Kurikulum Pemerintah Inggris untuk Bayi 0-11 Bulan (ODOP Day 5 of 99)

P1030413

(Fahdiy dan Dinara ketika masih berdua saja…)

Kemampuan anak berusia 11 bulan yang ditargetkan pemerintah Inggris menurut booklet  What to Expect, When? Guidance to your child’s learning and development in the early years foundation stage.

Saya berusaha menerjemahkan sesuai bahasa aslinya di mana menggunakan sudut pandang anak sebagai orang pertama. Jadi menggunakan kata ganti ‘aku’. Lha kalau dialihkan jadi ‘saya’ kok rasanya formal gitu…

Mohon dimaklumi.

***

AREA PRIMER

1) Target pada kemampuan Komunikasi dan Bahasa (Communication and language)
Target pada kemampuan mendengarkan dan menyimak (Listening and attention)
– Aku mampu menggerakkan kepala dan tubuhnya mengikuti sumber bunyi
– Aku mendengarkan beragam bunyi yang dibuat orang dewasa, meresponnya dengan suara mereka sendiri dan menggerakkan lengan, kaki, atau tubuh
– Aku menunjukkan kegembiraan karena bisa mendengarkan engkau berbicara kepadaku, dengan bentuk respon tersenyum, melihat kepada yang berbicara atau menggerakkan lengan, kaki dan tubuh
– Kadang-kadang ketika engkau berbicara kepadaku, aku diam memperhatikan atau merespon dengan suara dan menggerakkan lengan, kaki, dan tubuh
– Ketika engkau berbicara kepadaku, aku akan melihat kepadamu, tetapi aku akan mengalihkan pandangan atau posisi tubuhnya ketika engkau berhenti berbicara
– Aku mendengarkan ketika engkau menyanyi untukku, membacakan syair/pantun, yang dlakukan sambil menggelitik perutku atau memainkan jari-jari tangan dan kakiku
– Aku menghentikan kegiatannya dan mendengarkan jika ada suara atau bunyi-bunyian baru, jika aku memang bisa mendengar suara tersebut

Cara membantu aku belajar:
– Bermain Ci Luk Ba. Gunakan tanganmu atau sapu tangan untuk menyembunyikan wajahmu
– Menyanyi, dan bersyair  ketika menggendong atau memelukku

Target pada kemampuan pemahaman (Understanding)
– Ketika engkau memanggil namaku, aku berhenti beraktivitas dan melihat kepadamu
– Aku memahami apa yang engkau sampaikan ketika engkau menunjukkan lewat kata-kata dan gerakan. Misalnya gerakan melambaikan tangan sambil mengatakan, “Dah dah”, atau lewat gerak lagu (Di Inggris, misalnya lagu Wind the Bobbin Up, klik di sini)

Cara membantuku belajar:
– Bercerita kepadaku tentang apa yang engkau lakukan misalnya ketika engkau mengganti popokku atau memakaikan pakaian kepadaku.

Target pada kemampuan berbicara (Speaking)
– Aku bisa menujukkan apa yang kuinginkan atau menunjukkan apa yang kurasakan lewat suara yang bermacam-macam seperti menangis, tertawa tergelak-gelak, mengoceh atau menjerit/berteriak.
– Ketika ada orang dewasa yang kukenal berbicara kepadaku, aku membuat suara dan bunyi-bunyian yang spesial untuk diriku sendiri
– Aku mampu mengangkat lenganku ketika kupikir engkau akan menggendongku
– Aku suka membuat suara dan bunyi yang bermacam-macam seperti “baba”, “mama”, “nono” ketika ada orang dewasa berbicara kepadaku

Cara membantuku belajar:
– Mengobrol denganku, dengan jalan menirukan suaraku atau ocehanku

2) Target pada perkembangan fisik (Physical Development)
Target pada kemampuan gerak dan kendali (moving and handling)
– Aku bisa menggerakkan kepala dan tubuhku ketika mendengar suara dan mendengar sesuatu atau seseorang
– Aku bisa menegakkan kepalaku
– Aku bisa menggerakkan tangan dan kakiku ke arah yang berbeda misalnya melambaikan tangan dan menendang
– Aku bisa berguling dari telentang ke tengkurap, atau dari tengkurap ke telentang
– Ketika aku tengkurap, aku bisa bertumpu lebih banyak kepada tanganku daripada dadaku untuk menyangga saat aku menegakkan kepala
– Aku suka melihat dan bermain dengan tangan dan kakiku
– Aku bisa meraih dan memegang benda-benda yang ada di dekatku
– Aku bisa mengeksplorasi benda-benda dengan cara memasukkannya di mulutku

Cara membantu aku belajar
– Meletakkan aku pada posisi tengkurap atau telentang pada alas yang aman dan membiarkan aku menendang
– Meletakkan kain yang tipis, ringan, dan lembut di kakiku supaya aku bisa menendangnya
– Meletakkan mainan di dekatku supaya aku bisa menjangkau dan memegangnya, atau berusaha meraihnya

Target pada kesehatan dan keselamatan diri (Health and self-care)
– Aku gembira ketika engkau memelukku, mengusap pipiku, atau menepuk pantatku
– Aku akan menunjukkan kepadamu kalau aku marah, capek, atau lapar dengan cara membuat suara misalnya menangis atau menggerakkan tangan, kaki, atau tubuhku
– Aku tahu bahwa ini waktunya makan, merespon dengan jalan melihat kepadamu, ke makanan dan minuman, atau mengoceh, atau menggerak-gerakkan tangan dan kaki untuk menunjukkan aku gembira atau siap diberi makan.

Cara membantuku belajar
– Mengusap pipiku atau punggungku ketika berbicara kepadaku

3) Target pada perkembangan individu, sosial, dan emosional (Personal, social and individual development)
Target pada kemampuan berhubungan dengan orang lain (Making relationship)
– Aku senang berada bersama bayi lain atau bersama orang dewasa. Aku memandang wajah dan menggerakkan tangan dan kakiku untuk menunjukkan kalau aku senang bersama mereka
– Aku bisa memandang wajah orang lain dan meniru gerakan yang mereka buat seperti menjulurkan lidah, membuka dan menutup mulut, atau membelalakkan mata
– Aku bisa menunjukkan bahwa aku senang ketika engkau berbicara kepadaku, dengan cara menggerakkan tangan dan kakiku, membelalakkan mata, atau membuka dan menutup mulut
– Aku menunjukkan ketertarikan dengan apa yang engkau kerjakan, dengan cara melihat atau memandangmu
– Aku bisa menunjukkan jika aku senang ketika engkau memangku aku, atau  memelukku, dengan cara merapatkan tubuhku kepadamu, tersenyum, memandang wajahmu, atau mengusapmu.

Cara membantuku belajar:
– Membiarkan aku meniru gerakan wajahmu, misalnya ketika engkau menggerak-gerakkan otot muka,  membuka dan menutup mulut, atau membuka dan menutup mata.

Target pada kepercayaan diri dan kesadaran diri (Self-conidence and self-awreness)
– Aku tertawa dan tergelak-gelak kepadamu ketika engkau menggelitik atau menggendongku
– Aku bisa menggunakan suaraku atau melihat kepadamu untuk mencari perhatian dan menyatakan kalau aku ingin engkau berada di dekatku

Cara membantuku belajar
– Memberiku mainan favoritku, atau memberi aku popok, ketika engkau mengganti popokku

Target pada kemampuan mengelola perasaan dan perilaku (Managing feelings and behaiviour)
– Aku mencari wajah orang dewasa dan mendengarkan suara mereka ketika aku sedih/marah, takut/cemas, lelah/ngantuk, atau lapar
– Aku menyurukkan diriku ke tubuh orang dewasa ketika aku marah/sedih, takut, atau lelah
– Ketika aku merasa sedih/marah, aku ingin engkau memelukku, menggendongku, berbicara kepadaku, atau menyanyi dengan tenang dan pelan-pelan
– Aku bisa menunjukkan kepadamu kalau aku gembira, takut, atau bersemangat; dengan jalan membuat berbagai macam suara, membuka dan menutup mata, atau menggerakkan tangan dan kakiku
– Aku bisa menunjukkan bahwa aku memahami perasaan orang lain dengan jalan tersenyum balik kepada orang dewasa ketika mereka tersenyum kepadaku, dan jadi ikut sedih ketika anak lain menangis

Cara membantuku belajar
– Menggelitik kakiku
– Menatap wajahku dan berbicara kepadaku ketika aku rewel, lelah, atau lapar

AREA SPESIFIK

4) Literasi
Target pada kemampuan membaca (Reading)
– Aku senang jika engkau menyanyi, bersyair, atau membaca buku cerita untukku

Cara membantuku belajar:
– Membaca buku bersamaku. (Kalau mau awet gunakan buku karton tebal, atau buku dari kain)
– Menunjukkan kepadaku bahwa engkau menikmati aktivitas membaca

Target pada kemampuan menulis (Writing)
– Bayi perlu mendengar banyak kata-kata dan belajar menggunakannya
– Bayi perlu belajar mengeskplorasi dengan menggunakan tangan dan kakinya

Cara membantuku belajar:
– Tidak disebutkan

5) Matematika
Target mengenal angka (Numbers)
– Aku mengerti kalau ada satu buah atau beberapa buah benda di dalam mangkok atau kotak (sampai 3 buah)

Cara membantuku belajar:
–  Memegang tanganku dan membantuku bertepuk tangan setiap kali engkau menyanyi kepadaku

Target mengenal bentuk (2 dimensi), bangun ruang (3 dimensi) dan ukuran
– Bayi diberi kesempatan bermain dengan beragam jenis benda dan menemukan apa yang bisa mereka lakukan dengan tangan, kaki dan tubuhnya

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan bemain bermain dengan beragam jenis benda dan menemukan apa yang bisa mereka lakukan dengan tangan, kaki dan tubuhnya
– Membolehkan aku memiliki mainan/benda favorit dari yang ada di sekitarku

6) Pengetahuan Alam (Understanding the World)
Target pada kemampuan memahami orang dan komunitas (People and Community)
– Bayi perlu diberi kesempatan menjalin hubungan dengan orang dewasa di sekelilingnya

Cara membantuku belajar:
– Aku perlu belajar membangun hubungan dengan orang dewasa di sekitarku. Kenalkan aku dengan orang yang berbeda-beda.

Target memahami semesta (The World)
– Aku menggerakkan tangan dan kepalaku ketika ingin melihat sesuatu
– Aku suka melihat-lihat sekelilingku dan bermain dengan yang ada di sekitarku
– Aku tersenyum kepada benda-benda yang kumainkan
– Aku suka menendang atau mengguncang-guncang benda untuk membuat bunyi-bunyian, seperti kerincingan, berkali-kali

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan memegang tanganmu atau pakaianmu
– Memberiku kesempatan bermain dengan mainan yang bunyinya berbeda-beda
– Memberiku kesempatan melihat bayangan diriku di dalam ceermin

Teknologi
– Bayi diberi kesempatan mengekplorasi benda-benda yang berbeda untuk menemukan apa yang bisa mereka lakukan dengan benda-benda tersebut

Cara membantuku belajar:
– Tidak disebutkan

7) Seni dan desain (Expressive art and design)
Target pada kemampuan mengeksplorasi dan memanfaatkan media dan bahan (exploring and using media ang materials
– Bayi diberi kesempatan mengeksplorasi beragam jenis benda untuk mengetahui apa yang bisa mereka lakukan dengan benda-benda tersebut

Cara membantuku belajar:
– Memberiku kesempatan mengeksplorasi berbagai jenis benda untuk menemukan apa yang bisa kulakukan dengan benda-benda tersebut.
– Membolehkan aku menyebabkan kotor dan berantakan

Target kemampuan berimajinasi (Being imaginatif)
– Bayi diberi kesempatan bermain dengan beragam benda untuk menemukan apa yang bisa mereka lakukan dengan benda-benda tersebut
– Bayi diberi kesempatan menjalin hubungan dengan orang dewasa di dekatnya
– Bayi diberi kesempatan mendengarkan banyak kata-kata dan belajar menggunakannya

Cara membantuku belajar:
– Aku perlu mendengar kata-kata dan belajar menggunakannya. Berbicaralah kepadaku

Sumber tulisan,

Booklet What to Expect, When? Guidance to your child’s learning and development in the early years foundation stage

Parents to get complete picture of child’s development, https://www.gov.uk/government/news/parents-to-get-complete-picture-of-childs-development

Colchester, 13 Januari 2016

3 thoughts on “Kurikulum Pemerintah Inggris untuk Bayi 0-11 Bulan (ODOP Day 5 of 99)

  1. Pingback: Daftar Lengkap Nulis Kurikulum 0-5 tahun di Inggris (ODOP Day 99 of 99) – Rumah kecil di seberang universitas

Leave a Reply

