Bla bla bla…

DSCF1751

(Baby setahun nonton anak TK bikin sarapan)

Meski duit memang penting, krucils lebih memerlukan kehadiran saya daripada saldo deposito saya.

Saya tidak bisa menyiapkan masa depan untuk krucils. Yang bisa saya lakukan adalah menyiapkan krucils untuk menghadapi masa depan.

Bisa jadi krucils bukan pendengar yang baik. Tapi mereka semua adalah peniru ulung. Kuping mereka mungkin ‘tertutup’ saat mata mereka terbuka. Atau sebaliknya, mata mereka tidak melihat tapi telinganya selalu terbuka.

Ada banyak hal yang saya bisa belajar dari punya banyak anak. Salah satunya, belajar sabar.

Mengasuh anak adalah pekerjaan yang mengajari kita tentang cinta tulus tanpa syarat.

Supaya saya hidup di memori krucils besok, saya harus hidup untuk mereka hari ini. Mereka akan melupakan apa yang saya ocehkan tapi tidak akan lupa perasaan mereka terhadap saya.

Saya tidak akan mengerjakan untuk krucils, apa yang mereka bisa mengerjakannya secara mandiri. Kalau saya mengerjakan semuanya untuk krucils, mereka akan mengerjakan sedikit hal untuk dirinya sendiri.

Betapa pun sulitnya, *membuat* anak yang ‘nakal’, agar menjadi orang dewasa yang baik; adalah jauh lebih mudah daripada *memperbaiki* orang dewasa yang ‘nakal’.

Dua hal yang saya ingin krucils memilikinya; Akar yang kuat dan sayap yang selalu siap terbang.

Dan yang terakhir, saya tidak akan langsung percaya teori, tips atau saran apapun tentang mengasuh dan mendidik anak yang disampaikan oleh orang tua yang anaknya belum berusia 30 tahun.

Colchester, Essex, 9 April 2015

2 thoughts on “Bla bla bla…

  1. Mbak fira kan kepengen jd dokter yg terkenal dan kaya raya. Menurutku siy, sudah tercapai ya. Jd dokter,udah. Kan memang dh dokter 🙂 . terkenal? Tentu…fansnya aja ribuan. Sy salah satunya :p . kaya raya? Alhamdu lillah, dengan kondisi kesehatan yg baik, keimanan yang penuh, keluarga yg damai, (empat) anak yang sehat, lucu, cerdas, menyenangkan hati….bukankah itu anugrah yg luar biasa.
    Baraakallahu fiikum

    Like

Leave a Reply

