Kurikulum Pemerintah Inggris untuk Batita 8-20 Bulan (bagian 2 dari 2) (ODOP Day 7 of 99)

P1030358

AREA SPESIFIK

4) Literasi
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku suka memegang buku dan melihat-lihat gambar di dalamnya

Cara membantuku belajar:
– Mengajakku ke perpustakaan (atau toko buku)
– Membolehkan aku memegang buku ketika kita membaca buku bersama
– Bercerita atau menjelaskan kepadaku tentang apa yang terjadi di dalam buku atau apa yang engkau liat di dalam buku
– Membolehkan aku menolongmu membuka halaman buku

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Bayi perlu diberi banyak kesempatan untuk mendengar dan belajar menggunakan banyak kata-kata
– Bayi perlu diberi banyak kesempatan untuk mengeksplorasi yang bisa kulakukan dengan tangan dan kakiku
– Aku bisa memegang pensil gendut (chunky pencil) atau krayon dengan menggenggam atau meciduk dan mengeksplorasi coretan yang kubuat

Cara membantuku belajar:
– Memberiku pensil gendut (chunky pencil), krayon, atau kapur untuk bermain

5) Matematika
Target pemahaman terhadap angka (Numbers)
– Aku senang menyebutkan angka dalam lagu dan syair ketika kita menyanyis bersama (contoh lagu: Satu-satu Aku Sayang Ibu)
– Aku suka melihat engkau menyembunyikan mainanku di bawah selimut, dan kemudan aku akan mencarinya

Cara membantuku belajar:
– Memberiku keranjang/kotak dengan berisi berbagai berbagai jenis benda dan barang untuk dieksplorasi, misalnya kotak berisi beberapa buah sendok (plastik?) beraneka warna
– Menyanyikan lagu yang mengandung angka bersamaku (Di Indonesia lagu apa selain Satu-satu Aku Sayang Ibu dan Satu Dua Tiga Empat?

Target pemahaman terhadap bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi), dan ukuran (Shapes, spaces, and measures)
– Aku bisa menunjuk pada gambar atau mainan yang dimaksudkan jika engkau bertanya, “Mana beruang yang besar?” dan “Mana beruang yang kecil?”
– Aku bisa mengenali waktu-waktu kapan biasanya aku diberi makan, waktu tidur, atau kapan biasanya popokku diganti.

Cara membantuku belajar
–  Memberiku kesempatan untuk mengeksplorasi beragam jenis benda untuk melihat apa yang bisa kulakukan dengan benda-benda tersebut, misalnya beberapa buah bola dengan ukuran, tekstur, dan warna yang berbeda-beda, atau beragam jenis benda yang bisa berguling (Contoh dari Fira: manfaatkan jeruk berbagai jenis, apel, bawang bombai; kaleng roti, botol-botol plastik beragam merk, kardus bekas makanan dst dsb…)

6) Pengetahuan Alam (Understanding the World)
Target pemahaman terhadap orang dan komunitas (People and Community)
– Bayi memerlukan kesempatan membangun hubungan dengan orang dewasa

Cara membantuku belajar:
– Memperkenalkan aku kepada orang dewasa lain ketka kita berada di luar rumah

Target pemahaman terhadap semesta (The World)
– Aku akan melihat ketika engkau bermain denganku dengan menggunakan mobil-mobilan, binatang mainan, atau orang-orangan mainan
– Aku akan melihat engkau menyembunyikan mainan di bawah kain dan mencari mainan itu
– Aku bisa menemukan benda atau barang yang engkau jatuhkan ke dalam mangkok atau keranjang
– Aku suka membentur-benturkan mainan, misalnya memegang kubus-kubusan di kedua tangan dan membenturkannya berbarengan; atau mengisi kotak atau keranjang dengan barang-barang
– Ketika engkau bermain denganku, aku bisa memahami kalau benda-benda bisa digunakan dengan cara yang bermacam-macam, misalnya bola bisa ditendang dan bisa digelindingkan, atau mobil-mobilan (yang agak besar) bisa ditarik dan didorong

Cara membantuku belajar:
– Bermain menyembunyikan mainan dan aku yang mencarinya

Pemahaman terhadap teknologi
– Bayi perlu diberi kesempatan mengeksplorasi beragam jenis barang dan benda untuk mengetahui apa yang bisa mereka lakukan dengan benda-benda tersebut

Cara membantuku belajar
– Memberiku beragam jenis barang untuk dieksplorasi, misalnya: kotak makanan, panci, sendok, kertas

7) Seni dan Desain (Expressive Arts and Design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi, memanfaatkan media dan bahan (Exploring media and materials)
– Aku bisa meniru gerakan yang dilakukan orang dewasa, seperti bertepuktangan, atau melambaikan tangan
– Aku bisa menunjukkan kepadamu kalau aku suka musik dan lagu, dengan cara menepuk-nepuk lantai dengan tanganku, membuka dan menutup tangan, atau menggerak-gerakkan tangan dan kakiku
– Aku bisa mengeksplorasi coretan-coretan yang kubuat ketika aku memegang pensil atau krayon, atau memasukkan tanganku di geembung-gelembung sabun di dalam air, lumpur, atau cat
– Aku bisa mengeksplorasi apa yang akan terjadi pada plastisin (playdough) ketika aku menggunakan tanganku untuk menariknya, meremasnya, dan memijitnya.

Cara membantuku belajar:
–  Memberiku kesempatan untuk menggunakan tangan dan kaki ketika bermain cat air untuk mengetahui apa yang bisa kubuat dengan cat atau menemukan ternyata aku bisa membuat gelembung sabun meletus
– Membuat boneka tangan yang bergerak dan menari ketika engkau menyanyi bersamaku

Kemampuan imajinasi (Being imaginatif)
– Bayi perlu diberi kesempatan untuk bermain dengan beragam jenis benda untuk mengetahui apa yang bisa mereka lakukan dengan benda-benda tersebut
– Bayi perlu diberi kesempatan untuk membangun hubungan dengan orang dewasa
– Bayi perlu diberi kesempatan untuk mendengar kata-kata dan belajar menggunakannya

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan untuk bermain dengan beagam jenis benda untuk menemukan apa yang bisa kulakukan dengan benda-benda tersebut misalnya: kain, kotak karton, kerincingan, cermin yang aman.

Colchester, 15 Januari 2016

One thought on “Kurikulum Pemerintah Inggris untuk Batita 8-20 Bulan (bagian 2 dari 2) (ODOP Day 7 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

