Calistung, IPA, dan Seni untuk Anak 16-26 Bulan versi Inggris (Bagian 2 dari 2) (ODOP Day 9 of 99)

P1060691

(Umur 1,5 tahun, sudah mulai megang gadget bapaknya…)

Hamdan lillah, tulisan ke-9 dari 99. Nomor cantik, semoga menjadi tulisan yang bermanfaat dan barokah minimal untuk yang nulis. Amiin.

Pemerintah Inggris menargetkan setiap anak berusia 16-26 bulan  mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kecakapan-kecakapan tertentu sesuai area primer dan area spesifik.

Area primer sudah ditulis pada Kurikulum Inggris untuk Anak 16-26 Bulan (bagian 1 dari 2) (ODOP Day 8 of 99)

Target pada area spesifik adalah berikut ini.

AREA SPESIFIK

4) Target pada kemampuan literasi
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku senang membaca buku bersamamu dan bisa memilih buku cerita mana yang menjadi favoritku untuk kaubacakan berkali-kali

Cara membantuku belajar
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi berbagai jenis buku: karton, kertas, kain, besar, kecil
– Memberiku kesempatan menunjuk ke dalam buku atau menceritakan bagian favoritku ketika sedang membaca buku bersama
– Menunjukkan kepadaku bahwa engkau memang suka membaca buku

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Aku memerlukan kesempatan untuk mendengar banyak kosakata dan belajar menggunakannya
– Aku memerlukan kesempatan untuk mengeksplorasi apa yang akan terjadi jika menggunakan tangan dan kakinya
– Aku mengetahui bahwa ketika aku menggerakkan krayon dan pensil secara melingkar, naik, turun, dan menyilang coretan yang kubuat di atas kertas nampak sama dengan sebagaimana aku menggerakkan tanganku

Cara untuk membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan untuk membuat banyak coretan dengan menggunakan pensil, krayon, atau kapur

5) Matematika
Target pada kemampuan mengenal angka (Numbers)
– Aku mengetahui bahwa kalau engkau menyembunyikan mainanku di bawah kain/selimut, aku bisa menemukan mainan itu lagi di bawah kain/selimut
– Aku bisa menyortir mainan-mainanku atau benda-benda lainnya sehingga yang menurutku sama akan berada dalam kelompok (Catatan dari pengalaman pribadi, pada umur ini biasanya anak mulai menjajar-jajarkan boneka-bonekanya, menjajar-jajarkan botol-botol plastik kosong, atau menderetkan mobil-mobilan sesuai aturan yang dibuatnya di dalam pikirannya)
– Ketika menyanyi atau bermain, aku bisa menyebutkan angka-angka meski mungkin urutannya tidak benar (tidak ada polanya).

Cara membantuku belajar:
–  Menghitung bersamaku ketika engkau memakaikan pakaianku, misalnya, “Ada dua kaos kaki, ini satu, ini dua,” atau, “Ada berapa kancing bajunya? Satu, dua tiga, empat lima… Ada lima kancing baju…”

Target pada kemampuan memahami bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi), dan ukuran (Shapes, spaces and measures)
– Aku mulai mencoba memasukkan kepingan-kepingan jigsaw/puzzle ke dalam lubang yang benar
– Aku bisa menumpuk mainan bricks (ilustrasi lihat gambar) atau menjajarkannya membentuk barisan yang panjang

wooden bricks
– Aku bisa memahami urutan yang harus kukerjakan menjelang waktu tidur atau ketika berpakaian setelah mandi
– Aku tahu bahwa jika aku melihat engkau memakai jaketmu, berarti kita akan bermain di luar. Aku mengetahui kalau aku melihat cangkir dan piringku, berarti sekarang waktunya makan

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan untuk mengeksplorasi definisi ‘penuh’ dan kosong’ ketika bermain dengan air dan botol plastik
– Memberiku kesempatan untuk bermain jigsaw puzzle, di mana aku harus memasukkan potongan ke dalam lubang yang sesuai

6) Pengetahuan Alam (Undertanding the World)
Target pada pemahaman terhadap orang dan komunitas (People and Community)
– Aku senang melihat-lihat orang-orang yang spesial di dalam foto, dan membicarakan tentang mereka; misalnya keluarga besar, kakak, teman, dan binatang peliharaan
– Aku senang mendengarkan cerita tentang anak-anak dan keluarganya

Cara membantuku belajar:
– Bercerita tentang kisah anak-anak dan keluarganya
– Memberiku kesempatan untuk melihat foto orang dewasa yang kukenal baik (misalnya kakak, teman) atau binatang peliharaan, dan bercerita tentang apa yang ada di dalam foto

Target pemahaman tentang semesta (The World)
– Aku gemar mengeksplorasi benda-benda untuk mengetahui apa yang bisa kulakukan dengan benda-benda itu. Bisa jadi aku akan mengguncang-guncangkannya, memukulkannya kepada barang lain, melihat dengan seksama, mengulum/menjilatnya atau menariknya untuk menemukan apa yang bisa terjadi kemudian
– Aku bisa meletakkan pasangan dari benda-benda yang berpasangan, misalnya tutup teko di atas teko atau tutup kotak di atas kotaknya

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan untuk melompat ke dalam lumpur atau genangan air dengan memakai sepatu boot
– Memberiku kesempatan untuk mendaki bukit kecil dan berlari menuruninya
– Memberiku kesempatan untuk mencampur air dan lumpur untuk membuat kue dari tanah liat

Target pada pemahaman akan teknologi
– Aku memahami bahwa ketika engkau memencet tombol pada remote control TV, TV akan menyala; atau jika engkau memasukkan kunci pada mobil, mesin mobil akan menyala
– Aku bisa memencet tombol pada mainan-mainanku agar suaranya keluar, lampunya menyala atau mainannya bergerak

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan menggunakan kamera dan mengambil foto beberapa orang atau benda

Target pada kemampuan seni dan desain (Expressive art and design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi dan memanaatkan media dan bahan/material
– Aku perlu mendapatkan kesempatan mengeksplorasi beragam jenis benda untuk mengetahui apa yang bisa kulakukan dengan benda-benda tersebut
– Aku akan melompat, bergerak, atau mengayun-ayunkan tangan ketika mendengar musik atau lagu kesukaanku
– Aku bisa menyambungkan/mengucapkan (hafal) beberapa gerak atau kata di dalam lagu favortku ketika kita menyanyi bersama
– Aku bisa menggunakan pena atau krayon untuk membuat garis naik dan turun; dan melingkar-lingkar
– Aku mulai membuat suara yang berbeda-beda, nada dan tempo yang berbeda-beda misalnya nada suara keras dan cepat, ketika bermain instrumen musik atau bermain dengan alat-alat yang bisa mengeluarkan suara seperti sendok dipukulkan ke panci atau mangkok plastik

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kertas atau plastik yang sangat besar untuk diletakkan di lantai agar aku bisa membuat coretan dengan tangan dan kakiku dengan menggunakan cat air
– Memberiku pita/tali atau sapu tangan/kain besar untuk dikibas-kibaskan ketika aku menari saat mendengar musik

Target kemampuan berimajinasi (Being imaginatif)
– Aku bisa menggunakan tanganku untuk membuat coretan dengan cat atau lumpur. Ketika aku mencoret, aku bisa membuat suara yang berbeda-beda misalnya, “Wiiii…”
– Aku bisa berpura-pura kalau sebuah mainan adalah sesuatu yang lain, misalnya berpura-pura kalau bonekaku adalah bayi sungguhan.

Cara membantuku belajar:
– Memberiku telefon yang sudah tidak terpakai agar aku bisa berpura-pura bertelefon denganmu
– Memberiku bak yang besar berisi air dan sabun agar aku bisa memandikan boneka bayiku

Colchester, 17 Januari 2016

 

One thought on “Calistung, IPA, dan Seni untuk Anak 16-26 Bulan versi Inggris (Bagian 2 dari 2) (ODOP Day 9 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

