Boxing Day 2014, Hari Sholat Jumat Keluarga

“Where are we going, Bunda?” tanya krucils ketika emaknya merayu agar mereka masuk kamar mandi.

“Buuu…” Ayah teriak dari dalam kamar. “Sudah jam setengah dua belas…”
“Sholat Jumat di masjid,” jawab saya pendek.
“Sholat Jumat?” tanya Fahdiy dengan nada heran.
Saya baru menyadari, meski krucils sudah biasa melihat ortunya wudhu dan sholat, kami belum pernah berbicara khusus tentang sholat Jumat.
“But I don’t want to go, Bunda… I want to stay at home…” rengek kedua krucils.
Yakk, perjuangan dimulai. “Mas ke masjid shalat Jumat dengan Ayah. Mbak Dinara di rumah bersama Bunda, Dara, dan Mahdi.”
Bisa berangkat sholat berjamaah di masjid bersama keluarga adalah peristiwa istimewa dalam keluarga kami. Ini adalah momen langka yang hanya bisa terjadi dua kali setahun, yakni pada saat sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Musala mungil di universitas tak mampu menampung banyak jamaah. Bagi para muslimah, diharapkan kesadarannya untuk mau mengalah tidak mengikuti sholat Jumat. Anak-anak terutama anak lelaki bisa diajak untuk sholat di musala universitas hanya pada waktu mereka libur sekolah, yang biasanya berbarengan dengan libur perkuliahan, yakni libur musim semi (spring break), libur musim panas, dan liburan Natal-Tahun Baru.

Tahun ini Jumat terakhir jatuh pada tanggal 26 Desember yang sering disebut sebagai Boxing Day. Menurut sejarahnya, Boxing Day adalah hari libur setelah Natal di mana para pelayan, pekerja, dan karyawan menerima hadiah Natal dari para atasannya. Hadiah-hadiah ini biasanya dikemas dalam Christmas box. Konon pada masa lalu, para keluarga bangsawan kaya di Inggris memberikan hadiah kepada para pelayan dan asisten rumah tangganya di dalam kotak-kotak Natal ini, dan membolehkan para pelayan ini pulang ke rumah masing-masing pada tanggal 26 Desember. Sejarah Boxing Day dan hubungannya dengan diskon memang tidak terlalu jelas.

Yang pasti di masa kini Boxing Day lebih dikenal sebagai Hari Diskon. Karena kami bukan keluarga pemburu diskon, tentu agendanya berbeda.
Saat Si Sulung Sholat Jumat bersama ayahnya, saya mengajak adik-adiknya nonton video di youtube tentang kisah Nabi Yunus.
Eh, ternyata Dinara takut dengan adegan ikan paus memakan Nabi Yunus. Mungkin perlu dicoba media lain yang tidak terlalu hidup, misalnya buku bergambar.

Sesudah itu saya dan Dinara main tebak-tebakan tentang opposite.
“What is the opposite of open, Bunda?”
“Close. What is the opposite of long, Dinara?”
Ternyata dia bukan hanya tahu big-small, short-tall, narrow-wide, heavy-light, good-bad, happy-sad, open-close, yes-no, fast-slow, young-old, empty-full, push-pull, in-out, tapi juga yang menurut saya agak sulit semacam curly-straight, asleep-awake, quiet-loud, top-bottom, silence-noise, fat-thin, lost-found, stay-leave, give-receive, stamp-tiptoe, dan semacamnya.

Yang saya kurang suka adalah ugly sebagai lawan dari kata pretty dan beautiful.
“Dinara, kalau untuk manusia dan binatang, tidak ada yang ugly…” Si Bunda mulai antimainstream. “Semua makhluk ciptaan Allah itu beautiful, semua pretty… Kalau ada yang berbeda, itu unique… All of them living in harmony…
Tapi konsep ini kelihatannya membingungkan Si Anak PAUD. Ya sudah, disetop dulu.

Beberapa kali saya ngetes dengan, “What is the opposite of right, Dinara?” karena lawan dari right bisa wrong dan left, dan ternyata dia tahu itu. Begitu pun lawan dari light, bisa dark, dan heavy. Ini kalau di pelajaran bahasa Indonesia kalau tidak keliru masuk pembahasan homonim.

Dengan Fahdiy belum sempat cerita soal Nabi Yunus. Dari Bunda, prioritas untuk Fahdiy adalah membaca huruf Hijaiyah, Al Fatihah, surat-surat pendek dan sholat. Secara Si Ayah dengan anehnya malah memprioritaskan menghafal Al Baqarah, kelihatannya semua target untuk Si Sulung musti emaknya sendiri yang mengerjakan.

Duh, kalau di Indonesia, yang seperti ini ortu nggak perlu memprogramkan karena ustadazh-ustadzah di TPA-nya pasti sudah mengajarkan…

Colchester, Essex, 27 Desember 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s