untuk menunjukkan bahwa aku memahami makna dari kata ‘besar’ atau ‘kecil’

Cara membantuku belajar
– Ketika membuat hidangan sederhana (misalnya sandwich), ceritakan kepadaku apa yang engkau kerjakan sehingga aku mengerti apa yang harus dikerjakan ketika membuat makanan tersebut

Target pada kemampuan berbicara (Speaking)
– Aku bisa menggunakan kalimat sederhana dengan 3-4 kata untuk berbicara tentang apa yang sedang kukerjakan atau apa yang sedang terjadi
– Ketika mengobrol denganmu, aku berbicara tentang banyak hal yang berbeda-beda ; apa yang sedang kulakukan, apa yang kusukai atu yang sudah kulakukan
– Ketika berbicara, mungkin aku menggunakan barang/benda dan ekspresi tubuh (gesture) untuk membantu menjelaskan maksudku
– Aku bisa mengajukan pertanyaan sederhana semacam ‘apa’, ‘di mana’, dan ‘siapa’, ketika kita membaca buku bersama-sama, atau ketika kita bermain bersama
– Untuk anak Inggris: Aku mulai menggunakan ‘word endings’ semacam ‘I am going’ dan bukan hanya ‘I go’.
– Untuk anak Inggris: Aku mulai menggunakan bentuk jamak seperti ‘babies’ ketika membincangkan obyek atau orang yang jumlahnya lebih dari satu

Cara membantuku belajar:
– Ketika kita bermain bersama, gunakan kosakata-kosakata baru untuk mendeskripsikan apa yang sedang kulakukan dengan mainan-mainanku, atau gunakan kosakata-kosakata yang bermacam-macam untuk menyebutkan apa yang sedang kumainkan

2) Target pada perkembangan fisik (Physical development)
Target pada kemampuan gerak dan kendali (Moving and  handling)
– Aku bisa berlari tanpa menabrak atau tersandung
– Aku bisa melakukan squat down (duduk berjongkok) dengan lututku dan bangkit tanpa menggunakan tanganku
– Aku bisa menaiki tangga pada perosotan mini atau menaiki sandaran sofa/kursi
– Aku bisa menendang bola yang besar
– Aku bisa membalik halaman buku. Kadang aku membalik lebih dari dari lembar setiap kali.
– Aku bisa memegang teko kecil dan menuang minumku sendiri
– Aku bisa memegang pensil krayon, pena, atau kuas cat dan membuat garis yang menyilang, naik turun, atau melingkar-lingkar
– Ketika menaiki atau menuruni tangga aku bisa melakukannya sambil berpegangan dan menaikkan/menurunkan satu kaki dulu, baru yang lainnya pada anak tangga yang sama. Begitu terus pada setiap anak tangga.

Cara membantuku belajar
– Bermain bola denganku
– Memberiku pita/tali yang bisa kuayun-ayunkan
– Memberiku kesempatan untuk memakaikan pakaian kepada boneka, dengan beragam jenis busana seperti jaket sweater, gaun; dan beraneka jenis kancing seperti kancing bundar, kancing tempel, atau retsleting

Target pada kesehatan dan perawatan diri (Health and self-care)
– Aku mulai bisa memegang sebuah benda dengan menggunakan satu tangan lebih dari tangan yang lain (deteksi dini anak kidal atau tidak)
– Aku bisa memegang sendok untuk menyuapkan makanan ke mulutku dan makan sendiri
– Aku bisa minum dari gelas biasa tanpa menumpahkan airnya ketika bibir gelas berada di mulutku
– Aku bisa memberitahumu jika perlu ke toilet
– Aku mengetahui seberapa tinggi aku bisa menaiki tangga, perosotan, atau menaiki benda-benda lain; sebelum aku meminta bantuanmu
– Aku bisa memakai topi sendiri, bisa melepas retsliting sendiri, dan bisa melepaskan sepatu/boot dan kaosku sendiri
– Aku mulai bisa mencuci dan mengeringkan tanganku secara mandiri
– Aku mulai bisa duduk di toilet secara mandiri
– Aku bisa menggunakan bantuan seminimal mungkin untuk pergi ke wastafel atau toliet secara mandiri

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan membantu menyiapkan makanan semisal memotong keju atau buah pisang dengan pisau plastik

3) Target pada perkembangan individu, sosial dan emosiaonal (Personal, social and emotional development)
Target pada kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain (Making relationship)
– Aku melihat-lihat apa yang dilakukan anak-anak yang lain sebelum bergabung dengan mereka
– Aku akan mencari orang dewasa yang kukenal kalau aku ingin dipeluk ketika aku sedih dan/atau ketika aku bersemangat
– Aku mulai berteman dengan anak lain

Cara membantuku belajar
– Membuat kandang mainan dari selendang dan selimut agar aku bisa bermain bersamamu atau bersama teman-temanku di dalamnya

Target pada kepercayaan diri dan kewaspadaan diri (Self confidence and self care)
– Dengan bantuan orang dewasa yang kukenal, aku bisa mengucapkan ‘dadah’/goodbye kepadamu
– Aku bisa menunjukkan apa yang ingin kumainkan, apa yang ingin kumakan dan/atau baju mana yang ingin kupakai

Cara membantuku belajar:
– Membuat kotak yang berisi berbagai jenis benda seperti kertas, kain, bulu ayam, lem; dan aku bisa memilih ketika ingn membuat lukisan atau karya

Target pada kemampuan mengelola perasaan dan perilaku (Managing feeling and behaviour)
– Aku mencari orang dewasa yang kukenal ketika aku merasa sedih, takut, atau cemas
– Ketika orang yang kukenal nampak sedih, marah, takut, atau cemas, aku akan melakukan sesuatu atau mengatakan sesuatu
– Aku bisa mengerti bahwa jika aku mengambil mainan temanku atau berteriak kepadanya, ia mungkin bisa sedih atau marah
– Aku memeluk temanku kalau ia sedih
– Kadang-kadang aku bisa menghentikan diriku dari berbuat hal yang seharusnya tidak boleh kulakukan
– Kadang-kadang aku memilih untuk bermain dengan mainan yang kusukai, agar aku berhenti merasa sedih
– Aku bisa mengikuti ruinitas sederhana yang membantuku mengerjakan beberapa hal secara mandiri
– Daripada mengatakan, “Jangan!”, jika engkau memberitahuku apa yang harus kukerjakan atau bagaimana seharusnya mengerjakannya, kadang aku bisa melakukannya.

Cara membantuku belajar:
– Berbicara kepadaku tentang urutan hal yang harus kukerjakan misalnya sebelum aku harus menggosok gigi, dan pergi ke kamar tidur.

Colchester, 18 Januari 2016

One thought on “Kurikulum Inggris untuk Anak 2-3 Tahun (bagian 1 dari 2) (ODOP Day 10 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

